Gejala Penyakit Jantung


By Fery Irawan

Bagaimana Anda dapat mengenali gejala penyakit jantung? Apa saja ciri penyakit jantung? Seberapa penting untuk mewaspadai tanda penyakit jantung dalam tubuh Anda?

Pada dasarnya, gejala-gejala umum yang dialami orang yang mengalami penyakit jantung disebabkan kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung akibat fungsi jantung yang terganggu. Ingin tahu info selengkapnya? Simak ulasan lengkap dalam artikel berikut ini!

Gejala Penyakit Jantung

Ciri penyakit jantung berikut dapat menjadi peringatan awal akan resiko terjadinya serangan jantung. Sayangnya, mereka yang mengalami tanda penyakit jantung sering kali menganggapnya sebagai masuk angin biasa, inilah yang sering membuat pertolongan pertama menjadi terlambat dan sangat merugikan.

Ketika serangan jantung (myocardial infarction) berlangsung, otot-otot jantung akan mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Dan tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak dapat mengalami regenerasi.

Gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai ialah:

  • Angina merupakan¬†rasa nyeri atau ditekan di bagian dada.
  • Aritmia merupakan¬†istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal).

Angina dan aritmia disebabkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot jantung. Biasanya diikuti oleh gejala penyakit jantung lain seperti pusing, letih yang berkepanjangan, mual, berkeringat dingin, dan sesak nafas.

Karena itu semakin lama serangannya dan tidak segera ditangani. Maka semakin banyak juga kerusakan permanen pada otot-otot jantung dan bahkan jika terus dibiarkan dapat mengalami kematian.

Sewaktu ciri penyakit jantung timbul, sangatlah penting untuk langsung mencari bantuan medis karena resiko kematian terbesar adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan.

Perawatan yang cepat dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan.

Mengingat bahaya penyakit jantung yang mengancam kehidupan, mencegah atau mengurangi resiko penyakit jantung adalah cara yang terbaik. Selain dengan menjaga pola makan dan olah raga teratur, mengkonsumsi suplemen herbal sangat membantu. Sehingga tanda penyakit jantung dapat dihindari.

Beberapa herbal seperti Sarang Semut dan Noni juice bukan saja dapat mencegah penyakit jantung tetapi juga membantu penyembuhan penyakit jantung, silakan baca informasinya pada halaman pengobatan penyakit jantung.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.