Kayu Manis, Herbal Alami untuk Atasi PCOS


By Nurul Kuntarti

PCOS atau Polycystic ovary syndrome merupakan salah satu penyebab wanita untuk sulit hamil. Tahukah Anda pasien PCOS bisa hamil dengan mengonsumsi kayu manis? Dan tahukah Anda bahwa kayu manis terbukti ilmiah dapat menjadi herbal untuk atasi PCOS?

Kita akan menguak lebih dalam kebenaran khasiat dari kayu manis untuk perawatan pasien PCOS. Juga untuk melihat kebenaran informasi bahwa pasien PCOS bisa hamil dengan mengasup kayu manis secara rutin. Adakah efek samping yang perlu Anda waspadai dalam mengonsumsi kayu manis?

Apa Sebenarnya PCOS?

PCOS atau Polycystic ovary syndrome merupakan gangguan pada fungsi ovarium. Ovarium sendiri adalah salah satu organ penting dalam fungsi reproduksi yang berperan dalam proses produksi ovum atau sel telur. Sel telur yang sempurna dan sehat menjadi cikal bakal penting kesuksesan proses pembuahan oleh sperma termasuk proses perkembagan janin.

Bagaimana pengaruh PCOS terhadap produksi sel telur tentu saja perlu ditelusuri dari bagaimana sebenarnya penyakit PCOS terbentuk. Sebenarnya, PCOS berkaitan dengan masalah keseimbangan hormonal.

Wanita dengan kasus PCOS akan memiliki kadar hormon androgen lebih tinggi dari seharusnya. Hormon androgen adalah jenis hormon yang membawa sifat maskulinitas. Secara alami, hormon androgen tetap diperlukan dalam tubuh wanita, namun dalam kadar terbatas.

Tetapi, pada kasus PCOS, kadar hormon androgen pada tubuh wanita menjadi berlebihan dan mengganggu sejumlah fungsi feminitas pada tubuh wanita. Ini menyebabkan wanita memiliki bulu lebih dari seharusnya, atau secara medis disebut dengan hirsutisme.

Selain tumbuhnya bulu yang lebih banyak, wanita dengan kasus PCOS akan mengalami siklus kesuburan yang tidak normal dan rutin. Termasuk mengalami masa menstruasi yang tidak rutin. Proses pembentukan sel telur tidak berjalan sempurna. Alih-alih menjadi sel telur sempurna, kantung-kantung calon sel telur justru berubah menjadi kista.

Ini akan membentuk tumpukan kista yang memadati ovarium. Kondisi yang pada akhirnya justru semakin menghalangi ovarium memproduksi sel telur sempurna. Hingga wanita dengan PCOS akan sulit untuk hamil.

Wanita dengan kasus PCOS sendiri akan sangat berkaitan dengan sejumlah kondisi lain. Masih belum dipahami apakah ini sepenuhnya berkaitan dengan unsur genetik atau adanya aspek penentu lain. PCOS akan meningkatkan risiko diabetes pada wanita.

PCOS juga meningkatkan sensitivitas tubuh untuk mengalami inflamasi. Meningkatkan risiko untuk pasien lebih mudah mengalami keluhan jerawat, keluhan peradangan lambung hingga masalah persendian. PCOS juga berpotensi menyebabkan gangguan metabolisme, masalah obesitas dan meningkatkan risiko depresi.

PCOS dan Kehamilan

Wanita dengan kasus PCOS memiliki tingkat risiko cukup besar untuk mengalami infertilitas. Kasus infertilitas pada wanita dengan PCOS mencapai 70% lebih. Ketidak sempurnaan produksi sel telur oleh ovarium menyebabkan proses pembuahan tidak berjalan sempurna. Ini yang menyebabkan sulitnya terbentuk janin dalam Rahim.

Tidak hanya menyebabkan kesulitan kehamilan, sejumlah kasus komplikasi kehamilan juga dapat dikaitkan dengan masalah PCOS.Wanita hamil dengan riwayat PCOS rupanya memiliki tingkat risiko dua kali lebih besar untuk mengalami persalinan prematur.

