Jenis Penyakit Kanker dari Penyebaran, Tipe Sel, & Lokasinya

73
Ilustrasi Jenis Penyakit Kanker
Credit Photo: Marija Zamurovic / EyeEm

Diedit:

Bicara soal kanker memang tidak sesederhana ketika bicara soal penyakit infeksi atau peradangan yang lebih mudah dipahami. Setiap kanker yang terbentuk dapat saja berbeda untuk satu pasien dengan lainnya. Macam-macam jenis penyakit kanker sendiri dikatakan dapat berkembang menjadi 200 lebih tipe kanker.

Demikian beragam macam-macam jenis kanker ini menjadikan pilihan pengobatan kanker sendiri berkembang menjadi beragam. Karena setiap tipe kanker secara spesifik perlu diatasi dengan tindakan berbeda-beda.

Mungkin membahas satu persatu jenis penyakit kanker akan cukup sulit. Tetapi pada kesempatan ini kita akan mencoba menggambarkan bagaimana pengelompokan dari macam-macam jenis kanker ini dalam dunia medis.

Jenis Penyakit Kanker Berdasarkan Penyebarannya

Sebagaimana beberapa kali dijelaskan dalam banyak kesempatan, pada stadium lanjut kanker dapat lepas dari koloni utamanya dan dapat larut atau terbawa oleh cairan limfatik atau cairan darah menuju organ lain dimana sel kanker utama terbentuk.

Ini yang kemudian disebut dengan persebaran kanker atau disebut pula dengan istilah metastasis. Metastasis juga lazim terjadi bila kanker sudah menyebar pada seluruh bagian organ sehingga mudah sekali untuk menyebar ke area sekitar organ, termasuk organ lain yang lokasinya bersebelahan.

Itulah kemudian dikenal dua jenis penyakit kanker, yakni kanker primer dan kanker metastasis. Dikatakan sebagai kanker primer apabila sel kanker berasal dari proses mutasi sel normal pada organ tersebut. Dengan kata lain kanker berawal dari organ bersangkutan.

Sedang dikatakan sebagai jenis penyakit kanker metastasis apabila sel kanker merupakan hasil persebaran dari kanker primer yang ada pada organ lain.  Secara medis, penamaan kanker akan diambil dari asal mula kanker primer.

kanker metastatik
Sel Kanker Menyebar (Metastasis) Melalui Peredaran Darah atau Sistem Getah Bening (Courtesy: National Human Genome Research Institute)

Seperti bila terbentuknya kanker berawal dari payudara, maka kanker akan disebut sebagai kanker payudara. dan bilapun kanker pada akhirnya bermetastasis hingga area esofagus dan paru-paru, maka kanker hanya akan disebut sebagai kanker payudara metastasis.

Terkadang pihak medis tidak selalu dapat menentukan apakah sel kanker bersangkutan berawal. Melainkan hanya dapat melihat sejauh mana persebarannya. Penanganan kanker semacam ini memang akan lebih sulit karena pada banyak kasus, setiap organ akan mempengaruhi karakteristik dari sel kanker. Termasuk di dalamnya ketahanan dari sel kanker tersebut.

Jenis Penyakit Kanker Berdasarkan Tipe Selnya

Pengelompokan kedua dari penyakit kanker didasarkan pada jenis atau tipe sel dari penyakit kanker. Ini akan memberi data lebih spesifik dari jenis penyakit kanker. Karena rupanya tipe sel kanker akan menentukan bagaimana perkembangan dan penanganan dari kanker bersangkutan.

Sebut saja bila seseorang mengalami kanker usus. Secara spesifik, kita perlu pula memahami jenis sel usus apa yang menjadi awal dari sel kanker terbentuk. Setiap jenis sel akan menentukan karakter dari sel kanker tersebut.

Pada dasarnya, tipe sel kanker didasarkan pada dua kelompok utama. Pertama adalah jenis sel kanker yang membentuk massa solid. Sedangkan ketagori kedua adalah jenis sel kanker yang terbentuk pada sel darah. Pada kanker jenis sel darah, tidak akan ada semacam massa solid, melainkan kerusakan sel darah dan produksi masif  sel darah tertentu.

Untuk lebih detailnya setidaknya terdapat 6 tipe sel kanker yang dapat berkembang pada tubuh manusia. Adapun 6 tipe sel kanker ini adalah sebagai berikut.

