Gigi Sensitif, Permasalahan dan Solusi Sederhananya

309
Gigi Sensitif, Permasalahan dan Solusi
Credit Photo: Sitthiphong / iStock

Pernah merasa sakit atau ngilu setelah makan es krim atau sup panas? Bisa jadi itu gejala gigi sensitif, yang dapat muncul saat makan makanan yang dingin, panas, atau manis. Apa itu permasalahan gigi sensitif dan bagaimana solusi atau cara mengatasi gigi sensitif? Adakah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif?

Informasi di artikel ini dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, silakan lihat bagian “sumber referensi” di akhir artikel untuk melihat sumber-sumbernya.

Permasalahan dan Solusi Gigi Sensitif

Gigi sensitif, atau dentin hypersensitivity, memaksudkan rasa sakit atau tidak nyaman pada gigi ketika terkena stimulasi (rangsangan) tertentu, seperti suhu panas atau dingin. Permasalahan gigi sensitif mungkin hanya sementara atau bisa juga kronis (berlangsung lama), dan dapat memengaruhi satu gigi, beberapa gigi, atau bahkan semua gigi.

Penyebab gigi sensitif bisa banyak macam dan berbeda-beda pada setiap orang. Tetapi sebagian besar permasalahan gigi sensitif punya solusi yang sederhana, cukup dengan lebih memerhatikan kesehatan dan kebersihan mulut.

Berikut ini akan diulas permasalahan dan solusi gigi sensitif: Apa saja pemicu gejala gigi sensitif? Apa yang menyebabkan permasalahan ini? Bagaimana cara mengobati atau mengatasi gigi sensitif?

Apa Saja Pemicu Gejala Gigi Sensitif?

Orang-orang yang memiliki gigi sensitif akan merasakan sakit atau ngilu ketika giginya terkena stimulasi atau rangsangan tertentu. Jika Anda punya permasalahan ini, Anda mungkin akan merasakan sakit di akar gigi yang sensitif. Pemicu yang paling umum antara lain:

  • Makanan dan minuman panas
  • Makanan dan minuman dingin
  • Udara dingin
  • Makanan dan minuman manis
  • Makanan dan minuman asam
  • Air dingin, terutama saat menyikat gigi
  • Menyikat atau membersihkan gigi dengan benang gigi
  • Obat kumur berbahan alkohol

Gejala-gejala yang Anda rasakan dapat muncul dan hilang dari waktu ke waktu tanpa sebab yang jelas. Dan gejala-gejala tersebut bisa bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Setelah mengetahui pemicu-pemicu gejala gigi sensitif, sekarang waktunya untuk cari tahu apa yang menyebabkan permasalahan gigi sensitif dan bagaimana solusi sederhananya.

Apa Penyebab Gigi Sensitif?

Ada sebagian orang yang memang secara alami memiliki gigi yang lebih sensitif daripada orang lain, karena lapisan enamel mereka yang lebih tipis. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang melindungi bagian-bagian dalamnya. Tapi sering kali bukan itu penyebabnya, dalam kebanyakan kasus lapisan enamel menipis karena:

  • Terlalu keras saat menggosok gigi
  • Menggunakan sikat gigi yang kasar
  • Kebiasaan menggertakkan gigi
  • Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang asam

Kadang-kadang gigi sensitif dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lain. Contohnya penyakit refluks gastroesofagus (gastroesophageal reflux disease, disingkat GERD) dapat menyebabkan asam naik dari lambung dan esofagus, dan seiring waktu dapat merusak gigi.

Penyakit yang sering membuat seseorang muntah-muntah, misalnya gastroparesis dan bulimia, juga bisa menyebabkan asam naik dan menipiskan lapisan enamel gigi.

Contoh lainnya masalah resesi gusi (gingival recession) yang dapat membuat bagian-bagian dalam gigi terbuka dan tidak terlindungi sehingga menyebabkan permasalahan gigi sensitif.

Kerusakan gigi, gigi patah, gigi yang terkelupas, dan tambalan atau gigi palsu juga dapat membuka bagian dalam gigi dan menyebabkan sensitivitas. Jika gigi menjadi sensitif karena hal-hal ini, Anda mungkin hanya merasakan gejala-gejalanya pada satu gigi atau pada daerah tertentu di mulut, bukan di semua gigi. Dan gejala-gejala itu biasanya mereda dalam beberapa hari setelah kondisi gigi membaik.

Gigi Sensitif dengan Makanan Manis


Banyak orang mengalami gejala gigi sensitif saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Apa penyebab permasalahan ini dan bagaimana solusi mengatasi gigi sensitif ini?

Sama seperti yang lainnya, penyebab dari gigi sensitif makanan manis adalah menipisnya lapisan enamel di gigi. Pada umumnya yang membuat lapisan enamel menipis adalah kebiasaan menggosok gigi terlalu keras atau terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang asam.

