Blog Herbal No. 1 Indonesia

10 Cara Menghilangkan Suara Bindeng dengan Cepat


By Cindy Wijaya

Salah satu efek tidak enak dari flu atau batuk-pilek adalah suara bindeng. Selain itu, ada penyebab suara bindeng meski tidak flu, misalnya karena alergi, sinusitis atau rhinitis. Suara bindeng bisa terjadi untuk waktu singkat, tapi bisa juga untuk waktu lama.

Ketika suara Anda menjadi sengau, itu biasanya karena ada peradangan di kotak suara, atau laring. Dokter menyebut peradangan pada kotak suara itu sebagai laringitis, yang juga disebut radang pita suara.

Bagaimana cara menghilangkan suara bindeng? Artikel ini akan membahas sejumlah tips untuk menghilangkan suara bindeng dengan cepat agar suara kita bisa terdengar jernih lagi.

Cara Menghilangkan Suara Bindeng dengan Cepat

Suara bindeng bukanlah penyakit, melainkan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Biasanya gejala ini akan menghilang begitu masalah penyebabnya sudah teratasi. Namun untuk mempercepat pemulihan suara, ada sejumlah cara menghilangkan suara bindeng yang bisa Anda coba.

Istirahatkan Suara

Mengistirahatkan suara alias sebisa mungkin kurangi berbicara untuk sementara waktu adalah hal penting untuk memulihkan pita suara Anda. Dengan begitu peradangan dan iritasi yang mengganggu pita suara akan lebih cepat sembuh.

Jangan Berbisik

Berbisik justru membuat pita suara Anda lebih tegang. Jika Anda harus berbicara, berbicaralah dengan volume suara normal. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan kertas atau catatan di HP untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Hindari Sumber Iritasi

Asap mengiritasi pita suara dan dapat memperlama waktu penyembuhan. Jika Anda merokok, Anda harus berhenti merokok saat mengalami radang pita suara. Juga disarankan untuk sama sekali berhenti merokok, karena itu akan sangat mengurangi risiko dari berbagai masalah kesehatan.

Penderita radang pita suara juga harus menghindari alkohol karena dapat mengiritasi dan menyebabkan dehidrasi.

Anda juga sebaiknya menghindari lingkungan yang kering dan berdebu, yang dapat mengiritasi pita suara.

Minum Banyak Air

Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sambil memulihkan suara Anda. Asupan cairan membantu tenggorokan tetap lembap dan dapat menjadi cara menghilangkan suara bindeng dengan cepat. Kelembapan adalah kunci untuk memulihkan suara jernih Anda.

Minumlah air hangat, yang tidak terlalu panas, untuk menenangkan tenggorokan. Anda juga bisa minum teh hangat. Tapi hindari kopi (yang mengandung banyak kafein) karena bisa mengeringkan tenggorokan dan bisa memicu dehidrasi. Jadi selagi suara bindeng belum hilang, sebaiknya hindari dulu kopi.

Ubah Pola Makan

Jika radang pita suara adalah akibat dari penyakit asam lambung, maka Anda sebaiknya mencoba mengubah pola makan.

Penderita asam lambung harus menghindari makanan-makanan yang memicu gejala asam lambung naik, termasuk alkohol, cokelat, makanan pedas, peppermint, dan makanan berlemak tinggi.

Juga, ada baiknya untuk mengubah jam makan malam tidak terlalu dekat dengan waktu tidur, setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Mandi Air Hangat

Uap panas dari mandi air hangat bisa membantu melembapkan pita suara dan menenangkan tenggorokan Anda.

Karena itu mandi air hangat beberapa kali sehari sambil menghirup uap panasnya dapat membantu menghilangkan suara bindeng dan membersihkan pita suara dari sekresi lengket yang menyebabkan gejala radang pita suara.

Hirup Uap Panas

Selain dari mandi air hangat, Anda juga bisa langsung menghirup uap panas dari semangkuk air panas.

Cukup didihkan air secukupnya, lalu pindahkan ke sebuah mangkuk. Posisikan kepala ke dekat mangkuk, letakkan handuk di atas kepala Anda. Tarik sisi-sisi handuk sehingga menciptakan semacam gua kecil di antara kepala Anda dan mangkuk.

Hiruplah uap dari air panas di mangkuk selama 10-15 menit. Seharusnya Anda mulai merasakan bahwa sinus Anda mulai bersih. Ulangi lakukan ini dua kali sehari.