  • Karsinoma
  • Sarkoma
  • Myeloma
  • Leukemia
  • Limfoma

Kita akan mencoba mengupas mengenai tipe tipe sel kanker ini sebagai berikut.

Tipe Sel Kanker: Karsinoma


Dari banyak macam-macam jenis kanker yang ada, jenis penyakit kanker dari tipe karsinoma adalah yang paling banyak ditemukan. Setidaknya 80% sampai 90% dari seluruh kasus kanker merupakan jenis karsinoma.

Kanker jenis karsinoma ini terbentuk dari sel epitel. Sel epitel sendiri merupakan sel yang berada pada sisi luar dari organ. Sel ini bekerja sebagai lapisan dari organ, saluran dan termasuk pula pada kulit. Kulit sendiri merupakan salah satu bentuk sel epitel.

Karsinoma sendiri dapat terbagi lagi dalam beberapa macam-macam jenis kanker lagi yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Adenokarsinoma

    Jenis penyakit kanker yang terbentuk dari sel epitel yang sekaligus bekerja sebagai sel kelenjar. Biasanya sel-sel ini bekerja sebagai produsen senyawa tertentu seperti hormon, enzim atau cairan tertentu, seperti cairan susu.

  • Karsinoma sel skuamosa

    Sel skuamosa adalah elemen khusus pada sejumlah lapisan epitel pada bagian tubuh tertentu. Sebut saja pada bagian atas permukaan kulit, bagian  permukaan esofagus atau bagian permukaan dari batang tenggorokan, serviks dan liang vagina.

  • Karsinoma sel basal

    Sel basal hanya terdapat pada permukaan kulit. Ini merupakan lapisan sel epitel yang menjadi lapisan terdalam dari permukaan kulit. Sel basal menjadi tempat dimana pori-pori berujung dan biasanya mejadi tempat kelenjar minyak permukaan kulit dan saluran keringat berada.

  • Karsinoma sel transisi

    Sel epitel yang dapat regang, biasanya berada pada sejumlah organ yang sifatnya dapat membesar dan mengecil. Utamaya pada organ berbentuk kantung seperti pada organ ginjal, kantung kemih dan lain sebagainya.

Penamaan dari jenis penyakit kanker karsinoma kadang didasarkan pada bagia spesifik dimana kanker terbentuk. Misalkan seperti penamaan lobular breast carcinoma yang merupakan jenis kanker karsinoma yang terbentuk pada kelenjar air susu pada payudara yang bekerja memproduksi susu asi.

Pada stadium awal, tipe kanker karsinoma ini dapat bersifat lokal dan sama sekali belum invasif. Pada tahap ini tingkat keberhasilan dari pengobatan kanker bersangkutan dapat cukup tinggi.

Tipe Sel Kanker: Sarkoma


Berbeda dengan tipe kanker karsinoma, maka sarkoma terbentuk dari sel mesenkim. Sel mesenkim adalah sel induk yang menjadi awal dari pembentuka jaringan ikat. Meski sejatinya tidak hanya jaringa ikat atau otot melainkan juga jaringan tulang, tulang rawan, jaringan saraf, pembuluh darah, persendian dan jaringan lemak.

Baca juga:  Sejarah Kanker, Sudah Dimulai Sejak Sebelum Masehi!

Dan inilah macam-macam jenis kanker yang masuk dalam kategori kanker sarkoma. Yakni jenis tipe kanker yang terbentuk pada jaringan non organ seperti pada elemen ligamen serta jaringan lemak  pembungkus organ.

Penamaan dari macam-macam jenis kanker sarkoma biasanya diambil dari jenis jaringan mesenkim yang menjadi cikal bakal sarkoma. Sebut saja seperti osteosarkoma untuk kanker tulang, angiosarkoma untuk kanker pada pembuluh darah atau liposarkoma untuk kanker pada jaringan lemak.

Dibandingkan jenis penyakit kanker karsinoma, tipe kanker sarkoma memang memiliki tingkat temuan lebih rendah. Fakta di lapangan menunjukan kasus kanker sarkoma ditemukan dalam rasio sekitar 1% hingga 5% saja di dunia.