Wanita hamil yang juga tervonis menderta PCOS juga memiliki tingkat risiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes selama kehamilan. Diabetes akan berbahaya terhadap perkembangan janin dalam rahim.

Tetapi, PCOS bukan berarti jalan buntu untuk wanita. Wanita dengan kasus PCOS bisa hamil dengan rutin menjalankan perawatan dan sejumlah langkah khusus. Diantaranya adalah penurunan berat badan dan pengaturan pola makan dengan pengendalian asupan gula.

Selain itu, pasien perlu menjalankan terapi kehamilan seperti dengan mengonsumsi obat-obatan yang mengatasi resistensi insulin. Juga obat yang bekerja mengendalikan ketidak seimbangan hormonal. Atau Anda bisa coba salah satu herbal alami untuk atasi PCOS. Seperti terapi alami pasien PCOS agar bisa hamil dengan kayu manis.

Kayu Manis, Herbal untuk Atasi PCOS

kenapa dikatakan kayu manis dapat menjadi herbal untuk membantu atasi PCOS? Karena kayu manis ditemukan dapat membantu menormalkan kembali ketidak normalan metabolisme tubuh pada penderita PCOS. Kayu manis juga diyakini dapat membantu memperbaiki anomali siklus menstruasi yang tidak normal pada pasien PCOS.

Riset awal yang menguak khasiat kayu manis untuk PCOS dilakukan pada tahun 2014. Dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2014 dijelaskan bagaimana kayu manis dapat membantu memberikan progress positif pada penderita PCOS.

Dalam riset 45 wanita dengan kasus PCOS menjalankan terapi dengan kayu manis selama beberapa bulan. Dalam proses terapi selama 3 bulan dan 6 bulan ditemukan adanya perubahan positif pada siklus haid.

Setelah progress 3 bulan dan 6 bulan ditemukan adanya khasiat herbal alami kayu manis untuk atasi PCOS. Terbukti pasien PCOS yang terlibat dalam riset ini menunjukan perbaikan kadar progesteron. Juga terbukti mengalami perbaikan dalam resistensi insulin.

Riset lain yang juga menunjukan khasiat kayu manis untuk atasi PCOS terdapat pada jurnal Reproductive Biology and Endocrynology tahun 2018. Pada riset pemberian kayu manis dilakukan pada tikus yang telah dikondisikan untuk menderita PCOS. Dalam riset terbukti kayu manis memiliki manfaat memperbaiki sejumlah gangguan yang lazim terjadi pada penderita PCOS.

herbal untuk atasi PCOS
(Credit Photo: Africa Studio / Shutterstock)

Kinerja Kayu Manis untuk PCOS


Bagaimana kayu manis dapat membantu proses penyembuhan penderita PCOS? Bagaimana pasien PCOS bisa hamil dengan kayu manis? Sejumlah riset yang berkaitan dengan peran kayu manis untuk PCOS dapat dijabarkan sebagai berikut.

  • Berperan untuk menurunkan kadar AMH

    AMH adalah anti-Mullerian hormone  yang dihasilkan pada ovarium yang berkaitan dengan aktivitas folikel ovarium dalam memproduksi sel telur. Peningkatan kadar hormon androgen pada pasien PCOS menjadi pemicu peningkatan kadar AMH.

    Pada pasien penderita PCOS, AMH menjadi terlalu tinggi sehingga pada akhirnya menyebabkan ovarium tidak cukup efektif memproduksi sel telur. Produksi sel telur menjadi berlebihan namun tidak sempurna dan belum cukup matang.

    Akibatnya, sel-sel telur gagal ini malah menghasilkan kista-kista yang bertumpuk pada ovarium. Sedang proses pembuahan sendiri gagal terjadi. Ini yang kemudian menjadi benang merah antara PCOS dan infertilitas.

