Cara Menjaga Suara Tetap Terdengar Jernih dan Bagus

807

Diedit:

Banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk menjaga bentuk tubuh tetap bagus. Tetapi apakah Anda pernah berupaya untuk menjaga suara tetap bagus? Selain penyanyi dan aktor, tampaknya hanya sedikit yang mengkhawatirkan tentang kualitas suara mereka.

Anda harus mulai memperhatikan mutu suara walaupun pekerjaan Anda tidak berhubungan dengan bidang vokal. Norman Hogikyan dan rekan-rekannya di University of Michigan Health System menyatakan alasannya, “Suara Anda adalah wakil Anda untuk dunia luar.”

Hogikyan menambahkan, “Suara menggambarkan kepribadian dan emosi. Orang-orang membuat penilaian tentang Anda berdasarkan suara Anda, sehingga sangat penting ketika berbicara atau bernyanyi untuk berpikir tentang apa yang orang lain dengar. Masalah pada suara juga dapat memiliki dampak besar bagi kehidupan Anda.”

Persoalannya, ada cukup banyak orang mengalami masalah pada suaranya tetapi membiarkannya karena menganggapnya sebagai masalah kecil. Padahal masalah kecil ini bisa berkembang menjadi cukup parah dan memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena itu, Hogikyan dan rekan-rekannya memberikan 10 tips sebagai cara menjaga suara tetap sehat.

Minum Banyak Air

Minumlah air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tetapi batasi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, karena kedua kandungan ini justru memicu dehidrasi. Pita suara Anda bergetar dengan sangat cepat, dan memiliki keseimbangan air yang tepat akan menjaga pita suara tetap dilumasi.

Catatan penting: Buah yang mengandung sejumlah besar air adalah camilan yang sangat baik sebagai cara membuat suara bagus. Sediakan selalu buah-buahan seperti apel, pir, semangka, peach, melon, anggur, dan buah-buahan lain yang mengandung banyak air.

Istirahatkan Suara

Biarkan diri Anda “mengistirahatkan suara” setiap hari, khususnya setelah menggunakannya untuk waktu yang lama. Misalnya, seorang guru sebaiknya istirahat bicara sepanjang waktu jeda di antara waktu mengajar kelas.

Baca juga:  Kiat Mengobati Suara Serak

Anda mungkin harus mencari tempat yang tenang untuk menghabiskan waktu makan siang agar tidak perlu banyak bicara dengan rekan kerja yang gemar mengobrol.

Jangan Merokok

Jika Anda sudah terlanjur merokok, segeralah berhenti. Merokok sangat meningkatkan risiko Anda terkena kanker tenggorokan, dan bahkan hanya menghirup asapnya saja sanggup mengiritasi pita suara. Jadi sebisa mungkin hindarilah tempat-tempat berkumpulnya para perokok.

Jangan Teriak-Teriak

Memaksa diri untuk bersuara sangat keras, misalnya dengan berteriak atau menjerit karena mencoba berbicara di tempat yang bising, dapat membuat tenggorokan kering dan lelah. Akibatnya suara Anda menjadi serak.

Jika suara sedang serak, sebaiknya kurangi berbicara. Suara serak adalah tanda peringatan bahwa pita suara Anda sedang iritasi.

Tetap Rileks

Usahakan otot tenggorokan serta leher tetap rileks, bahkan sewaktu menyanyi nada tinggi maupun nada rendah. Beberapa penyanyi punya kebiasaan memiringkan kepala mereka ketika bernyanyi nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah.

Kebiasaan ini bisa membuat otot vokal menjadi tegang, dan bahkan dalam jangka panjang bisa berdampak pada berkurangnya kemampuan jangkauan vokal Anda.

Berbicaralah dengan Baik

Perhatikan bagaimana Anda berbicara setiap hari. Bahkan penyanyi yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik belum tentu punya kebiasaan yang baik sewaktu berbicara. Banyak penyanyi yang terampil sekalipun tidak melanjutkan kebiasaan sehat mereka ketika berbicara biasa.

Setiap orang, bukan hanya penyanyi, sebaiknya mengupayakan agar tetap bernapas dengan baik sewaktu sedang berbicara dengan orang lain. Cara menjaga suara terdengar bagus adalah dengan menarik napas terlebih dulu sebelum mengucapkan kata-kata.

Jangan Sering Berdeham

Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan dengan cara sengaja batuk atau berdeham. Ketika Anda melakukannya, itu seperti membanting pita suara—keseringan melakukannya bisa melukai pita suara sehingga Anda menjadi serak.

Baca juga:  Anda Mengalami Gejala Mulut Kering? Cari Tahu Apa Penyebabnya!

Daripada sengaja batuk, cobalah menelan seteguk air untuk memuaskan hasrat untuk membersihkan tenggorokan. Jika Anda merasa seperti harus selalu membersihkan tenggorokan, sebaiknya periksakan ke dokter. Karena bisa jadi penyebabnya adalah penyakit seperti asam refluks, alergi, atau masalah sinus.

Puasa Bicara Ketika Sakit

Istirahatkanlah suara Anda sewaktu sedang sakit. Apalagi kalau suara sedang serak, jangan dulu bicara apalagi berbisik. Ini adalah cara menjaga suara tetap baik setelah sembuh.

Gunakan Pengeras Suara

Di saat Anda harus berbicara di depan umum atau di luar ruangan kepada sekumpulan banyak orang, jangan paksa untuk berteriak. Lebih baik manfaatkan alat pengeras suara agar tidak sampai melukai pita suara.

Tips-tips di artikel ini berguna bagi siapa pun yang ingin menjaga suaranya tetap enak didengar, tetapi yang terpenting adalah bagi Anda yang pekerjaannya melibatkan penggunaan suara, misalnya sebagai pengajar, pembicara, atau penyanyi.

Dan sebagaimana sudah disinggung di atas, suara adalah duta yang mewakili kepribadian Anda. Banyak orang akan langsung menilai diri Anda melalui suara yang ia dengar. Jadi, lakukanlah cara-cara menjaga suara agar terdengar jernih dan bagus sehingga memberi penilaian baik dari orang-orang yang mendengar Anda.

Advertisement
Alinesia