2 Khasiat Urang-Aring untuk Rambut Anda


By Fery Irawan

Kebanyakan masyarakat sudah mengenal tanaman Urang-aring yang populer dengan khasiatnya sebagai penyubur dan penghitam rambut. Namun, tahukah Anda, seperti apa sebetulnya tanaman Urang-aring itu? Tanaman ini digolongkan sebagai gulma dan tumbuh secara liar. Masyarakat menyebut tanaman ini dengan banyak nama mulai dari Te-lenteyan, daun Tinta, daun Sipat, False daisy dan juga Keremak jantan. Namun, yang paling terkenal ialah nama Urang-aring. Apa saja khasiat urang-aring untuk rambut Anda?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi singkat mengenai 2 khasiat urang-aring untuk rambut. Kenali cara pengolahan urang-aring yang bermanfaat bagi perawatan rambut Anda. Memiliki warna rambut hitam berkilau dan lebat, merupakan hal yang bisa Anda peroleh. Bagaimana Anda dapat merasakan khasiat urang-aring untuk rambut? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut!

Khasiat Urang-Aring untuk Rambut

Asal-usul tanaman Urang-aring ini belum banyak diketahui. Tanaman ini menyebar luas di seantero dunia, baik di wilayah tropis maupun sub-tropik. Urang-aring memiliki nama latin Eclipta Alba, sedangkan nama lainnya ialah Eclipta prostrata L.

Urang-aring menyebar di berbagai negara mulai dari China, India, Thailand, Brazil, dan Indonesia sendiri. Dengan karakteristik tanaman yang mudah tumbuh, Urang-aring dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat karena tanaman ini memiliki banyak khasiat.

Seluruh bagian tanaman Urang-aring memiliki fungsi tersendiri untuk mengobati berbagai macam penyakit. Urang-aring bisa digunakan sebagai obat luar ataupun diminum.

Tanaman ini dapat mencapai tinggi hingga 80 cm, memiliki batang bulat yang bercabang dan berambut putih-keunguan. Tanaman ini merupakan jenis yang memiliki daun tunggal, lonjong seperti telur, namun memiliki gerigi disisi-sisi daunnya dan berujung lancip. Permukaan daun tampak memiliki rambut atau berbulu. Memiliki bunga berwarna putih dengan 5 buah mahkota bunga dan benang sari berwarna kuning.

Dalam industri kosmetik, tanaman Urang-aring lebih banyak dimanfaatkan sebagai minyak rambut ataupun shampoo guna menyuburkan dan membuat rambut hitam.

Penghitam Rambut

Bila ada tanaman Urang-aring di sekitar rumah Anda, Anda dapat memanfaatkannya untuk merawat mahkota kesayangan Anda agar hitam dan subur. Bagaimana cara membuat ramuannya secara tradisional? Caranya sangat sederhana. Anda mesti menyiapkan tanaman Urang-aring terlebih dulu.

Penghitam Rambut
Sumber Gambar – Shutterstock

Kemudian, Urang-aring tersebut diremas-remas di dalam air. Setelah itu, oleskan ke seluruh kepala secara merata. Untuk hasil yang terbaik, sebaiknya Anda mendiamkan kepala yang sudah diolesi remasan Urang-aring sampai sekitar 5-10 menit.

Setelah itu, bilaslah rambut sampai bersih. Jika Anda rutin menggunakan Urang-aring untuk keramas, rambut Anda akan subur dan hitam mengkilap sebagaimana yang diinginkan. Urang-Aring memiliki zat warna hitam yang sering digunakan dalam proses pewarnaan hitam, baik pada rambut atau tato.

Penyubur Rambut

Selain untuk rambut orang dewasa, remasan Urang-aring juga kerap digunakan para ibu untuk membilas kepala bayi agar ketika rambutnya mulai bertumbuh, bisa subur dan hitam. Air remasan Urang-aring ini bisa dicampurkan dengan minyak Kelapa untuk menyuburkan rambut secara optimal.

Penyubur Rambut
Sumber Gambar – menhairstylestre

Makanya, kalau memiliki lahan yang cukup luas, sediakanlah sebagiannya untuk menanam tanaman Urang-aring ini karena tanaman ini cukup mudah ditanam dan cepat tumbuh. Urang-aring dapat menghasilakn 17.000 biji urang-aring setiap satu pohon. Jumlah yang menakjubkan bukan?

Demikianlah informasi lengkap sehubungan dengan khasiat urang-aring untuk rambut Anda. Khasiat urang-aring sudah tak dapat disangkal lagi. Mengingat banyak sekali produk kesehatan rambut yang telah menggunakan urang-aring dalam ramuan mereka. Penggunaan herbal seringkali aman untuk diterapkan, namun pastikan dengan berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}