    Dalam sebuah riset dilakukan ujicoba membandingkan pengaruh metformin yang lazim diberikan pada pasien PCOS dengan kayu manis. Ujicoba dilakukan dengan pemberian ekstraksi kayu manis 100 mg kayu manis dan 500 mg metformin dalam tempo 6 bulan.

    Laporan riset yang dimuat dalam Journal of Human Reproductive Science tahun 2017 ini menunjukan kedua terapi, baik dengan metformin maupun dengan kayu manis sama-sama dapat membantu menurunkan level AMH.

  • Menormalkan kembali siklus menstruasi

    Pada American Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2014 dijelaskan bagaimana pemberian terapi kayu manis akan membantu menormalkan kembali siklus haid. Di sini 45 wanita dengan kasus PCOS mendapatkan terapi kayu manis 15 gram dalam 6 bulan. Dari perbandingkan dengan placebo, pasien PCOS yang mengonsumsi kayu manis menunjukan perbaikan siklus haid dengan signifikan.

    Dalam riset lain yang dilaporkan pada Iranian Red Crescent Medical Journal tahun 2015 dijelaskan pula manfaat kayu manis untuk wanita. Pemberian terapi kayu manis pada wanita akan membantu menormalkan kembali siklus haid, membantu mengurangi menstruasi dengan darah berlebihan dan membantu wanita untuk lebih fit saat menstruasi.

    Inilah kenapa pasien PCOS bisa hamil dengan terapi kayu manis. Karena sebenarnya ketidak normalan siklus haid pada wanita dengan PCOS menjadi salah satu kunci mengapa wanita dengan PCOS sulit hamil. Siklus menstruasi berkaitan dengan kerutinan ovarium dalam memproduksi sel telur. siklus yang tidak berjalan rutin dapat berarti bahwa sel telur juta tidak diproduksi dalam rutinitas yang tepat.

  • Mengatasi resistensi insulin

    Satu lagi kondisi yang erat dikaitkan dengan masalah PCOS adalah resistensi insulin. Mereka yang mengalami resistensi insulin cenderung lebih mudah untuk mengalami kenaikan hormon androgen.

    Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk memerintahkan sel tubuh membakar glukosa dalam darah menjadi energi bagi sel. Energi untuk tubuh beraktivitas dan berfungsi sebagaimana mestinya.

    Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh tidak cukup sensitif terhadap sinyal insulin. Sel-sel tubuh gagal membaca perintah untuk membentuk energi dari glukosa dalam darah. Hal ini lazimnya terjadi ketika kadar glukosa dalam darah berlebihan melebihi kebutuhan energi dari sel tubuh.

    Sel-sel yang sudah mendapatkan cukup energi tidak lagi memerlukan tambahan energi dari ketersediaan glukosa yang masih ada. Ini kemudian menyebabkan sel tubuh mengalami resistensi insulin. Masalah muncul karena resistensi insulin ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin.  Peningkatan kadar insulin ini yang mendorong ovarium memproduksi lebih banyak hormon androgen.

    Kayu manis, secara medis terbukti dapat membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Diabetes and Science and Technology tahun 2010. terapi dengan ekstraksi kayu manis akan memperbaiki masalah resistensi insulin dan efektif  menurunkan kadar insulin dalam darah.

  • Mengendalikan kadar hormon androgen

    Pengaruhnya dalam menurunkan kadar insulin dalam tubuh ini yang kemudian memberi manfaat kayu manis untuk atasi keluhan PCOS. Karena kayu manis efektif menurunkan kadar insulin yang notabene juga menstimulasi produksi androgen berlebihan.

    Yang menarik, rupanya kelebihan androgen sendiri justru menjadi lingkaran tidak berkesudahan pada pasien PCOS. Karena kelebihan androgen juga dapat semakin memperburuk kondisi resistensi insulin. Ini dijelaskan dalam Diabetes and Metabolism Research and Reviews tahun 2008.