Tipe Sel Kanker: Myeloma


Kasus kanker myeloma memiliki perbedaan karakter dengan jenis kanker pada karsinoma dan sarkoma. Kanker myeloma termasuk dalam kategori kanker pada sel darah, sehingga tidak membentuk massa dan tidak bersifat lokal pada satu organ.

Jenis penyakit kanker myeloma ini terbentuk pada sumsum tulang belakang. Di sini tidak terjadi pembentukan penumpukan jaringan membentuk massa atau benjolan. Tetapi lebih berupa pembentukan sel plasma darah abnormal yang berlebihan.

Karea sel plasma darah sejatinya adalah bagian dari imunitas, maka pasien myeloma akan mengalami gangguan pada fungsi imun. Baik itu menyebabkan efek autoimun atau penurunan fungsi imun yang drastis.

Pada umumnya, pasien juga akan mengalami ketidak seimbangan rasio sel darah dalam tubuh, dimana plasma darah menjadi terlalu dominan hingga pasien kekurangan kadar sel darah merah (anemia).

Tipe Sel Kanker: Leukemia


Leukemia termasuk jenis kanker pada cairan, dimana kanker menyerang sumsum tulang belakang yang spesifik membentuk sel darah putih. Akibatnya sel darah putih akan terbentuk abnormal dan masif. Kadar sel darah putih akan sangat berlebihan dan dominan dalam tubuh.

Sifat dasar sel darah putih adalah sebagai garda utama dari sistem  daya tahan tubuh. Akan tetapi ketika jumlahnya menjadi terlalu banyak, sel darah putih dapat bersifat invasif dan merusak. Mengakibatkan reaksi autoimun yang membahayakan.

Pengobatan pada jenis penyakit kanker leukemia akan sedikit berbeda, karena sel kanker tidak bersifat lokal. Persebaran kanker dapat terjadi di seluruh tubuh. penanganan lebih dipusatkan untuk menurunkan produksi sel darah putih abnormal. Sehingga jumlahnya tidak berlebihan dan tersebar luas di seluruh tubuh.

Tipe Sel Kanker: Limfoma


Limfatik adalah sebuah sistem utama imunitas dalam tubuh. Limfatik melibatkan banyak elemen, termasu organ-organ limfatik, nodul kelenjar getah bening, cairan getah bening hingga pembuluh darah limfatik.

Kadang tipe kanker ini berawal dari kanker yang terbentuk pada organ limfatik seperti pada limpa atau pada salah satu titik pusat nodul kelenjar getah bening seperti pada ketiak, leher atau selangkangan.  dari sana, kemudian terbentuk cairan getah bening yang abnormal yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, atau bahkan menjadi invasif.

Pada jenis penyakit kanker ini, pembentukan benjolan atau massa dapat saja terjadi. karena pembentukan kanker justru berawal dari organ-organ dalam sistem limfatik. Hingga kemudian mempengaruhi kondisi cairan getah bening. Cairan getah bening yang rusak dan mengandung kanker inilah kemudian menjadikan jenis kanker limfoma.

Ilustrasi Macam-Macam Jenis Sel Penyakit Kanker
Credit Photo: royaltystockphoto / 123rf

Jenis Penyakit Kanker Berdasarkan Lokasinya

Cara paling sederhana dalam pengelompokan kanker adalah dengan mendasarkan pada lokasi dimana kanker berkembang. Bahkan ketika kanker sudah teridentifikasi tipe sel nya, maka kanker tetap akan dikategorikan kembali berdasar organ dimana letak kanker berkembang.

Pengelompokan macam-macam jenis kanker dapat metode ini dilihat dalam sejumlah kategori sebagai berikut.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Sistem Saraf

Jenis penyakit kanker pada sistem saraf adalah semua jenis kanker yang berkembang pada jaringan otak dan seluruh sistem saraf tulang belakang. Kanker jenis ini kerap kali bukan jenis kanker primer, melainkan jenis kanker yang merupakan hasil metastasis dari kanker pada organ lain.