Gunakan Humidifier

Menghirup uap yang dilembapkan dari humidifier dapat menjaga saluran pernapasan atas Anda tetap lembap dan menghilangkan sekresi di sekitar pita suara yang menyebabkan Anda kehilangan suara.

Coba gunakan humidifier sepanjang hari dan saat Anda tidur saat mengalami gejala-gejala radang pita suara.

Perbanyak Tidur Malam

Tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri setiap malam sewaktu tidur. Karena itulah tidur malam yang cukup penting untuk cara menghilangkan suara bindeng dengan cepat. Pastikan untuk tidur 7 – 9 jam setiap malam.

Untuk membantu tidur cepat, lakukanlah aktivitas yang bikin rileks seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau mandi air hangat sebelum tidur. Tidurlah di waktu yang sama setiap malam dan bangun tidur di waktu yang sama juga setiap pagi.

Minta Obat dari Dokter

Biasanya tidak butuh obat dokter untuk menghilangkan suara bindeng. Tapi dalam beberapa kasus dokter mungkin menyarankan obat resep.

Dokter mungkin memberikan antibiotik jika Anda memiliki gejala-gejala parah yang berhubungan dengan infeksi bakteri.

Dokter kadang memberikan resep obat kortikosteroid untuk membantu mengurangi peradangan dengan cepat.

Kortikosteroid mungkin diresepkan untuk orang yang harus memakai suara mereka untuk bekerja. Namun, kortikosteroid tidak cocok untuk semua orang. Jadi harus konsultasikan dengan dokter dulu.

Cara Menghilangkan Suara Bindeng secara Alami

Di samping mengupayakan cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu memulihkan suara jernih Anda.

Air Garam

Banyak penderita radang pita suara merasa lebih baik setelah berkumur air garam. Garam dapat membantu mengatasi masalah iritasi pada pita suara.

Untuk membuat air garam, campurkan 1 sendok teh garam ke segelas air, aduk sampai rata. Berkumurlah selama 30 detik lalu buang air garamnya. Ulangi lakukan ini setiap 2 – 3 jam.

Jahe

Jahe adalah obat alami yang banyak digunakan untuk masalah pernapasan. Orang-orang sudah menggunakan jahe selama berabad-abad untuk khasiat obatnya.

Jahe dapat membantu mengurangi batuk kering yang menjengkelkan yang berhubungan dengan radang pita suara. Jahe juga membantu mengurangi sumbatan pada pernapasan dan meredakan infeksi di tenggorokan.

Anda bisa menggunakan jahe segar yang diiris-iris untuk dijadikan minuman teh herbal atau dimasukkan ke dalam sup.

Bawang Putih

Bahan lain yang bisa menjadi cara menghilangkan suara bindeng secara alami adalah bawang putih. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengandung sifat anti-bakteri dan mungkin anti-virus. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah sejumlah infeksi saluran pernapasan atas.

Bawang putih juga bisa dikombinasikan dengan berbagai masakan. Anda bisa menggunakannya untuk sup, tumisan, atau rebusan sayuran.

Madu

Madu dapat mengurangi batuk dan sekresi lendir. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu mungkin juga memiliki sifat antioksidan dan anti-bakteri.

Selain itu, sejumlah penelitian mendapati bahwa madu mampu mengurangi batuk dan kemungkinan lebih baik daripada obat pereda batuk, seperti dextromethorphan. Madu bisa ditambahkan ke dalam teh hangat favorit Anda.

Kesimpulan tentang Cara Menghilangkan Suara Bindeng

Bagaimana cara menghilangkan suara bindeng dengan cepat? Upayakan ini: Istirahatkan suara, jangan berbisik, hindari sumber iritasi, minum banyak air, hirup uap panas, dan minta obat dari dokter.

Bagaimana cara menghilangkan suara bindeng secara alami? Coba gunakan bahan-bahan alami ini: air garam, jahe, bawang putih, dan madu.

Apabila cara-cara di atas tidak juga membantu memulihkan suara Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter dapat membantu mengidentifikasi penyebab suara bindeng dan memberi saran pengobatan yang lebih tepat.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara menghilangkan suara bindeng. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Baca juga artikel-artikel lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. What to do if you’ve lost your voice. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325748

Healthline. Remedies to Get Your Voice Back Fast. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-get-your-voice-back

WikiHow. How to Get Your Voice Back. URL: https://www.wikihow.com/Get-Your-Voice-Back

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}