Cara Mengatasi Gigi Sensitif: Saran Dokter Gigi & Secara Alami


By Cindy Wijaya

Masalah gigi sensitif kadang bisa bikin kita susah makan dan minum karena gigi terasa ngilu, terutama yang manis dan asam. Tapi bahkan udara dingin pun bisa membuat gigi sensitif terasa ngilu. Kita pasti kesal dengan masalah ini, jadi bagaimana cara mengobati gigi sensitif? Dan apakah ada cara mengatasi gigi sensitif secara alami?

Kalau kita punya gigi yang sensitif, maka aktivitas seperti menggosok gigi, makan dan minum, bisa menimbulkan rasa nyeri tajam yang sementara pada gigi. Gigi sensitif biasanya akibat lapisan enamel gigi yang menipis atau akar gigi yang terbuka.

Namun kadang-kadang rasa ngilu di gigi bisa disebabkan faktor-faktor lain, seperti gigi berlubang, gigi retak atau terkelupas, tambalan gigi yang menipis, atau penyakit gusi.

Kalau kita merasa terganggu dengan gigi sensitif, memang yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Beliau bisa membantu mengenali apa sebenarnya penyebab dari gigi ngilu kita, lalu memberi saran mengenai cara mengobati gigi sensitif yang sesuai penyebabnya itu.

Selain itu, kita juga bisa mengupayakan cara mengatasi gigi sensitif sendiri di rumah melalui perawatan gigi dan gusi yang lebih baik. Berikut beberapa diantaranya.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Merawat Enamel


Enamel gigi, disebut juga email gigi, adalah lapisan pelindung gigi. Jika lapisan itu menipis atau bahkan hilang, maka ujung-ujung saraf yang menyebabkan nyeri akan terbuka tak terlindungi.

Jika kita punya gigi sensitif, ada kemungkinan lapisan enamel sudah terkikis.

Untuk mencegah atau menghentikan kerusakan pada enamel, coba lakukan tips-tips berikut:

Jangan Gosok Gigi Terlalu Keras

Kalau kita terbiasa menyikat gigi terlalu keras, yang terkikis bukan hanya kotoran dan plak di gigi. Menyikat dari sisi ke sisi tepat di garis gusi bisa membuat enamel lebih cepat menipis.

Kita sebaiknya menggunakan sikat berbulu lembut dan menggosokannya pada sudut 45 derajat dari gusi supaya menjaga enamel tetap bersih dan kuat.

Hindari Makanan dan Minuman Asam

Contohnya minuman soda, permen keras, karbohidrat dengan kandungan gula tinggi, adalah makanan dan minuman yang mengancam enamel. Sebaiknya ganti camilan-camilan itu dengan: buah dan sayuran yang kaya serat, keju, susu, dan yogurt tanpa rasa.

Makanan dan minuman itu bisa melembapkan mulut dan membantu melawan asam serta bakteri yang dapat menggerogoti gigi. Melembapkan mulut dengan air liur adalah salah satu cara mulut untuk melawan asam dan bakteri itu.

Kita juga bisa minum teh hijau atau teh hitam atau mengunyah permen karet tanpa gula. Jika kita memang ingin makan sesuatu yang asam, jangan buru-buru langsung sikat gigi. Tunggu sekitar 1 jam setelahnya baru sikat gigi.

Janggan Menggeretakkan Gigi

Seiring waktu, kebiasaan menggeretakkan gigi akan mengikis enamel kita. Terkadang kebiasaan ini dipicu oleh stres, jadi kita mungkin perlu meredakan stres untuk menghentikan kebiasaan ini.

Jika tidak berhasil, mungkin kita perlu minta bantuan dokter gigi untuk membuatkan splint atau pelindung mulut khusus.

Jika masalahnya parah, kita mungkin perlu perawatan gigi untuk mengubah posisi gigi, atau melemaskan otot.

Berhenti Dulu dari Memutihkan Gigi

Memutihkan (bleaching) bisa menjadi penyebab gigi ngilu kita. Untungnya, masalah gigi sensitif akibat bleaching biasanya bersifat sementara. Jadi cara mengobati gigi sensitif ini cukup dengan berhenti dari perawatan bleaching.

Jika mungkin, bicarakanlah dengan dokter gigi tentang bagaimana perawatan ini mungkin memengaruhi Anda, dan apakah Anda perlu melanjutkannya.

Saran Dokter Gigi untuk Cara Mengobati Gigi Sensitif


Berikut adalah beberapa hal yang biasanya disarankan dokter gigi untuk cara mengatasi gigi sensitif. Namun saran-saran ini perlu disesuaikan dengan keadaan.

Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Setelah beberapa kali pemakaian, pasta gigi khusus gigi sensitif kadang dapat membantu menghentikan rasa ngilu yang terkait gigi sensitif. Ada berbagai macam produk pasta gigi ini yang bisa dibeli tanpa resep. Tanyakan pada dokter gigi tentang produk mana yang paling cocok.