Bagaimana solusi dari permasalahan gigi yang sensitif terhadap makanan dan minuman manis? Cara sederhana untuk mengatasi gigi sensitif ini ialah dengan mengganti sikat gigi dengan yang berbulu sikat lembut, menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dan menggosok gigi secara perlahan.

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Sensitif?

Apabila permasalahan gigi sensitif Anda masih ringan, solusi sederhananya adalah menggunakan perawatan gigi yang banyak dijual. Pilihlah pasta gigi yang diberi label khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi untuk gigi sensitif itu tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi, dan mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu.

Saat memilih obat kumur, pilihlah yang tidak mengandung alkohol agar tidak terlalu mengiritasi gigi yang sensitif.

Gunakan sikat gigi yang lebih lembut dan lakukan gerakan menyikat gigi secara perlahan. Pilihlah sikat gigi yang diberi label memiliki bulu sikat lembut.

Pasta Gigi dan Sikat Gigi untuk Gigi Sensitif
Gunakan Pasta dan Sikat Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif (Credit Photo: phbodrova / BigStock)

Biasanya dibutuhkan waktu sampai solusi-solusi sederhana di atas dapat membantu permasalahan gigi sensitif. Apabila tidak cukup membantu, Anda bisa coba konsultasi dengan dokter gigi mengenai cara mengobati gigi sensitif.

Dokter dapat memberi saran mengenai pasta gigi atau sikat gigi yang baik untuk gigi sensitif. Beliau juga mungkin akan mengoleskan gel fluoride atau obat lain untuk meredakan gejala gigi sensitif. Ini dapat membmantu memerkuat enamel dan melindungi gigi Anda.

Menghindari Pemicu Gejala Gigi Sensitif

Gejala gigi sensitif dapat muncul akibat mengonsumsi makanan dan minum yang panas, dingin, asam, atau manis. Jadi hindarilah pemicu-pemicu itu dan konsumsilah makanan atau minuman yang membantu mengatasi gigi sensitif misalnya buah dan sayuran yang kaya serat, keju, susu, dan yogurt plain.

Makanan atau minuman tersebut akan melembapkan mulut Anda serta membantu menghilangkan asam dan bakteri yang dapat menggerogoti gigi. Anda juga bisa minum teh hijau atau teh hitam atau mengunyah permen karet tanpa gula untuk merangsang air liur dan melembapkan mulut.

Mengatasi Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Gigi Sensitif

Apabila permasalahan gigi sensitif disebabkan oleh masalah kesehatan yang membuat lapisan enamel menipis dan merusak gigi, maka solusi yang terbaik adalah dengan mengatasi sumber masalah tersebut.

Contohnya jika gigi sensitif disebabkan oleh GERD, maka cara mengobati yaitu dengan menggunakan obat pengurang asam lambung seperti antasida atau obat-obat lainnya yang dijual bebas.

Cara mengatasi gigi sensitif yang disebabkan oleh masalah resesi gusi bisa dengan menggosok gigi secara perlahan dan menjaga kebersihan mulut yang baik.

Kebiasaan menggertakkan gigi juga dapat merusak enamel dan memicu gigi sensitif, jadi cara terbaik mengatasi masalah ini ialah dengan berupaya menghentikan kebiasaan itu. Kebiasaan itu bisa jadi karena Anda sedang stres, jadi cobalah kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menenangkan.

Namun jika penyebabnya adalah masalah kesehatan yang cukup serius, Anda sebaiknya pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Kesimpulan tentang Permasalahan dan Solusi Gigi Sensitif

Apa itu gigi sensitif? Gigi sensitif memaksudkan rasa sakit atau tidak nyaman pada gigi ketika terkena stimulasi atau rangsangan tertentu. Pada umumnya gejala gigi sensitif dipicu oleh makanan dan minuman yang panas, dingin, manis, atau asam. Selain itu gigi sensitif juga sering dipicu oleh udara dingin, obat kumur berbahan alkohol, dan menyikat atau membersihkan gigi dengan benang gigi.

Apa penyebab gigi sensitif? Masalah ini disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang menipis sehingga bagian dalam gigi tidak terlindung. Penipisan lapisan enamel sering kali karena menggosok gigi terlalu keras, menggunakan sikat gigi yang kasar, kebiasaan menggertakkan gigi, atau sering mengonsumsi makanan atau minuman yang asam.

Bagaimana cara mengatasi gigi sensitif? Solusi sederhana dari permasalahan gigi sensitif adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dan sikat gigi berbulu sikat lembut. Sikatlah gigi secara perlahan.

Jika gigi sensitif disebabkan oleh masalah kesehatan lain, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengobati masalah kesehatan tersebut. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penangangan yang tepat.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang permasalahan dan solusi gigi sensitif. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasinya. Nantikan juga ulasan-ulasan bermanfaat lain seputar perawatan gigi hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Gotter, Ana. Why Are My Teeth So Sensitive?. Reviewed: 2018-02-09. URL: https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth. Accessed: 2020-01-14

WebMD. What Can You Do About Sensitive Teeth?. Reviewed: 2018-12-11. URL: https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity. Accessed: 2020-01-14