Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mengecilkan Perut Buncit Mengecilkan Perut Buncit Greatist.com

10 Makanan Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

Lemak perut yang menumpuk di sekitar bagian tengah tubuh boleh dibilang adalah masalah umum banyak orang. Perut buncit bukan hanya membuat tubuh tampak kurang menarik, tapi juga meningkatkan risiko darah tinggi, diabetes, dan penyakit hati berlemak.

Banyak orang mencoba diet untuk mengecilkan perut buncit, tapi sebenarnya itu bukan solusi yang tepat. Cara terbaik untuk mengecilkan perut adalah dengan memilah jenis makanan yang disantap serta berolahraga setiap hari.

Karena itu Anda perlu tahu apa saja yang sebaiknya dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari agar menambah efektivitas program olahraga yang sedang dijalankan. Faktanya, beberapa jenis makanan memang sanggup membantu mengurangi lemak perut sehingga meningkatkan kepercayan diri Anda. Berikut adalah 10 jenis makanan terbaik untuk mengecilkan perut buncit.

1. Almond

Almond mengandung sejumlah lemak sehat—lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Kedua jenis lemak ini membantu mencegah Anda makan terlalu banyak. Suatu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition telah membuktikan bahwa mengonsumsi almond memang sanggup menekan rasa lapar. Bahkan juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Almond memiliki banyak magnesiumyang merupakan komponen penting untuk membentuk otot, dan memiliki otot yang lebih padat akan membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.

Sebagai tambahan, kandungan serat yang tinggi di dalam almond akan menjaga perut terasa kenyang lebih lama. Almond memiliki sedikit kalori, jadi tidak akan menambah lemak perut. Karena itu, makanan ini juga sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan.

2. Semangka

Lembaga American Dietetic Association mengungkapkan bahwa semangkaadalah makanan yang sempurna untuk mengurangi lemak perut. Semangkaterdiri dari 91 persen air dan jika Anda memakannya sebagai hidangan pembuka, Anda akan cepat merasa kenyang tanpa menambah sejumlah besar kalori.

Selain itu, buah ini juga bikin kenyang lebih lama serta membantu mencegah dehidrasi. Semangka juga kaya akan vitamin B1, B6, dan C, juga potasiumdan magnesium. Sehingga menjadikannya buah yang baik untuk diet rendah kalori dan diet rendah lemak.

Suatu penelitian yang dilakukan University of Kentucky melaporkan bahwa meminum 2 gelas jus semangka setiap hari selama 8 minggu terbukti mengurangi bobot badan (khususnya di lemak sekitar perut) tanpa mengurangi kepadatan otot. Rutin makan semangka juga menurunkan risiko yang terkait dengan penumpulkan plak di koroner arteri dan penyakit jantung.

3. Kacang-kacangan

Rutin mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan dapat mengecilkan perut buncit Anda, sekaligus memperindah bentuk otot serta memperbaiki proses pencernaan. Kacang-kacangan juga membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga jadi tidak terlalu banyak makan.

In karena kandungan serat larut yang limpah dalam kacang. Serat ini khususnya menarget lemak perut dengan cara membantu memecah lemak sehingga bisa dibuang dari tubuh. Ditambah lagi, kandungan protein di dalamnya memberikan energi bagi tubuh.

4. Seledri

Untuk meratakan perut, coba isi piring makan Anda dengan sayuran hijau seperti seledri. Sayuran ini sangat rendah kalori, tapi dipenuhi dengan serat dan mengandun kalsium serta vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

Anda juga bisa minum jus seledri setiap sebelum makan siang atau malam untuk membantu membersihkan sistem tubuh. Anda juga bisa menambahkan seledri ke dalam salad atau sup. Manfaat tambahan dari sayuran ini berasal dari kandungan apigenin di dalamnya yang mampu mengurangi risiko kanker ovariumpada wanita.