    Kayu manis sendiri mengandung komponen fitokimia bernama cinnamaldehyde. Menurut sumber American Journal of Translational Research tahun 2017 kandungan senyawa cinnamaldehyde pada kayu manis yang terbukti efektif meregulasi kadar androgen dalam tubuh. Kayu manis juga menghambat kinerja androgen reseptor sehingga respon tubuh terhadap kelebihan androgen dapat dikendalikan.

  • Sebagai anti inflamasi

    Untuk dipahami sebelumnya, bahwa pasien PCOS cenderung memiliki tingkat risiko inflamasi lebih tinggi. Sebagaimana juga diungkap dalam The Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology tahun 2018.

    Kerentanan ini menyebabkan pengidap PCOS akan lebih mudah mengalami peradangan sendi, peradangan lambung, jerawat hingga peradangan pada organ reproduksi. Ini pula yang turut memperburuk pembentukan kista ovarium.

    Selain sejumlah manfaat kayu manis untuk atasi PCOS sebagaimana dijelaskan di atas, kayu manis juga memiliki sifat sebagai agen anti inflamasi. Hal ini dijelaskan dalam Evidence Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2014.

Pasien PCOS Bisa Hamil dengan Kayu Manis

Bagaimana pasien PCOS menjadi sulit hamil adalah sebuah kondisi yang kompleks. Penyakit PCOS bukan kondisi sederhana, karena melibatkan sejumlah kondisi, termasuk masalah hormonal, kinerja ovarium, kadar glukosa dalam tubuh dan kesehatan rahim.

Tetapi menariknya, kayu manis memiliki khasiat dalam sejumlah aspek untuk membantu meningkatkan potensi kehamilan. Pasien PCOS bisa hamil dengan rutin mengonsumsi kayu manis. Beberapa justru menyarankan untuk rutin mengonsumsi kayu manis dan madu sebagai terapi pengobatan alami PCOS.

Dalam riset lain yang dikembangkan di King Abdul Aziz University sebagaimana diungkap pada Clinical Trial tahun 2018, dijelaskan dalam pemberian kayu manis ekstraksi sebanyak 500 mg 2 kali sehari dalam 6 bulan berketerusan akan menunjukan peningkatan potensi kehamilan pada pasien PCOS.

Ini memberi terapi yang berketerusan untuk mengatasi kondisi kompleks dari kasus PCOS hingga ovarium dapat pulih kembali, memiliki siklus haid normal, kondisi rahim yang fit serta kemampuan memproduksi sel telur yang sehat dan sempurna.

Risiko Mengonsumsi Kayu Manis


Kinerja dari kayu manis pada dasarnya berasal dari sejumlah komponen kimia di dalamnya. Dalam kayu manis terkandung komponen seperti cinnamaldehyde, cinnamate, cinnamic acid,tocopherol, eugenol, dan linalool.

Ini yang menjadikan kayu manis kaya akan khasiat termasuk untuk atasi PCOS. Tetapi, ternyata kayu manis tidak selamanya aman untuk dikonsumsi. Inilah catatan yang perlu Anda garis bawahi. Dalam kayu manis terkandung coumarin.

Senyawa ini memiliki aroma yang menyegarkan dan sedikit terasa manis di lidah. Coumarin sendiri ditemukan memiliki sejumlah manfaat seperti  sebagai anti viral, anti bakteri, anti inflamasi, anti diabetes, anti oksidan, mengendalikan keseimbangan hormonal, anti pembekuan darah dan sejumlah manfaat lain. Ini berdasarkan keterangan pada The Role of Functional Food Security in Global Health tahun 2019.

Namun, terlalu banyak coumarin bukan ide yang baik, karena dari segi kesehatan coumarin bisa menjadi toksin pada level tertentu. Tubuh hanya mentoleransi coumarin hingga 0,1 mg untuk tiap kg berat badan. Kelebihan senyawa ini akan menyebabkan kerusakan pada fungsi hati dan sirkulasi darah.