Beberapa jenis kanker seperti kanker paru, kanker payudara hingga melanoma memiliki potensi kuat untuk bermetastasis menuju otak dan saraf tulang belakang. Kasus metastasis kanker menuju otak sendiri termasuk langka.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan bahwa kanker otak menjadi kanker primer. Menariknya, kebanyakan kasus massa pada otak lebih berupa tumor dan meski tidak invasif, massa dapat menekan dan menimbulkan gangguan fungsi yang fatal. Sedang kanker otak primer sekalipun sejatinya juga tidak menyebar ke organ lain.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker Leher & Kepala

Berbeda dengan kanker yang terbentuk pada otak, kanker leher dan kepala merupakan jenis kanker yang menyerang pada organ-organ yang berada pada area ini diluar pada jaringan saraf. Kanker dapat menyerang hidung, telinga, tenggorokan, tenggorokan, pita suara hingga rongga mulut.

Pada banyak kasus, kanker leher dan kepala sangat dikaitkan dengan efek toksin rokok, mereka yang merokok secara aktif dan pasif dalam jangka panjang memiliki tingkat resiko lebih tinggi mengidap kanker pada area leher dan kepala.

Namun  demikian, jenis penyakit kanker ini juga dapat disebabkan oleh efek infeksi human papilloma virus alias HPV. Dapat pula disebabkan oleh efek paparan toksin non rokok dan unsur karsinogen berlebihan pada area hidung, mulut dan tenggorokan.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker Payudara

Ini adalah jenis penyakit kanker yang paling menjadi momok bagi wanita. Keberadaan tipe kanker ini ditakutkan karena dapat sangat mematikan dan acapkali memaksa wanita harus melepas organ payudara yang tentu saja menjadi bagian penting dari identitas diri seorang wanita.

Baca juga:  Jangan Anggap Remeh Keputihan, Kenali Ciri-Ciri Kanker Serviks!

Kebanyakan kasus kanker payudara merupakan kanker karsinoma. Tetapi fakta ini cukup menguntungkan, karena jenis penyakit kanker karsinoma lebih mudah untuk terdeteksi pada stadium sangat awal atau pada stadium 0.

Jenis kanker payudara yang paling banyak terjadi adalah ductal breast carcinoma yang berawal dari saluran air susu. Kemudian juga terdapat lobular breast carcinoma yang terbentuk dari kelenjar air susu. Meski jarang, kanker payudara juga dapat terbentuk pada payudara pria. Kebanyakan merupakan tipe kanker sarkoma yang terbentuk dari otot pembentuk payudara.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Sistem Pernafasan

Macam-macam jenis kanker pada sistem pernafasan adalah kanker paru-paru dan kanker pada broncheolus. Jenis penyakit kanker ini sangat dapat dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Atau aktivitas yang menyebabkan pasien harus menghirup unsur karsinogen dalam jangka panjang.

Sebagai salah satu jenis kanker yang paling mematikan di dunia, kanker paru-paru sendiri terbagi dalam dua jenis utama, yakni kanker paru-paru sel kecil dan kanker paru-paru non sel kecil. juga terdapat jenis langka seperti kanker paru-paru mesothelioma.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Pencernaan

Kanker pencernaan termasuk jenis kanker yang kompleks. Kanker dapat terjadi dimulai dari mulut sampai ke area kolon dan anus. Kebanyakan kasus kanker pada pencernaan adalah adenokarsinoma dan karsinoma sel skuamosa.

Kanker ini dapat dikaitkan dengan kebiasaan pola makan yang tidak sehat, kurang sayuran, kebiasaan sembelit yang terjadi terus menerus, masalah asam lambung yang diabaikan dalam jangka panjang, kebiasaan minum alkohol, hingga aspek virus HPV.

Macam-macam jenis penyakit kanker pada area pencernaan ini antara lain adalah kanker esofagus, kanker pankreas, kanker lambung, kanker liver, kanker usus, kanker kolon dan kanker anus.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Sistem Reproduksi

Tipe kanker ini terbentuk pada sistem reproduksi dan genital. macam-macam jenis kanker reproduksi antara lain adalah kanker ovarium, kanker serviks, kanker vagina, kanker vulva, kanker rahim dan  kanker tuba falopi. Kanker jenis ini juga dapat terjadi pada pria, seperti kanker prostat dan kanker testis.

Jenis penyakit kanker ini pada umumnya sangat dipengaruhi oleh masalah hormonal. Ketidak seimbangan hormonal atau paparan hormon tertentu berlebihan meningkatkan resiko seseorang mengidap kanker tertentu seperti kanker ovarium dan kanker prostat.

