10 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh yang Ada di Rumah


By Cindy Wijaya

Sakit gigi adalah masalah yang sangat menyakitkan dan tidak dapat dianggap enteng. Namun, untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa obat alami yang bisa Anda temukan di rumah. Berikut ini adalah 12 obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Pembahasan:

  • Ada banyak obat alami yang dapat membantu meredakan sakit gigi secara cepat dan alami.
  • Bawang putih mentah mengandung zat anti-infeksi yang efektif dalam memerangi infeksi gigi.
  • Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan dan mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit.
  • Ekstrak vanili, air peroksida hidrogen, bawang merah, gel lidah buaya, daun peppermint, kompres es, thyme, dan daun sambiloto juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi.
  • Penting untuk diingat bahwa obat alami hanya memberikan bantuan sementara, dan jika sakit gigi berlanjut, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi.

1. Bawang Putih Mentah

Bawang putih mengandung zat antimikroba dan antibiotik yang sangat efektif dalam memerangi infeksi bakteri penyebab sakit gigi. Anda bisa mengunyah beberapa siung bawang putih mentah atau membuat pasta bawang putih dengan mencampurkan bawang putih cincang dengan sedikit garam. Oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit.

Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Allicin membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi yang sakit. Cara menggunakan bawang putih mentah sangat sederhana, Anda hanya perlu mengunyah beberapa siung bawang putih mentah selama beberapa menit atau sampai Anda merasakan rasa bawang putih pada mulut Anda.

Alternatif lain adalah dengan membuat pasta bawang putih. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan bawang putih mentah yang sudah dicincang halus dengan sedikit garam. Garam berfungsi sebagai agen antiinflamasi tambahan. Setelah pasta bawang putih terbentuk, oleskan pasta tersebut langsung pada gigi yang sakit menggunakan jari atau kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum Anda berkumur atau berkumur dengan air hangat.

Perlu diingat bahwa bawang putih mentah mungkin memiliki aroma yang kuat dan bisa meninggalkan rasa yang tidak sedap di mulut. Jadi, pastikan untuk membersihkan mulut Anda setelah menggunakan bawang putih mentah untuk mengatasi sakit gigi.

2. Berkumur Air Garam

Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, berkumur dengan air garam adalah cara yang sederhana namun efektif. Air garam memiliki sifat disinfektan yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan campuran ini selama beberapa detik, fokus pada gigi yang sakit. Air garam akan membantu meredakan peradangan dan membersihkan area yang terinfeksi. Praktik ini sudah digunakan sejak zaman dahulu karena khasiatnya yang terbukti.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan air garam hanya memberikan bantuan sementara dan bukan pengganti kunjungan ke dokter gigi. Jika sakit gigi berlanjut lebih dari dua hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi.

3. Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi yang sedang bermasalah. Anda dapat menggunakan ekstrak vanili sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Caranya cukup sederhana, oleskan sedikit ekstrak vanili pada kapas dan tempelkan secara langsung pada gigi yang sakit. Anda akan merasakan efek penenang dan pereda nyeri dari ekstrak vanili ini.

Ekstrak vanili tidak hanya memberikan bantuan sementara namun juga memberikan sensasi yang nyaman di mulut Anda. Ini membuatnya menjadi salah satu obat alami yang populer digunakan untuk meredakan sakit gigi.

Dalam penanganan sakit gigi dengan ekstrak vanili, sebaiknya Anda mengonsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu. Setiap kondisi gigi memiliki perawatan yang berbeda-beda. Jika sakit gigi berlanjut atau semakin parah, segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Aplikasi Ekstrak Vanili pada Gigi yang Sakit

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaplikasikan ekstrak vanili pada gigi yang sakit:

  1. Siapkan sedikit ekstrak vanili dan sebuah kapas.
  2. Oleskan ekstrak vanili pada kapas secara merata.
  3. Tempelkan kapas yang telah dioleskan ekstrak vanili pada gigi yang sakit.
  4. Biarakan selama beberapa waktu.
  5. Rasakan efek meredakan sakit gigi yang dihasilkan.