5. Mentimun

Mentimun (timun) adalah makanan rendah kalori yang banyak disukai orang-orang. Setiap 100 gram mentimun terdiri dari kira-kira 96 persen air dan hanya memiliki 45 kalori. Dilengkapi dengan mineral, serat, juga vitamin.

Makan timun setiap hari adalah cara efektif dan sehat untuk membersihkan tubuh dari racun berbahaya yang dipelaskan oleh sistem pencernaan, sekaligus baik untuk mengurangi bobot badan. Manfaat tambahannya, makan timun setiap hari juga membuat kulit Anda lebih berkilau karena kandungan vitamin B dan C di dalamnya.

6. Tomat

Satu buah tomat besar hanya memiliki 33 kalori. Tapi dibalik kalorinya yang sedikit, tomat menyimpan senyawa 9-oxo-ODA yang membantu mengurangi lipid dalam darah, dan akhirnya membantu mengendalikan lemak perut. Senaywa ini juga sanggup melawan penyakit kronis yang terkait obesitas.

Ditambah lagi, antioksidan kuat bernama likopen yang dimiliki tomat juga memberikan beragam manfaat tambahan. Seperti misalnya mengurangi keriput, melawan kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

Tomat juga adalah sumber yang baik untuk mendapat nutrisi seperti zat besi, potasium, dan vitamin A juga C. Jadi, nikmatilah proses mengecilkan perut buncit Anda dengan memasukkan tomat (mentah ataupun matang) ke dalam menu harian Anda.

7. Alpukat

Buah ini merupakan sumber dari asam amino yang bernama lecithin yang bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Juga sebagai sumber dari lemak-lemak sehat—lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, sehingga mampu meningkatkan proses pembakaran lemak perut.

Juga kaya akan kandungan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menahan diri agar tidak banyak makan. Selain itu, alpukatmemiliki khasiat anti-penuaan dini, anti-jamur, dan anti-bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

8. Apel

Apel memiliki limpah serat, flavonoid, fitosterol, dan beta-karoten, yang akan membuat perut terasa kenyang. Berdasarkan suatu penelitian di Brasil, wanita yang makan tiga apel atau lebih setiap hari lebih banyak berkurang berat badannya dibandingkan mereka yang tidak.

Senyawa alami di dalam apel yang dikenal sebagai pektin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya itu, pektin juga mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Dan kandungan antioksidan serta vitamin C di dalamnya juga membantu menjaga kulit terhindar dari keriput.

9. Ceri Asam

Sebuah penelitian yang dilaksanakan di University of Michigan mendapati bahwa diet yang mencakup konsumsi ceri asam dapat membantu mengurangi gejala-gejala penyakit jantung serta sindrom metabolik. Sindrom metabolik sering kali memicu perut buncit sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Buah ceri ini sanggup menurunkan kadar kolesteroldalam tubuh juga mengurangi sejumlah besar lemak tubuh. Ceri asam juga mempunyai kemampuan antioksidan yang bermanfaat sebagai anti-aging, sehingga bisa membuat Anda tampak awet muda.

10. Nanas

Buah khas daerah tropis ini mengandung enzimbromelain yang memiliki kemampuan anti-inflamasi. Ini adalah enzimyang memetabolisme protein sehingga berhubungan langsung dengan ukuran perut.

Suatu penelitian yang dilakukan pada University of Maryland mengungkapkan bahwa kemampuan anti-bakteri bromelain juga membantu melawan bakteri yang menyebabakan diare dan juga sangat efektif untuk menyembuhkan gangguan usus.

Dengan begitu, ukuran perut bisa lebih sedikit mengecil karena Anda terbebas dari keluhan perut kembung. Selain itu, nanas mengandung vitamin B-6 dan C, mangan, tiamin, tembaga, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan mengonsumsi 10 makanan di atas, Anda akan dibantu mengecilkan perut buncit dan memiliki lingkar pinggang lebih ramping. Akan tetapi, memilah jenis makanan hanyalah salah satu cara. Disamping itu Anda juga harus rajin berolahraga agar lebih sehat dan bisa menggapai berat badan ideal.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register