Kenali Lebih Dekat Rambut Anda!

503

Diedit:

Rambut seringkali menyingkapkan banyak hal tentang kepribadian dari pemiliknya. Jadi cukup bisa dimengerti mengapa banyak orang sangat bersemangat untuk menjaga rambut mereka terlihat sehat dan indah berkilau.

Rambut Anda jauh lebih rumit dan kompleks daripada apa yang terlihat. Dalam artikel ini akan dibahas hal-hal yang sering dipikirkan atau ditanyakan oleh orang-orang mengenai rambut. Yakni mengenai pertumbuhan, perawatan, dan penataan rambut.

Rambut terdiri dari keratin, yakni sejenis protein yang berserat. Setiap helai rambut bertumbuh dari lekukan di kulit kepala yang bernama folikel. Di bagian dasar folikel ada bagian yang disebut papila. Bagian ini memproduksi sel-sel rambut yang bertumbuh keluar dari lekukan folikel lalu mengeras membentuk rambut utuh.

Benarkah rambut bisa tumbuh lebih cepat apabila dipotong? Rambut Anda tidak akan tumbuh lebih cepat setelah dipotong. Memotong rambut tidak ada pengaruhnya bagi pertumbuhan rambut.

Mengapa rambut bisa beruban? Ada lapisan bagian dalam rambut yang mengandung pigmen pemberi warna rambut. Sel-sel pigmen ini dapat mati sehingga warna alami rambut menghilang dan berubah menjadi keabu-abuan. Ini merupakan proses penuaan yang alamiah.

Namun ada beberapa orang yang beruban di usia muda. Timbulnya uban prematur ini dapat diakibatkan oleh faktor genetik maupun penyakit. Akan tetapi, uban tidak bakal tumbuh hanya dalam waktu semalam. Pigmen warna rambut terletak di bawah kulit kepala jadi butuh waktu bagi uban untuk bertumbuh sampai muncul ke permukaan kepala—kira-kira satu seperempat sentimeter per bulan.

Apa yang menyebabkan rambut rontok? Kerontokan rambut adalah bagian dari siklus alami rambut. Setiap orang rata-rata mengalami kerontokan antara 50 sampai 80 helai rambut dalam sehari. Akan tetapi, pola kebotakan pada pria adalah akibat faktor keturunan yang kemungkinan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan seringkali menyebabkan kebotakan permanen. Kerontokan rambut yang tidak normal disebut sebagai alopesia.

Baca juga:  Mengapa Bisa Muncul Uban di Usia Muda?

Benarkah rambut bisa mencerminkan kondisi kesehatan seseorang? Ya, betul. Darah memberikan nutrisi kepada rambut dari bawah kulit kepala. Oleh karenanya, kondisi rambut yang sehat bisa jadi pertanda bahwa suplai darah berjalan dengan baik. Tetapi, orang yang pola makannya buruk atau gemar minum minuman beralkohol secara berlebihan biasanya memiliki rambut yang rapuh dan gampang patah akibat suplai darah yang terhambat. Kerontokan dan kerapuhan rambut bahkan adakalanya jadi gejala awal dari suatu penyakit.

Rawatlah Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Anda!

Kebanyakan orang mengalami kondisi kulit kepala kering akibat terlalu sering mencuci rambut. Memang mencuci rambut bagus untuk menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel dan menyumbat saluran minyak ke folikel. Anda memang butuh keramas secara teratur, tetapi minyak alami di rambut juga berfungsi sebagai pelindung kulit kepala terhadap bakteri berbahaya sekaligus menjaga kelembapan kulit kepala.

Jadi, lebih baik jangan terlalu sering keramas karena dapat menghilangkan lapisan pelindung alami kulit kepala ini dari rambut Anda sehingga dapat menyebabkan masalah seperti kulit kepala kering. Banyak pakar kesehatan rambut menganjurkan supaya keramas hanya dilakukan apabila rambut atau kulit kepala sudah kotor. Dan orang yang rambutnya lebih berminyak harus keramas lebih sering daripada mereka yang rambutnya normal atau kering.

Pijatlah kulit kepala dengan lembut sewaktu keramas. Pijatan ini dapat merontokkan sel-sel mati dari kulit kepala serta meningkatkan kelancaran peredaran darah yang memberikan nutrisi ke rambut. Setelah keramas, bilaslah sampai bersih menggunakan air. Apabila sampo tidak dibilas hingga bersih, maka kulit kepala bisa jadi kering dan terkelupas.

Bagaimana cara mengatasi kulit kepala kering?Untuk menjaga kelembapan kulit kepala, minumlah banyak air dan konsumsi makanan yang bernutrisi. Gunakan sampo yang berbahan kimia ringan dan pijatlah kulit kepala secara teratur. Ada juga yang menggunakan kondisioner rambut yang tidak luntur ketika dibilas atau menggunakan losion pelembap kulit kepala.

Baca juga:  8 Cara Menghitamkan Rambut secara Alami agar Tampak Berkilau dan Sehat

Tatalah Rambut Anda!

Apa yang harus diingat ketika pergi ke salon untuk menata rambut? Kalau Anda ingin mengubah gaya rambut, tunjukkanlah gambar model rambut yang Anda inginkan dan kalau bisa sekaligus gambar model yang tidak diinginkan. Katakan dengan terus terang keinginan dan jumlah waktu yang dapat Anda sisihkan guna merawat rambut setiap harinya, sebab beberapa model rambut perlu perawatan dan perhatian yang lebih banyak dibandingkan model rambut biasa.

Anda mungkin perlu datang ke seorang penata rambut sebanyak 2 sampai 3 kali sampai ia sanggup mengenali dengan baik karakteristik rambut Anda. Karena itu, ada baiknya Anda jangan buru-buru menyerah merasa tidak cocok dan berpindah hati ke penata rambut lain.

Yang Disingkapkan oleh Rambut Anda

Upaya merawat dan menata rambut bisa jadi merupakan salah satu cara mengekspresikan diri. Model rambut yang dipotong, dikeriting, diluruskan, dipanjangnkan, diwarnai, dan ditata seringkali bertujuan untuk mengikuti tren terbaru. Cobalah Lihat model rambut Anda, apa yang kira-kira disingkapkannya?

Apapun model rambut yang Anda pilih, jangan lupa untuk merawat dan menatanya dengan baik. Rambut yang sehat dan tertata rapih akan menciptakan kesan bagus dan kekaguman oleh orang lain sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.