Anda dapat mengulangi aplikasi ini jika diperlukan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter gigi.

“Oleskan sedikit ekstrak vanili pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit.”

4. Berkumur Air Peroksida Hidrogen

Selain obat alami sebelumnya, salah satu cara lain yang efektif untuk meredakan sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air peroksida hidrogen. Peroksida hidrogen adalah zat yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat, sehingga dapat membantu membersihkan infeksi di area gigi yang sakit.

Campurkan jumlah yang sama dari peroksida hidrogen dan air di dalam mangkuk kecil. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi campuran ini, karena peroksida hidrogen hanya digunakan sebagai obat kumur dan tidak boleh ditelan. Setelah mencampurkan air peroksida hidrogen, gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama tiga puluh detik. Usahakan untuk mengarahkan campuran ke area gigi yang sakit sehingga dapat memberikan efek yang lebih maksimal.

Perlu diingat bahwa air peroksida hidrogen hanya ditujukan untuk pemakaian luar dan tidak boleh ditelan. Jika sakit gigi Anda tidak kunjung membaik setelah mencoba cara ini atau jika gejala semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

air peroksida hidrogen

5. Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengobati sakit gigi. Bawang merah memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri yang menjadi penyebab sakit gigi. Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan bawang merah untuk meredakan sakit gigi secara alami.

Mengunyah Bawang Merah Mentah

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah bawang merah mentah. Caranya cukup sederhana, ambil bawang merah segar dan kunyah secara perlahan pada gigi yang sakit. Bawang merah akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan dapat meredakan rasa sakit pada gigi.

Menempelkan Irisan Bawang Merah

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menempelkan irisan bawang merah pada gigi yang sakit. Iris bawang merah menjadi beberapa bagian tipis dan tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Biarkan irisan bawang merah mengenai gigi selama beberapa waktu. Bawang merah akan memberikan efek antiseptik dan membantu meredakan infeksi bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Dengan mengunyah bawang merah mentah atau menempelkan irisan bawang merah pada gigi yang sakit, Anda dapat menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi masalah sakit gigi secara efektif. Namun, jika sakit gigi berlanjut atau tidak kunjung sembuh, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

6. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi dan memiliki efek menenangkan pada gusi yang sakit. Lidah buaya atau aloe vera mengandung sifat antiinflamasi dan antiseptik, serta memiliki kemampuan penyembuhan yang baik.

Untuk menggunakan gel lidah buaya sebagai obat sakit gigi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Potonglah bagian daging lidah buaya yang segar.
  2. Ambil gel lidah buaya yang terdapat di dalamnya.
  3. Oleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian gigi yang sakit.
  4. Biarakan gel lidah buaya selama beberapa saat sebelum membilas mulut dengan air bersih.

Gel lidah buaya akan membantu meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi, serta membantu mengurangi peradangan. Anda dapat mengulangi penggunaan gel lidah buaya ini beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit mereda.

Jika rasa sakit gigi tidak kunjung mereda atau terjadi infeksi yang serius, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Ilustrasi gel lidah buaya

“Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan alami yang baik dan telah digunakan secara tradisional untuk merawat berbagai masalah kesehatan termasuk sakit gigi. Gel lidah buaya yang segar akan memberikan bantuan saat Anda mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan.”

– Dr. Siti Rahayu, Dokter Gigi

7. Daun Peppermint

Daun peppermint memiliki efek mati rasa pada saraf gigi dan membantu mengurangi peradangan pada gusi. Anda bisa membuat teh daun peppermint dengan merebus satu sendok teh daun peppermint kering dalam segelas air mendidih. Minumlah teh ini atau gunakan sebagai kumur-kumur.

8. Kompres Es

Jika Anda mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh cedera fisik pada mulut, mengompres dengan es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kompres es bekerja dengan efektif untuk mengurangi peradangan serta memberikan efek anestesi lokal pada area yang terkena. Berikut adalah cara mengurangi rasa sakit gigi dengan kompres es:

  1. Ambil beberapa es batu dari freezer.
  2. Bungkus es batu dengan handuk bersih atau kain tipis.
  3. Tempelkan kompres es pada area yang sakit selama 15-20 menit.
  4. Ulangi proses ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan rasa sakit.

