10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan Agar Lebih Plong


By Cindy Wijaya

Dari waktu ke waktu kita mungkin pernah mengalami dahak yang terasa mengganjal di tenggorokan. Biasanya ini terjadi saat kita sedang sakit, misalnya saat terserang infeksi saluran pernapasan atas. Lendir kental yang terasa menempel di tenggorokan ini pasti menjengkelkan. Bagaimana cara mengeluarkan dahak di tenggorokan?

Dahak sebenarnya adalah lendir yang diproduksi untuk melindungi sistem pernapasan Anda. Fungsinya untuk menangkap debu, virus, alergen, dan kotoran lainnya agar tidak masuk ke saluran pernapasan. Tapi kadang tubuh bisa menghasilkan terlalu banyak lendir sehingga terasa mengganjal di tenggorokan. Tapi tenang saja, ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelebihan lendir tersebut.

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Apabila dahak sulit untuk dikeluarkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari, cobalah beberapa cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara tradisional dan alami berikut ini.

Minum Air Putih Hangat

Minum air putih, terutama yang hangat, adalah pilihan paling sederhana untuk cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Cairan yang masuk ke dalam tenggorokan ini bisa mengencerkan dahak kental supaya lebih mudah dikeluarkan. Air yang bersuhu hangat akan bekerja lebih optimal dalam mengencerkan dahak.

Di samping itu air juga membantu menjaga kelembapan selaput lendir sehingga mencegah produksi lendir yang berlebihan, yang tentunya membantu mencegah tenggorokan kembali berlendir.

Menghirup Uap Hangat

Udara yang hangat dan lembap dapat membantu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan, saluran pernapasan, dan juga paru-paru. Dengan begitu dahak di tenggorokan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Cara melakukannya sederhana saja, hanya perlu siapkan mangkuk besar, air, dan handuk. Masak dulu air sampai mendidih, lalu tuangkan air ke dalam mangkuk secara perlahan. Tudungkan handuk di belakang kepala. Lalu dekatkan kepala ke arah air panas sampai sekitar 20 – 25 cm. Pejamkan mata dan tarik napas-napas panjang secara perlahan melalui hidung. Lakukan selama maksimal 15 menit, 2 – 3 kali setiap hari.

Berkumur Air Garam

Air garam juga dapat menjadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara tradisional. Air garam bahkan mampu membantu membasmi kuman dan mengurangi radang di tenggorokan.

Caranya gampang, cukup larutkan 1 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur dengan larutan garam itu selama 30 – 60 detik dengan kepala posisi menengadah. Lalu buang air garamnya. Lakukan beberapa kali sehari jika diperlukan.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang diduga membantu mengencerkan lendir di tenggorokan, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Jeruk nipis juga dapat membantu membunuh kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan yang memicu dahak berlebih di tenggorokan.

Berikut cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara alami dengan jeruk nipis: Siapkan 2 buah jeruk nipis dan sedikit garam. Peras air jeruk nipis ke dalam gelas dan tambahkan garam, aduk rata. Minum ini sekaligus habis saat perut kosong.

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan secara Tradisional dan Alami
Credit Photo: SURKED/Shutterstock

Jahe

Jahe juga merupakan obat pengencer dahak alami. Berikut cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara tradisonal dengan jahe: Cukup tambahkan irisan jahe ke dalam minuman hangat, misalnya teh, susu, atau air hangat.

Daun Mint

Daun mint memberikan sensasi yang melegakan bagi tenggorokan Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Thorax, daun mint memiliki kandungan mentol yang berfungsi mengurangi produksi lendir sekaligus mengencerkan lendir yang mengental.

Berikut cara menggunakan daun mint untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan: Masukkan daun mint ke dalam teh hangat lalu minumlah teh itu saat dahak terasa tersumbat di tenggorokan.

Minyak Kayu Putih

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara alami berikutnya adalah dengan minyak kayu putih. Tapi bedanya minyak kayu putih tidak akan ditelan ke dalam mulut. Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada untuk membantu mengencerkan dahak yang tersumbat di saluran pernapasan.

Madu

Madu juga dapat membantu mengeluarkan dahak berlebihan di tenggorokan. Madu telah dibuktikan dapat membantu mengobati gejal abatuk dan radang tenggorokan pada anak-anak. Madu mampu mempercepat pemulihan dari radang dan menghilangkan dahak.

Untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan, Anda bisa minum teh hangat yang sudah dicampur madu. Boleh juga tambahkan perasan lemon supaya rasanya lebih segar. Tetapi Anda tidak boleh memberikan madu kepada bayi di bawah umur 1 tahun, karena ada risiko botulisme yang bisa berbahaya.

Bawang

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara alami lainnya adalah menggunakan bawang. Bawang termasuk pengencer dahak alami karena memiliki kandungan bersifat anti-radang yang bisa merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Anda bisa menambahkan irisan bawang ke dalam sup hangat, misalnya sup ayam atau daging.

Lobak

Lobak dipercaya mampu membantu menghilangkan dahak berlebihan di tenggorokan. Di samping itu juga diyakini dapat membantu mengurangi radang tenggorokan serta membantu pemulihan dari flu dan batuk. Sayuran ini juga dapat menstimulasi kekebalan tubuh agar lebih optimal dalam memberantas virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Anda bisa menambahkan lobak ke dalam sop hangat untuk mendapatkan manfaat pengencer dahak alaminya.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Lendir di tenggorokan biasa bukanlah sesuatu yang berbahaya. Namun sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter apabila:

  • Dahak berlebih di tenggorokan sudah ada selama lebih dari 4 minggu.
  • Dahak menjadi semakin kental.
  • Dahak bertambah banyak atau berubah warna.
  • Mengalami demam.
  • Mengalami nyeri dada.
  • Merasakan sesak napas atau kesulitan bernapas.
  • Batuk berdarah.
  • Mengi atau suara bernada tinggi saat bernapas.

Banyak yang bilang bahwa lendir berwarna yang keluar melalui dahak dari mulut atau ingus dari hidung menunjukkan adanya infeksi bakteri. Namun, itu mungkin menunjukkan bahwa sistem kekebalan sedang melawan virus, atau bahwa seseorang hanya mengalami dehidrasi.

Karena lendir berwarna kuning atau hijau tidak selalu menandakan infeksi bakteri, maka lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberitahukan bahwa seseorang tidak memerlukan antibiotik berdasarkan gejala ini saja. Antibiotik tidak dapat mengobati virus, dan penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain.

Penelitian lain juga telah mengkonfirmasi bahwa warna dahak bukanlah petunjuk yang baik dari infeksi bakteri pada orang dewasa sehat yang mengalami batuk akut (berlangsung kurang dari 3 minggu).

Namun, batuk berdahak berwarna dari paru-paru dapat memberi petunjuk adanya infeksi bakteri atau penyakit lain, dan mungkin harus diperiksa lebih lanjut oleh dokter.

Kesimpulan tentang Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Terdapat banyak cara sederhana untuk mengatasi dahak yang terasa mengganjal di tenggorokan. Mulai dari yang paling gampang, minum air hangat, sampai yang membutuhkan sedikit upaya, menambahkan irisan jahe ke minuman hangat. Anda bisa mencoba beberapa cara sekaligus selama itu cocok untuk Anda.

Apabila gejala dahak berlebih di tenggorokan tetap tidak membaik selama lebih dari 4 minggu, ada baiknya untuk periksa ke dokter. Ada kemungkinan terdapat penyebab mendasarinya yang perlu penanganan lebih ekstra dari dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan secara tradisional dan alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Baca juga artikel-artikel informatif lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. What Causes Excess Mucus in Your Throat and What to Do About It. https://www.healthline.com/health/overproduction-of-mucus-in-throat

Medical News Today. Home remedies for phlegm and mucus. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321134

Maher, Sarah & Birrell, Mark & Bonvini, Sara & Wortley, Michael & Dubuis, Eric & Shala, Fatmire & Jones, V. & Flajolet, Pauline & Negreskul, Y. & Britton, Zelie & Hebib, L. & Belvisi, M.. (2014). P6 Menthol Has Beneficial Effects In The Airways Through A Trpm8-independent Mechanism. Thorax. 69. A79-A80. http://dx.doi.org/10.1136/thoraxjnl-2014-206260.156

Detik Health. 10 Cara Mengeluarkan Dahak secara Alami, Tenggorokan Jadi Plong. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5884020/10-cara-mengeluarkan-dahak-secara-alami-tenggorokan-jadi-plong

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>