Fluorida

Dokter gigi mungkin akan mengaplikasikan fluorida (fluoride) ke area gigi sensitif untuk memperkuat lapisan enamel serta mengurangi rasa sakit. Beliau mungkin juga memberikan resep fluorida untuk dipakai di rumah.

Desensitisasi atau Bonding

Kadang-kadang permukaan akar gigi yang terbuka dapat dirawat oleh dokter gigi dengan mengaplikasikan resin bonding ke permukaan akar yang sensitif. Mungkin dibutuhkan bius lokal untuk melakukan prosedur ini.

Bedah Cangkok Gusi

Jika akar gigi kita sudah kehilangan jaringan gusinya, dokter gigi dapat mengambil sejumlah kecil jaringan gusi dari bagian lain di mulut lalu mencangkokkannya ke bagian yang hilang. Ini dapat meliundungi akar yang terbuka dan mengurangi sensitivitas.

Kanal Akar

Dokter gigi dapat menyarankan cara mengatasi gigi sensitif ini untuk kasus yang sudah parah dan tidak bisa diobati dengan cara lain. Prosedur kanal akar digunakan untuk mengatasi masalah pada inti pulpa gigi (bagian dalam gigi yang lunak).

Meskipun ini mungkin tampak seperti prosedur medis yang cukup berat, namun ini dianggap sebagai teknik paling efektif untuk  cara mengobati gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif secara Alami


Di samping tips-tips yang sudah dibahas di atas, ada juga cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang telah dibuktikan oleh penelitian. Namun sebaiknya lakukan cara ini secara hati-hati agar tidak sampai menambah parah masalah gigi kita.

Daun Jambu Biji

Mengunyah daun jambu biji dapat membantu mengurangi gigi ngilu akibat sensitif. Sebuah penelitian tahun 2017 mengulas manfaat kesehatan daun jambu biji dan salah satunya kandungan flavonoidnya yang limpah berpotensi untuk meredakan sakit gigi. Ini karena flavonoid itu bermanfaat sebagai pereda nyeri, anti-peradangan, dan anti-mikroba.

Gel Cengkih

Orang-orang sudah lama menggunakan minyak cengkih sebagai obat tradisional untuk sakit gigi. Penelitian menunjukkan bahwa ini lebih dari sekadar tradisi.

Sebuah penelitian tahun 2006 membandingkan manfaat gel cengkih dengan obat gel benzokain, yaitu obat yang sering dipakai dokter gigi untuk membuat gusi mati rasa sebelum melakukan prosedur medis dengan jarum. Hasilnya, gel cengkih sama efektifnya dalam meredakan nyeri dengan gel benzokain.

Jadi mengoleskan gel atau minyak cengkih ke gusi dapat membantu mengurangi sensitivitas dan ngilu di gigi. Namun, para ilmuwan masih terus menyelidiki penggunaan gel cengkih ini untuk memastikan manfaatnya.

Bawang Putih

Bawan putih juga adalah obat tradisional untuk sakit gigi. Mengunyah bawah putih sebentar menghasilkan senyawa yang disebut allicin. Suatu penelitian tahun 2011 menyimpulkan bahwa allicin punya sifat anti-mikroba dan mampu membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan penyakit mulut, seperti Streptococcus mutans.

Penumpukan bakteri itu di sekitar gigi dan gusi dapat menyebabkan kerusakan gigi, yang dapat memperparah gigi sensitif. Melawan bakteri ini dapat memperlambat proses ini dan menjadi cara mengatasi gigi sensitif secara alami.

Air Garam

Berkumur dengan air garam juga adalah cara lain untuk melawan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

Dalam penelitian tahun 2017, didapati bawha menggunakan bilasan air garam dapat sama efektifnya dengan obat kumur chlorhexidine dalam mengurangi plak gigi.

Untuk membuat bilasan air garam sebagia obat kumur, campurkanlah ½ sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat (sekitar 1 gelas kecil). Lalu kumur-kumur air garam di dalam mulut beberapa kali sebelum dikeluarkan.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu meredakan ngilu. Sebuah penelitian tahun 2014 mendapati bahwa ekstrak tanaman kunyit sama efektifnya dengan obat ibuprofen dalam meredakan nyeri akibat osteoartritis lutut.

Kita bisa mencoba membuat salep dengan mencampurkan kunyit bubuk dan air, kemudian mengolesaknnya ke gusi untuk membantu mengurangi ngilu dan sensitivitas gigi. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus menyelidiki penggunaan kunyit sebagai cara mengatasi gigi sensitif secara alami.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara mengatasi gigi sensitif. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi problem gigi sensitif Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

WebMD. What Can You Do About Sensitive Teeth?. URL: https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity

Mayo Clinic. What causes sensitive teeth, and how can I treat them?. URL: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854

Medical News Today. Home remedies for sensitive teeth. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324731

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>