Cara ini dapat membantu menyembuhkan area yang terluka dan mengurangi nyeri yang Anda rasakan. Namun, kompres es hanya mengurangi gejala sementara dan bukan mengobati akar penyebab sakit gigi. Penting untuk segera mengunjungi dokter gigi jika sakit gigi berlanjut atau disertai gejala yang lebih parah, seperti demam atau pembengkakan yang parah.

9. Thyme

Thyme adalah tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat dalam mengatasi sakit gigi. Tumbuhan ini kaya akan sifat antijamur dan antiseptik yang efektif dalam mengobati berbagai infeksi gigi. Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan thyme dalam penanganan sakit gigi.

Cara Pertama: Kumur-kumur dengan Minyak Thyme

Anda dapat menambahkan satu tetes minyak atsiri thyme ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai kumur-kumur. Campuran ini akan membantu membersihkan dan meredakan rasa sakit pada gigi yang terinfeksi. Lakukan kumur-kumur selama beberapa menit, lalu keluarkan.

Cara Kedua: Oleskan Minyak Thyme pada Kapas

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kapas yang telah dioleskan beberapa tetes minyak thyme. Tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit selama beberapa saat. Minyak thyme akan bekerja secara langsung pada area yang terinfeksi dan membantu mengurangi rasa sakit.

Dalam penggunaan thyme untuk mengobati sakit gigi, penting untuk diingat bahwa ini hanya merupakan solusi sementara. Jika sakit gigi berlanjut atau mengalami kondisi yang lebih parah, segera periksakan ke dokter gigi untuk diagnosis dan perawatan yang lebih lanjut.

Bahan-bahan: Cara Penggunaan:
– 1 tetes minyak atsiri thyme – Tambahkan 1 tetes minyak thyme ke dalam segelas air hangat. Kumur-kumur selama beberapa menit, lalu keluarkan.
– Kapas – Oleskan beberapa tetes minyak thyme pada kapas. Tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit selama beberapa saat.

10. Daun Sambiloto

Daun sambiloto merupakan salah satu obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi. Anda dapat mengunyah daun sambiloto segar atau membuat teh dengan merebus beberapa daun sambiloto dengan air. Minumlah teh ini untuk meredakan sakit gigi.

Daun sambiloto memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit pada gigi yang sakit. Ekstrak daun sambiloto juga dapat digunakan sebagai kumur-kumur untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi.

Penting untuk diingat bahwa sakit gigi yang parah dan berkepanjangan harus segera ditangani oleh dokter gigi yang berpengalaman. Penggunaan daun sambiloto hanya sebagai pengobatan sementara untuk meredakan gejala sementara.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan daun sambiloto sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pilih beberapa daun sambiloto segar yang bersih.
  2. Cuci daun sambiloto dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan potong menjadi potongan kecil.
  3. Rebus daun sambiloto dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit.
  4. Saring air rebusan daun sambiloto dan tunggu hingga dingin.
  5. Minumlah teh daun sambiloto secara perlahan atau gunakan sebagai kumur-kumur selama beberapa menit.

Daun sambiloto dapat membantu meredakan rasa sakit gigi dan gejala yang terkait, tetapi penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk mencegah masalah gigi yang lebih serius.

Kesimpulan

Ada banyak cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Mulai dari bahan-bahan yang tersedia di dapur hingga tanaman herbal, banyak obat alami yang dapat meredakan rasa sakit pada gigi. Namun, penting untuk diingat bahwa obat alami hanya memberikan bantuan sementara dan bukan pengganti kunjungan ke dokter gigi. Jika sakit gigi berlanjut lebih dari dua hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa obat sakit gigi alami yang efektif, seperti menggunakan bawang putih mentah, berkumur air garam, ekstrak vanili, bawang merah, gel lidah buaya, daun peppermint, kompres es, thyme, daun sambiloto, dan masih banyak lagi. Semua bahan alami tersebut dapat memberikan bantuan dalam meredakan rasa sakit gigi.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa penggunaan obat alami hanya sebagai cara pengobatan sementara. Jika sakit gigi berlanjut atau menjadi semakin parah, penting untuk segera menghubungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sebuah kunjungan ke dokter gigi dapat membantu mengidentifikasi penyebab akar masalah dan memberikan perawatan yang tepat guna memperoleh pemulihan yang optimal.

