Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Mengecilkan Perut Cara Mengecilkan Perut washingtonpost.com

6 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Terbukti Manjur

Perut buncit lebih dari sekadar pengganggu penampilan yang membuat baju tidak muat lagi. Lemak di dalam perut adalah faktor pemicu utama untuk beberapa penyakit serius seperti diabetestipe 2 dan penyakit jantung! Tak heran jika banyak orang mencari-cari cara mengecilkan perut buncit demi alasan kesehatan.

Lemak di perut juga disebut sebagai lemak visceral. Berbagai lembaga kesehatan menggunakan perhitungan IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk mengukur berat badan serta memprediksi risiko dari penyakit metabolik. Namun, hal ini sebenarnya kurang akurat.

Orang yang punya perut buncit sebetulnya memiliki risiko tinggi mengidap penyakit metabolik, walaupun mereka tampak kurus. Yang termasuk dalam penyakit metabolik antara lain darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterolatau trigliserida tinggi, sehingga memperbesar risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Beberapa Penyebab Perut Buncit

Apa yang menyebabkan seseorang yang terlihat kurus memiliki perut buncit? Bagian perut merupakan tempat yang paling banyak terdapat timbunan lemak sebab otot-otot di area ini paling jarang digunakan atau dilatih. Karena itu hanya ada sedikit pembakaran kalori serta lemak di area perut. Selain itu ada juga beberapa hal lain yang turut menyebabkan perut buncit.

  • Makanan dan Minuman Manis

    Kebanyakan mengemil yang mengandung banyak gula seperti kue, biskuit, cokelat, atau es krim dapat membuat tubuh menumpuk banyak kalori dan lemak di perut. Ditambah lagi kalau Anda mengemil di malam hari ketika tidak banyak aktivitas fisik yang dilakukan, pastinya akan semakin banyak timbunan lemak di perut.

  • Minuman Beralkohol

    Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat memperlambat proses pembakaran lemak, dan kelebihan kalori dari alkohol sebagian disimpan sebagai lemak di perut. Itulah sebabnya ada istilah “beer belly” (perut bir) yang mengacu pada perut buncit pada orang-orang penggemar minuman beralkohol.

  • Kurang Aktif Bergerak

    Seseorang yang kurang aktif secara fisik biasanya akan lebih cepat punya perut buncit. Ini karena pemasukan kalori dari makanan/minuman tidak sebanding dengan pembakaran kalori melalui aktivitas fisik. Hasilnya, kelebihan kalori tersebut disimpan sebagai timbunan lemak di perut. Hal ini sering dialami oleh para pekerja kantor yang sehari-hari lebih banyak duduk diam di depan komputer.

Selain 3 penyebab perut buncit ini, sebenarnya ada cukup banyak penyebab lainnya. Memang ada hal-hal yang tidak bisa dikendalikan, misalnya faktor keturunan dan perubahan hormon sewaktu menopause. Tapi ada lebih banyak hal yang sebenarnya bisa Anda kendalikan dan lakukan demi mengecilkan perut buncit.

Cara Mengecilkan Perut yang Terbukti Ampuh

Lemak perut biasanya diperkirakan dengan mengukur lingkar pinggang menggunakan pita meteran. Bagi pria, lingkar pinggang di atas 102 cm sudah bisa dibilang memiliki perut buncit yang disebut obesitasperut. Sedangkan bagi wanita patokannya adalah jika lingkar pinggang di atas 88 cm.

Jika lingkar pinggang Anda sudah melewati, atau mendekati, batas tersebut, tenang saja, ada sejumlah cara mengecilkan perut yang telah dibuktikan ampuh menumpas lemak perut.

1. Hindari Konsumsi Gula Tambahan

Gula tambahan pada makanan/minuman sama sekali tidak sehat. Jika Anda banyak mengonsumsi gula, maka liver terbebani oleh banyak fruktosa, sehingga terpaksa mengubah semua itu menjadi lemak. Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa kelebihan konsumsi gula, khususnya fruktosa, mengarah pada peningkatkan timbunan lemak perut.

Buatlah komitmen untuk membatasi gula dalam konsumsi harian Anda, termasuk menghindari minuman-minuman manis. Misalnya jus buah yang diberi gula tambahan, minuman soda, kopi instan, teh manis, dan lain sebagainya.

Bacalah label-label produk makanan/minuman dengan teliti sebelum membeli. Perhatikan apakah produk itu mengandung banyak gula, jika iya, maka pilihlah produk lain yang hanya sedikit/sama sekali tidak mengandung gula.

2. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein adalah makronutrisi yang paling penting dalam strategi mengecilkan perut. Dengan mengonsumsinya, Anda bisa mengurangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi asupan kalori harian Anda.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan jumlah lemak di perut. Karena itu, orang yang makan makanan berprotein tinggi dan yang protein-nya berkualitas baik lebih sedikit memiliki timbunan lemak perut.

Jadi upayakanlah memasukkan makanan-makanan berprotein tinggi dalam menu sehari-hari. Seperti telur, ikan, seafood, kacang-kacangan, daging, susu dan olahannya, juga biji-bijian. Mereka adalah sumber protein terbaik untuk mengecilkan perut buncit Anda.

3. Kurangi Karbohidrat dari Asupan Harian

Hasil dari lebih dari 20 kali uji coba telah membuktikan bahwa diet rendah karbohidrat menyebabkan penurunan berat badan 2 – 3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang mengurangi mengalami penurunan selera makan juga berat badan mereka berkurang.

Cara mengecilkan perut dengan mengurangi asupan karbohidrat adalah dengan menghindari karbohidrat olahan (misalnya roti putih, pasta, mie, kue, dll), terutama jika Anda ingin menjaga asupan protein tetap tinggi.

4. Makan Lebih Banyak Serat Makanan

Serat makanan kebanyakan terdiri dari bagian tumbuhan yang tidak dapat dicerna. Yang paling membantu mengecilkan perut adalah serat viscous yang dapat secara drastis memperlambat pergerakan makanan melalui usus dan usus kecil, juga memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi.

Hal ini akhirnya membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Kacang polong-polongan dan oatmeal juga adalah sumber serat yang baik.

5. Olahraga Sangat Manjur Mengurangi Lemak Perut

Anda butuh olahraga, bukan cuman untuk mengecilkan perut, tapi juga untuk berbagai alasan lain. Jika ingin menikmati hidup panjang yang sehat dan tanpa terbebani beragam penyakit, maka mulai sekarang rajinlah olahraga.

Ingatlah bahwa untuk cara mengecilkan perut buncit, tidak bisa hanya melakukan olahraga yang berfokus pada salah satu area tubuh. Itu berarti melakukan sit-up berulang kali setiap hari tidak akan membuat Anda kehilangan lemak perut.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa latihan otot perut selama 6 minggu tidak berefek pada lingkar pinggang ataupun pada jumlah lemak di perut. Itulah sebabnya, Anda sebaiknya tidak berfokus melakukan satu jenis latihan olahraga saja.

Sebagaimana telah dibuktikan oleh penelitian ini, jenis olahraga terbaik untuk mengecilkan perut adalah olahraga aerobik (misalnya jalan kaki, jogging, lari, renang, dsb).

6. Atur dan Takar Apa & Berapa Banyak yang Dimakan

Apa dan berapa banyak yang Anda makan berpengaruh pada ukuran perut. Siapa pun yang ingin memperbaiki pola makan mereka harus mengatur dan menakar konsumsi harian mereka. Bukan berarti Anda harus melakukannya seumur hidup, tapi melakukannya selama beberapa waktu akan membantu Anda melihat apa yang perlu diubah dari pola makan selama ini.

Salah satu cara untuk mengawasi asupan harian adalah dengan menghitung jumlah kalori yang masuk. Ada beberapa situs web yang menyediakan alat penghitung kalori online. Kunjungi artikel berikut untuk melihat beberapa situs web tersebut: The 5 Best Calorie Counter Websites and Apps.

Mengatur pola makan sehari-hari dan rajin olahraga adalah dua kunci penting untuk mengecilkan perut. Jika Anda baru ingin memulai strategi mengurangi lemak perut, ingatlah bahwa tidak ada hasil memuaskan yang bisa diraih secara instan. Jadi lakukanlah diet disertai dengan kesabaran dan ketekunan yang kuat.

Di samping itu, sadarilah batas kemampuan diri Anda. Jika Anda tidak bisa mengikuti pola makan tertentu atau tidak mampu menjalani olahraga tertentu, sebaiknya sesuaikan strategi dengan keadaan Anda. Upayakanlah cara mengecilkan perut buncit semampu yang Anda bisa, asalkan dilakukan secara konsisten, pasti akan membuah hasil yang diinginkan—perut tampak menjadi lebih ramping dan rata.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register