5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Efektif


By Cindy Wijaya

Kita semua punya lemak perut. Tapi terlalu banyak lemak perut bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan bisa lebih berbahaya daripada lemak di bagian-bagian tubuh lain. Khususnya lemak yang tersembunyi di sekitar rongga perut di dalam tubuh, yang disebut lemak visceral.

Terlalu banyak lemak visceral membuat Anda lebih berisiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, demensia, dan jenis-jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan kanker usus.

Karena itu sangat penting untuk tahu cara menghilangkan lemak di perut, terutama bagi Anda yang saat ini punya perut buncit. Bahkan orang yang terlihat kurus pun bisa punya terlalu banyak lemak perut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Perut?

Cara menghilangkan lemak di perut yang terbaik adalah dengan menurunkan berat badan dan mengatur pola makan. Lemak visceral bisa lebih cepat hilang melalui diet dan olahraga lebih daripada lemak di pinggul. Olahraga juga bisa mencegahnya menumpuk kembali.

Cara lainnya adalah dengan pengobatan medis, tapi penelitian menunjukkan bahwa ini tidak seefektif olahraga. Metode sedot lemak tidak berguna untuk menghilangkan lemak visceral.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda upayakan untuk cara menghilangkan lemak di perut. (Sumber: The Truth About Belly Fat – WebMD)

Olahraga

Olahraga sangat efektif sebagai cara menghilangkan lemak di perut, karena bisa mengikis lemak visceral yang tersembunyi sekaligus lemak subkutan yang dapat dilihat dan dipegang. Dan olahraga juga bantu mencegah lemak kembali menumpuk. Targetkan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang minimal 5 hari seminggu.

Penting juga untuk menjaga dan membangun massa otot. Berolahragalah dengan beban, lakukan latihan ketahanan seperti push-up dan sit-up, atau angkat beban.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga membakar lemak perut yang dapat dengan efektif untuk menghilangkan perut buncit.

Jogging

Jogging atau lari santai selama 20-30 menit dan setiap 3-5 kali dalam seminggu efektif untuk mengecilkan perut buncit.

Berenang

Tidak hanya sebagai olahraga membakar lemak perut, berenang juga bantu menjaga kekuatan otot dan tulang, kesehatan jantung, mengurangi stres, dan bantu tidur lebih nyenyak. Disarankan berenang 20-30 menit minimal 3 kali seminggu, tapi jangan lupa pemanasan dulu selama 10 menit.

Sit-Up

Sit-up memang bukan olahraga membakar lemak perut secara langsung, tapi dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Lakukan gerakan sit-up sebanyak 10 kali (dihitung 1 set), dan ulangi sampai 2-3 set setiap hari.

Plank

Plank bukan hanya membantu membentuk dan mengencangkan otot perut, tapi juga dapat membangun kekuatan otot lengan, bahu, dan paha bagian depan. Tahan posisi plank selama 20-30 detik setiap kali melakukannya.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat sebagai cara menghilangkan lemak di perut harus terdiri dari protein tanpa lemak, serealia utuh, susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran. Cobalah untuk membatasi asupan lemak trans, gula, garam, dan makanan olahan.

Diet rendah karbohidrat seperti diet ketogenik (keto) dapat membantu mengurangi lemak visceral dengan melatih tubuh Anda untuk membakar lemak sebagai bahan bakar, bukan karbohidrat.

Mendapatkan cukup asupan serat juga membantu. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 10 gram serat larut per hari—tanpa perubahan pola makan lainnya—mengembangkan lebih sedikit lemak visceral dari waktu ke waktu daripada yang lain.

Cukup Tidur

Memperoleh tidur yang cukup setiap malam bagus untuk cara menghilangkan lemak di perut. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur 6-7 jam per malam mengembangkan lebih sedikit lemak visceral dalam jangka 5 tahun dibandingkan dengan orang yang tidur 5 jam atau kurang per malam atau tidur 8 jam atau lebih per malam.

Kendalikan Stres

Semua orang bisa mengalami stres. Yang penting adalah bagaimana kita mengelolanya. Beberapa tips untuk mengendalikan stres adalah dengan meluangkan waktu untuk rileks dengan teman dan keluarga, melakukan hobi, berolahraga, dan menceritakan kekhawatiran Anda kepada orang yang dipercaya.

Jika stres dapat dikendalikan, Anda bisa lebih siap menghadapi masalah dan bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana. Anda pun terhindar dari lebih banyak masalah, dan juga dari lebih banyak stres.

Ramuan Menghilangkan Lemak Perut

Ramuan menghilangkan lemak perut haruslah terdiri dari bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dan berat badan. Salah satunya adalah ramuan jus wortel yang dicampur dengan sayur kol, mentimun, dan jahe.

Ramuan Menghilangkan Lemak Perut


Siapkan 6-8 wortel, ¼ kepala kol kecil, ½ mentimun, dan 1 ruas jahe. Bersihkan semuanya.
Masukkan semua bahan ke dalam blender, dan blender selama 1-2 menit.
Jika tidak suka tekstur jus yang kental, boleh disaring sebelum diminum.

Wortel kaya akan kandungan serat dan karotenoid yang membantu mengurangi lemak visceral. Penelitian pada 28 pria obesitas mendapati bahwa mereka yang setiap hari minum minuman kaya karotenoid mengalami penurunan lemak perut yang signifikan. (Sumber: Nutrients Volume 12, Issue 7)

Kol adalah sayuran yang rendah lemak dan tinggi kandungan serat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 gram serat larut per hari dapat mengurangi lemak visceral. (Sumber: Obesity Volume 20, Issue 2)

Mentimun rendah kalori dan mengandung banyak air juga serat larut. Mengonsumsi mentimun bantu menghidrasi tubuh dan mengurangi nafsu makan sehingga bagus untuk diet. (Sumber: Are Cucumbers Good for Weight Loss – MedicineNet)

Jahe mengandung gingerol yang punya khasiat anti-obesitas, membantu makanan dicerna lebih cepat dan merangsang tubuh untuk mempercepat makanan dicerna melalui usus besar. Gingerol juga bantu stabilkan kadar gula darah, yang bagus untuk menurunkan berat badan. (Sumber: Can Eating or Drinking Ginger Help Me Lose Weight? – Healthline)

Ramuan menghilangkan lemak perut ini siap diminum, bisa untuk 4 porsi. Minumlah secara teratur, diimbangi pola makan sehat dan rutin olahraga.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara menghilangkan lemak di perut, melalui olahraga membakar lemak perut, mengatur pola makan sehat, mengupayakan cukup tidur setiap malam, mengendalikan stres, dan minum ramuan menghilangkan lemak perut.

Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}