FAQ

Apa saja obat alami untuk mengatasi sakit gigi?

Beberapa obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi antara lain bawang putih mentah, berkumur air garam, ekstrak vanili, berkumur air peroksida hidrogen, bawang merah, gel lidah buaya, daun peppermint, kompres es, thyme, dan daun sambiloto.

Bagaimana cara menggunakan bawang putih mentah untuk meredakan sakit gigi?

Anda bisa mengunyah beberapa siung bawang putih mentah atau membuat pasta bawang putih dengan mencampurkan bawang putih cincang dengan sedikit garam. Oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit.

Apakah berkumur dengan air garam efektif mengurangi sakit gigi?

Ya, berkumur dengan air garam adalah cara sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Air garam memiliki sifat disinfektan yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah dengan campuran ini selama beberapa detik, fokus pada gigi yang sakit.

Bagaimana cara menggunakan ekstrak vanili untuk meredakan sakit gigi?

Oleskan sedikit ekstrak vanili pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit.

Apakah berkumur dengan air peroksida hidrogen efektif mengurangi sakit gigi?

Ya, berkumur dengan campuran air peroksida hidrogen dan air bisa meredakan sakit gigi. Campurkan jumlah yang sama dari peroksida hidrogen dan air, lalu berkumurlah dengan campuran ini selama tiga puluh detik.

Bagaimana cara menggunakan bawang merah untuk mengatasi sakit gigi?

Anda dapat mengunyah bawang merah mentah atau menempelkan irisan bawang merah pada gigi yang sakit. Bawang merah memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang efektif dalam mengatasi infeksi bakteri penyebab sakit gigi.

Bagaimana cara menggunakan gel lidah buaya untuk meredakan sakit gigi?

Potong bagian daging lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel tersebut pada bagian gigi yang sakit. Gel lidah buaya memiliki efek yang menenangkan pada gusi yang sakit dan merupakan salah satu obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Bagaimana cara menggunakan daun peppermint untuk meredakan sakit gigi?

Anda bisa membuat teh daun peppermint dengan merebus satu sendok teh daun peppermint kering dalam segelas air mendidih. Minumlah teh ini atau gunakan sebagai kumur-kumur. Daun peppermint memiliki efek mati rasa pada saraf gigi dan membantu mengurangi peradangan pada gusi.

Bagaimana menggunakan kompres es untuk mengurangi sakit gigi?

Jika sakit gigi disebabkan oleh cedera fisik pada mulut, kompres es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Bungkus es batu dengan handuk dan tempelkan pada area yang sakit.

Bagaimana cara menggunakan thyme untuk mengatasi sakit gigi?

Anda dapat menambahkan satu tetes minyak atsiri thyme ke dalam segelas air dan gunakan sebagai kumur-kumur. Atau, oleskan beberapa tetes minyak thyme pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit. Thyme memiliki sifat antijamur dan antiseptik yang efektif dalam mengatasi kebanyakan infeksi gigi.

Bagaimana cara menggunakan daun sambiloto untuk mengatasi sakit gigi?

Anda dapat mengunyah daun sambiloto segar atau membuat teh dengan merebus beberapa daun sambiloto dengan air. Minumlah teh ini untuk meredakan sakit gigi. Daun sambiloto merupakan salah satu obat alami yang efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Apakah obat alami bisa mengobati sakit gigi secara permanen?

Ada banyak cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Namun, penting untuk diingat bahwa obat alami hanya memberikan bantuan sementara dan bukan pengganti kunjungan ke dokter gigi. Jika sakit gigi berlanjut lebih dari dua hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi.

Link Sumber

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}