Kelebihan dalam mengonsumsi senyawa coumarin akan meningkatkan risiko kerusakan organ hati. Pada The American Journal of Case Report tahun 2015, diceritakan bahwa seorang wanita berusia 73 tahun mengalami kerusakan hati mendadak setelah mengonsumsi suplemen kayu manis dalam 1 pekan.

Selain itu, coumarin yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, karena efek toksin di dalamnya. Juga dapat menyebabkan efek hipoglikemia karena efeknya terhadap penyerapan sel terhadap glukosa dalam darah.

Selain coumarin, kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang memiliki sifat korotif dan dapat menyebabkan efek alergi. Paparan dari senyawa ini dapat menyebabkan sariawan, radang tenggorokan dan gangguan pernafasan. Sebagaimana dijelaskan pada The Open Dentistry Journal tahun 2015.

PCOS bisa hamil dengan kayu manis
Jenis Kayu Manis (Credit Photo: Yuliya Furman / BigStock)

Cara Aman Konsumsi Kayu Manis untuk PCOS


Kayu manis, sejatinya terdiri dari dua jenis. Keduanya mengandung senyawa coumarin dan cinnamaldehyde. Anda perlu memahami perbedaan dari keduanya karena rupanya kedua jenis kayu manis ini mengandung kadar toksin yang berbeda.

Jenis pertama adalah kayu manis cassia. Jenis ini merupakan jenis kayu manis yang paling banyak tersedia di pasaran. Kebanyakan produk kayu manis bubuk, juga berasal dari jenis kayu manis cassia. Bentuk khas dari kayu manis cassia ini adalah lapisan yang lebih tebal dan bertekstur kasar.  Juga memiliki warna kemerahan dan gelap.

Sedang jenis kedua, adalah kayu manis Ceylon. Jenis kedua ini biasanya di pasaran dijual dengan harga lebih mahal. Cirinya dikenali dengan lapisan yang lebih tipis dan terlihat rapuh. Aroma dan rasanya lebih lembut, harumnya nyaman dan rasanya tidak getir.

Yang menarik, dari sudut pandang kesehatan kayu manis Ceylon rupanya juga lebih aman dikonsumsi. Karena kandungan coumarin dalam kayu manis Ceylon jauh lebih sedikit. Pada kayu manis Cassia, kadar coumarin bisa mencapai 7 – 18 mg untuk tiap sendok the kayu manis cassia bubuk.

Jadi, untuk lebih aman mengonsumsi kayu manis, termasuk untuk pengobatan PCOS, sebaiknya pilih jenis kayu manis ceyron. Anda bisa lakukan dengan menaburkan parutan kayu manis Ceylon pada makanan Anda, termasuk cereal, sandwich, smoothie, cake, puding, oatmeal dan lain sebagainya.

Aroma dari kayu manis ini diketahui sangat baik untuk menambah selera makan dan memberi citarasa makanan menjadi lebih kaya. Secara tradisional, Anda juga menemukan aneka minuman yang menggunakan kayu manis, seperti wedang uwuh.

Atau menambahkan air rebusan kayu manis Ceylon dengan madu. Sejumlah pakar herbal meyakini pasien PCOS bisa hamil dengan mengonsumsi rebusan kayu manis dan madu ini secara rutin. Anda bisa padukan dengan teh untuk variasi demi mendapatkan khasiat herbal kayu manis untuk atasi PCOS.

Sumber

Referensi Kayu Manis untuk PCOS:

Debra Sullivan, PhD, MSN, RN, CNE, COI. Healthline. Reviewed: 2018-11-01. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS): Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/polycystic-ovary-disease

Rachel Gurevich. Verywellfamily. Reviewed: 2019-10-14. How to Get Pregnant With PCOS. https://www.verywellfamily.com/how-to-get-pregnant-with-pcos-1960193

Angela. PCOS Nutrition. Updated: 2017-11-16. Spice Up Your Eating : Cinnamon and PCOS. https://www.pcosnutrition.com/cinnamon-pcos/

Tentang Penulis 

Nurul Kuntarti

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Nurul Kuntarti seorang seorang sarjana ekonomi yang menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}