Cara Mengobati Diare secara Alami

498

Diedit:

Diare merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang penyebab utamanya terletak penyerapan air di usus besar yang tidak berjalan normal. Mungkin hampir semua orang pernah mengalami gejala diare ini, ya diare sendiri tidak mengenal umur siapa saja bisa mengalaminya. Pada umumnya orang yang terkena diare akan mengalami buang air besar lebih dari tiga kali dalam dua puluh empat jam, bagi orang yang terkena gejala diare ini harus cepat ditangani. Sebab jika seorang yang terkena diare tidak cepat ditangai bisa menyebabkan kematian.

Adapun gejala-gejala yang akan ditimbulkan saat orang terkena gejala diare diantaranya muncul suara di perut, perut terasa mulas yang berlebihan, dan sering buang air besar. Dan untuk penyebab diare sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya mengonsumsi makanan yang pedas dan asam berlebihan, stres, dan mengonsumsi alkohol.

Bila Anda saat ini sedang mengalami diare Anda bisa mengobatinya dengan cara meminum air putih dan oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, selain oralit saat ini berbagai macam obat diare yang bisa Anda dapatkan di toko atau apotek terdekat.

Namun jika ingin mengobati diare secara alami, Anda bisa mengetahui informasinya dibawah ini.

  • Teh Herbal

    Teh yang dapat mengobati diare yaitu teh yang berjenis chamomile, teh chamomile sendiri dapat menenangkan usus besar yang terkena diare dan menurunkan radang usus baik usus besar dan usus kecil.

  • Yoghurt

    Mungkin banyak orang berpikiran bahwa meminum yoghurt dapat memperparah diare, namun pada kenyataannya yoghurt dapat mengatasi diare. Hal ini disebabkan yoghurt memiliki kandungan bakteri bifidobacterium dan lactobacilus yang dapat menyeimbangkan sistem saluran pencernaan.

  • Pisang

    Buah pisang yang satu ini mengandung banyak potasium yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang saat Anda terkena diare. Selain itu pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh usus.

  • Saus Apel

    Jika melihat teksturnya, apel memiliki tekstur yang keras maka jika dikonsumsi sistem pencernaan akan bekerja lebih keras. Maka dari itu untuk mengobati diare dengan apel, buatlah saus apel terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Saus apel sendiri memiliki kandungan yang sama dengan pisang yang berfungsi menyembuhkan diare.

  • Kentang Tumbuk dan Nasi

    Mengonsumsi kentang tumbuk dan nasi merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati diare secara alami. Hal ini disebabkan kedua makanan tersebut mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan.

  • Kunyit

    Khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh memang sudah di kenal oleh banyak orang, salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yaitu mengobati diare. Untuk mengobati diare dengan menggunakan kunyit yaitu dengan mencampurkan 1 sendok kunyit dengan air hangat, lalu minum secara teratur sampai diare yang di derita sembuh total.

Baca juga:  Cara Mengatasi Diare Ala Rumahan

Itulah bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati diare. Diare seringkali merupakan masalah pencernaan yang sulit dihindari, terutama apabila di sekitar rumah Anda hanya ada sedikit persediaan air bersih. Namun, berupayalah sebisa mungkin untuk menggunakan air bersih ketika memasak.