Blog Herbal No. 1 Indonesia

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Demam, Ini Cara Gampang Menggunakannya


By Fery Irawan

Salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh saat demam adalah menggunakan kompres demam. Biasanya memakai kain basah yang sudah diperas dan ditaruh ke kening. Dalam ilmu pengobatan tradisional, ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan. Salah satu yang dipercaya ampuh adalah daun dadap serep untuk kompres demam.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat daun dadap serep untuk demam. Bagaimana cara menggunakan daun dadap serep untuk penurun panas? Apa tanda-tanda demam sebaiknya tidak ditangani sendiri, melainkan harus ke dokter? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Tanaman Dadap Serep?

Dadap serep (bernama latin/ilmiah Erythrina lithosperma) merupakan tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita, sering tumbuh di kebun, hutan, atau sengaja ditanam di pekarangan rumah.

Nama-nama sebutan lain dari dadap serep antara lain: dadap lesang, dadap limit, dadap minyak (Sunda); dadap lenga, dadap srep, dadap lisah (Jawa); dedap serap, dedap minyak (Melayu); dadap licin (Lampung); dhaddha oleng, theutheuk oleng (Madura).

Bagaimana ciri-ciri tanaman dadap serep? Pohon dadap serep tingginya sekitar 5 m, memiliki akar tunggang, batang dan ranting kebanyakan berduri tempel, tegak, serta berwarna hijau. Bentuk daun dadap serep oval, memanjang, ujungnya sedikit meruncing, dan tulang daunnya menyirip.

Dadap serep mempunyai bunga yang tersusun dalam tandan, tumbuh pada ujung ranting yang gundul atau yang terdapat daun muda. Buah dadap serep memiliki rambut rapat dan bertangkai. Memiliki biji 1-2 yang panjangnya sekitar 2 cm.

Daun dadap serep mengandung sejumlah senyawa antara lain alkaloid, eritrina, eritradina, eritramina, erisovina, hipaforina, tannin, saponin, seskuiterpenoid, dan quinon. Selain itu juga mengandung protein dan nitrogen yang tinggi. Namun kandungan utama pada daun dadap serep ialah alkaloid, yang memiliki sifat khas yaitu rasa pahit, mendinginkan, dan membersihkan darah.

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Kompres Demam
Daun Dadap Serep (Credit Photo: Frank Vincentz – Wikimedia Commons)

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Demam

Salah satu khasiat yang paling dikenal dari tanaman ini ialah manfaat daun dadap serep untuk kompres demam. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa daun dadap serep mengandung senyawa alkaloid yang bersifat mendinginkan dan berperan sebagai antipiretik (penurun panas/demam). Artinya terdapat manfaat daun dadap serep untuk demam.

Manfaat daun dadap serep tidak terbatas pada penurun panas atau demam saja, penelitian juga menunjukkan adanya manfaat anti-mikroba, anti-inflamasi, dan anti-malaria. Hal ini dibuktikan oleh penelitian oleh A.N. Kholida dkk (2016) yang melakukan uji aktivitas dari ekstrak daun dadap serep.

Karya ilmiah oleh W.A. Sulistyaningsih (2018) juga menuliskan bahwa daun dadap serep juga dimanfaatkan secara tradisional untuk melancarkan ASI, mengobati perdarahan bagian dalam, mengatasi sakit perut, mencegah keguguran, serta kulit batangnya digunakan untuk mengencerkan dahak.

Bagaimana Cara Mengobati Demam dengan Daun Dadap Serep?


Telah dijelaskan bahwa manfaat daun dadap serep untuk demam berasal dari kandungan alkaloid di dalamnya, yang memiliki sifat antipiretik (penurun panas). Berikut adalah cara menggunakan daun dadap serep untuk penurun panas.

  • Siapkan daun dadap serep, jeruk nipis, dan air secukupnya.
  • Peras air jeruk nipis ke dalam air.
  • Masukkan daun dadap serep ke dalam air tersebut lalu remas-remas daunnya.
  • Gunakan remasan daun dadap serep untuk kompres demam di bagian kening.
  • Biarkan kompres daun dadap serep tetap di kening beberapa saat.
  • Bila sudah kering, Anda bisa menggantinya dengan ramuan dadap serep yang baru.

Selain di kening, Anda bisa gunakan daun dadap serep untuk kompres demam di bagian ketiak, lipatan paha, dan juga perut.

Anda bisa terus gunakan daun dadap serep untuk kompres demam selama beberapa hari sampai panasnya turun. Namun apabila lebih dari 3 hari panasnya belum juga reda, sebaiknya segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Manfaat dadap serep untuk demam bisa dikombinasikan dengan obat-obatan yang diberikan dokter untuk mempercepat pemulihan.

Tanda-Tanda Demam Harus Diperiksa ke Dokter


Memang biasanya demam akan membaik dengan sendirinya, namun adakalanya harus ditangani oleh dokter.

Jika suhu Anda melebihi 40 derajat C, atau tidak membaik setelah minum obat penurun demam, pertimbangkanlah untuk menemui dokter.

Pada bayi berusia 3 bulan ke bawah, segera bawa ke dokter jika suhunya 38 derajat C atau lebih tinggi. Untuk anak usia 3 bulan sampai 3 tahun, bawa ke dokter jika suhunya 39 derajat C atau lebih.

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Demam sebagai Terapi Alternatif

Penggunaan obat antipiretik (penurun panas) pada umumnya adalah dengan obat seperti parasetamol dan OAINS (contohnya ibuprofen dan aspirin). Namun penggunaan obat kimiawi seara terus-menerus dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping, terutama obat OAINS yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung, usus, dan ginjal.

Oleh karena itu sebagian masyarakat memilih untuk menggunakan pengobatan dengan tanaman obat tradisional, yang salah satunya adalah daun dadap serep untuk kompres demam. Cara menggunakan daun dadap serep untuk penurun panas juga mudah, cukup dengan diremas-remas bersama air secukupnya dan ditempelkan ke kening.

Akan tetapi memang jika cara tradisional ini tidak manjur, dimana demam tetap tidak reda meski sudah dicoba selama 3 hari, Anda harus mendapat penanganan oleh dokter. Setelah itu manfaat dadap serep untuk demam tetap bisa Anda kombinasikan dengan obat-obatan yang diberikan dokter agar lebih cepat pulih.

Demikianlah info sehubungan dengan manfaat dadap serep untuk demam. Ingatlah bahwa pengobatan tradisional hanyalah terapi komplementer, bukan sebagai terapi utama untuk pengobatan. Jadi ada baiknya untuk bijaksana dan hanya menggunakannya bila Anda yakin masalah kesehatan Anda tidaklah serius. Jika khawatir atau ragu dengan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Sumber

Kholida, A.N., Suherman, P.W., Hartati. (2016). Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Dadap Serep (Erythrina lithosperma Miq.) sebagai Antibakteri terhadap Bakteri Salmonella typhi. Medula 4(1):281-290. DOI: 10.46496/medula.v4i1.2555

W.A. Sulistyaningsih. (2018). Efektivitas Kompres Daun Dadap Serep (Erythrina Lithosperma) dalam Menurunkan Suhu Tubuh pada Balita ISPA di Puskesmas Mertoyudan 1 Tahun 2018. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Healthline. Do You Have a Fever? How to Tell and What You Should Do Next. https://www.healthline.com/health/how-to-tell-if-you-have-a-fever#see-your-doctor

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}