Khasiat Teh Hijau

477

Diedit:

Teh hijau disebut-sebut sebagai minuman paling berkhasiat. Minuman ini dipenuhi dengan antioksidan dan nutrisi yang punya efek yang kuat pada tubuh. Khasiat teh hijau tersebut mencakup meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, mengurangi risiko kanker, dan masih banyak khasiat teh hijau lainnya.

Berikut adalah beberapa khasiat teh hijau yang telah dibuktikan melalui studi penelitian.

Senyawa dalam Teh Hijau Dapat Meningkatkan Fungsi Otak dan Bikin Lebih Cerdas

Teh hijau melakukan lebih dari sekadar membuat mata lebih segar, tapi juga membuat otak lebih segar dan berpikir lebih cemerlang. Kuncinya berada pada bahan aktif kafein, yang juga dienal sebagai stimulan. Memang kafeinnya tidak sebanyak kopi, tapi cukup untuk memberikan khasiat tanpa menyebabkan efek “gelisah” yang sering ditimbulkan kopi.

Kafein memblokir neurotransmitter inhibitor yang disebut Adenosin. Dengan begitu, neurotransmitter neuron dan konsentrasi seperti dopamin dan norepinefrin jadi bisa bekerja tanpa hambatan adenosin. Kafein memang terbukti sanggup memperbaiki fungsi otak, mood, kewaspadaan, tingkat respon, serta ingatan.

Teh hijau juga memiliki asam amino L-teanin yang mampu meningkatkan aktivitas neurotransmitter inhibisi GABA, yang punya efek menenangkan. Hal ini juga meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa pada otak. L-teanin bisa bekerja secara sinergis bersama kafein untuk meningkatkan fungsi otak.

Mempercepat Pembakaran Lemak dan Meningkatkan Performa Fisik

Dalam suatu studi dengan peserta 10 pria sehat, teh hijau terbukti menngkatkan pemakaian energi sebanyak 4%. Studi lainnya memperlihatkan bahwa oksidasi lemak meningkat 17%, menunjukkan adanya khasiat teh hijau untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Kafein sendiri juga telah ditunjukkan dapat meningkatkan performa fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan menjadikannya tersedia untuk digunakan sebagai energi. Dalam dua studi terpisah didapati bahwa kafein memang terbukti meningkatkan performa fisik sebanyak rata-rata 11-12%.

Baca juga:  3 Manfaat Teh Hijau sebagai Anti Kanker yang Ampuh

Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Telah diketahui bahwa antioksidan bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif pemicu kanker. Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

  • Pada kanker payudara, suatu meta-analisis dari penelitian observasi menemukan bahwa wanita yang rutin minum teh hijau memiliki risiko kanker payudara 22% lebih rendah.
  • Pada kanker prostat, suatu penelitian menemukan bahwa pria yang biasa minum teh hijau punya 48% risiko kanker prostat yang lebih rendah.
  • Dan untuk kanker usus besar, sebuah studi terhadap 69710 wanita Tiongkok yang merupakan peminum teh hijau memiliki 57% penurunan risiko kanker usus besar.

Bisa Membunuh Bakteri, Meningkatkan Kesehatan Gigi, serta Mengurangi Risiko Infeksi

Teh hijau punya senyawa katekin yang sanggup membunuh bakteri dan menghalangi berbagai virus seperti virus influenza. Bakteri-bakteri Streptococcus adalah bakteri berbahaya utama di dalam mulut. Hal ini menyebabkan pembentukan plak dan merupakan pemicu utama gigi berlubang dan pembusukan gigi.

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa katekin bisa menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri Streptococcus. Konsumsi teh hijau yang rutin dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan penurunan risiko karies gigi.

Khasiat teh hijau lain yang luar biasa sehubungan dengan mulut yakni ampuh untuk mengatasi bau mulut tak sedap.

Advertisement
Alinesia