“Hari Ke-50 Bebas Rokok!”


By Fery Irawan

Seorang perokok bernama Taba berbagi pengalamannya setelah 50 hari menghindari rokok, ia mengatakan ‘hari ini adalah hari kelima puluh saya tidak merokok, ini merupakan tonggak sejarah dalam hidup saya’. Inginkah Anda merasakan hal yang sama?

‘Enam puluh hari tanpa rokok, saya bangga pada diriku sendiri dan ingin agar semua orang tahu betapa sulitnya ini. Khususnya pada 2 minggu pertama, saya mengatasinya dengan mengingatkan diri bahwa SAYA TIDAK INGIN MULAI DARI AWAL!

Saya tahu pengaruh besar dari sebatang rokok, jadi saya coba untuk terus bertahan dan tetap pada tujuan saya. Saya harap suatu saat saya bisa berhenti total tanpa harus menghitung berapa lama saya tidak merokok. Tapi satu hal yang ingin saya sampaikan, saya tidak lagi memiliki hasrat merokok ataupun membelinya!’

Mario

Benar-benar tekad dan motivasi yang bagus bukan? Sebenarnya Anda juga dapat berhenti merokok, bagaimana caranya? Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut;

  • Pertama, bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok. Hal ini dapat dilakukan dengan menulis seluruh alasan Anda berhenti merokok dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan tidak merokok. Ini bertujuan untuk memberikan dorongan yang kuat untuk berhenti merokok sewaktu godaan timbul.
  • Kedua, periksa dengan jujur kebiasaan merokok yang sering Anda lakukan, seperti kapan dan dimana Anda tergoda untuk merokok, juga alasan Anda merokok. Dengan mengetahui pemicu kebiasaan buruk ini, Anda dibantu untuk menghindari situasi ataupun tempat-tempat yang cenderung membuat Anda ingin merokok.
  • Ketiga, pilih satu hari khusus untuk berhenti sama sekali dari rokok dan tandai pada kalender Anda. Menetapkan target akan membuat Anda serius untuk menjalaninya. Jika Anda gagal setelah menandai kalender Anda, jangan khawatir ini adalah keberhasilan yang tertunda.
Baca Juga:  Dampak Rokok Elektrik, Amankah bagi Tubuh?

Setidaknya Anda sudah berupaya mengendalikan hasrat merokok dan gunakan metode ini hingga Anda berhasil, secara tidak langsung ini akan mengurangi tingkat keseringan Anda dalam merokok.

  • Keempat, pastikan Anda membuang asbak, korek api, dan simpanan rokok Anda sewaktu memulai program berhenti merokok. Bersihkan pakaian Anda yang memiliki aroma rokok, ruangan Anda, dan apapun yang dapat membangkitkan hasrat merokok.
  • Kelima, ini bisa jadi yang tersulit yaitu meminta orang-orang terdekat disekitar Anda untuk tidak merokok sewaktu berhadapan dengan Anda. Berikan penjelasan kepada mereka bahwa Anda sedang mencoba program berhenti merokok. Jika ini tidak berhasil, Anda sendirilah yang harus meninggalkan tempat itu jika memungkinkan.
  • Keenam, berekreasi merupakan hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Jika Anda salah satunya pilihlah untuk mengunjungi tempat-tempat yang melarang Anda untuk merokok, seperti; museum dan bioskop.

Olahraga juga dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari rokok sekaligus membantu membersihkan tubuh. Anda dapat bersepeda, berenang dan berjalan jauh.

  • Terakhir, mengganti rokok dengan makanan tertentu. Beberapa orang senang mengulum permen sebagai penggantinya, namun timbul efek samping lainnya seperti kerusakan gigi.

Pada minggu pertama selama tidak merokok, Anda dapat menyantap makanan rendah kalori seperti seledri dan wortel, juga minum banyak air atau Noni juice. Yakinlah Anda dapat berhenti merokok dan Anda tidak sendirian!

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}