Tetapi sejumlah kanker reproduksi berkaitan dengan kebersihan dan infeksi HPV. Seperti pada kanker vulva, kanker serviks dan kanker testis. Infeksi HPV mendorong terjadinya inflamasi berat yang kemudian memicu terjadinya mutasi sel.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Sistem Urinasi

Sistem urinasi adalah sistem pembuangan air urin. Air urin sendiri adalah air residu hasil proses metabolisme tubuh. Dalam air urin terdapat sejumlah unsur toksin, protein dan sisa-sisa metabolisme yang perlu untuk dikeluarkan tubuh.

Kanker prostat juga dapat menjadi bagian dari kanker pada bagian urinasi, karena prostat pada pria berperan besar pada proses keluarnya air urin. Selain kanker pada prostat, macam-macam jenis kanker pada sistem urinasi juga berupa kanker ginjal dan kanker kantung kemih.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker pada Sistem Endokrin

Endokrin adalah sistem hormonal dalam tubuh. sejumlah fungsi tubuh dimotori oleh produksi hormon tertentu yang berfungsi sebagai stimulan atau pemicu. Kanker jenis ini pada umumnya akan berkaitan dengan tiroid, sebagai salah satu kelenjar endokrin yang utama.Tetapi, kanker pada sistem endokrin juga dapat terjadi pada kanker pankreas dan kanker pada hati.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker Tulang & Jaringan lunak

Kanker pada tulang dan jaringan lunak secara umum adalah jenis penyakit kanker sarkoma. Kasusnya tidak lebih dari 5% di seluruh dunia. Terbentuknya kanker pada bagian ini akan mengganggu struktur tubuh, kemampuan gerak hingga postur seseorang.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker Darah

Semua jenis kanker yang berkaitan dengan kanker cairan dikategorikan sebagai kanker darah. Kanker darah akan membentuk produksi sel darah berlebihan dengan karakter sel darah yang abnormal. Sel darah berlebihan tidak menumpuk dan membentuk massa, melainkan larut dalam aliran darah. itu sebabnya disebut dengan kanker cairan.

Meski pada sejumlah kasus kanker darah ini dapat membentuk massa pada organ-organ terkait seperti pada tulang belakang atau pada organ limfatik (Pada kasus limfoma). Tetapi pada dasarnya, konsentrasi pengobatan diarahkan pada pengendalian produksi sel darah abnormal yang berlebihan. Yang termasuk dalam kategori kanker darah ini adalah myeloma, leukemia dan limfoma.

Jenis Penyakit Kanker: Kanker Kulit

Kanker kulit pada umumnya adalah kanker karsinoma. Terbentuk pada lapisan-lapisan permukan kulit. Kanker dapat terbentuk dari sel melanin yang mempengaruhi warna kulit seseorang. Jenis kanker bernama melanoma ini termasuk jenis kanker yang banyak ditemukan.

Tetapi tipe kanker non melanoma pada kanker kulit juga dapat Anda temukan seperti sebut saja kanker sel basal yang terbentuk pada sel-sel kelenjar minyak pada kulit. Terdapat pula kanker kulit karsinoma sel skuamosa.

Itulah sejumlah jenis penyakit kanker dalam sejumlah kategori dan pengelompokan. Menerjemahkan kategori dari kanker yang dialami pasien akan menjadi kunci utama dalam menemukan terapi tepat untuk pasien.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang macam-macam tipe penyakit kanker. Semoga informasi ini dapat menambah pemahaman dan kepedulian Anda terhadap penyakit ganas ini. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.


Referensi Jenis Penyakit Kanker:

Lynne Eldridge, MD. Verywellheath. Updated: 2019-09-19. Cancer Types. https://www.verywellhealth.com/more-cancer-types-4158486.

Lynne Eldridge, MD. Verywellheath. Updated: 2019-08-31. Sarcoma vs. Carcinoma: Differences and Similarities. https://www.verywellhealth.com/sarcoma-vs-carcinoma-4694486.

Tom Larroci, MD. Verywellheath. Updated: 2019-08-10. Warning Signs of Blood and Lymph Cancers. https://www.verywellhealth.com/blood-and-lymph-cancer-basics-2252556.


Advertisement
Alinesia