Cara Mencegah Kanker Adrenal

170
cara mencegah kanker adrenal
Credit: Shutterstock

Diedit:

Hingga saat ini, para ahli kesehatan sudah berhasil menemukan berbagai faktor risiko yang dapat memicu pertumbuhan kanker adrenal. Sayangnya, mereka belum tahu seberapa besar pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap perkembangan kanker ini. Karena itu, sulit untuk mengetahui cara mencegah kanker adrenal.

Mencegah Kanker Adrenal

Akan tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit ini. Sama seperti semua jenis kanker lainnya, kita bisa melakukan pencegahan kanker adrenal dengan mengupayakan gaya hidup sehat. Berikut adalah tips-tips gaya hidup sehat untuk hidup bebas dari kanker.

Jangan Merokok

Menggunakan jenis tembakau apa pun akan membawa Anda ke ancaman kanker. Merokok telah dikaitkan dengan beragam jenis kanker, dan kanker adrenal adalah salah satunya. Mengunyah tembakau juga sama-sama berbahaya. Bahkan jika pun tidak merokok, menghirup asap rokok orang lain juga meningkatkan risiko kanker kita.

Menghindari rokok—atau segera berhenti merokok—adalah salah satu langkah penting dalam cara mencegah kanker adrenal. Ini juga adalah salah satu pilihan terbaik dan tersehat yang bisa kita lakukan.

Pola Makan Sehat

Memilih bahan-bahan makanan yang sehat untuk dimasak sendiri, atau memilih menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang, akan menurunkan risiko kanker kita.

  • Makanlah banyak buah dan sayuran. Perbanyak buah, sayur, dan makanan nabati lain—misalnya serealia utuh dan kacang-kacangan.
  • Jangan sampai kegemukan. Kurangilah makanan-makanan berkalori tinggi, misalnya gula dan lemak dari sumber hewani.
  • Jika minum minuman beralkohol, batasilah. Risiko dari banyak jenis kanker akan meningkat jika kita banyak minum alkohol.
  • Batasi daging olahan. Laporan dari International Agency for Research on Cancer, badan kanker dari WHO, menyimpulkan bahwa mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar dapat sedikit memperbesar risiko jenis-jenis kanker tertentu.
Baca juga:  Pengobatan Kanker Adrenal

Sebagai tambahan, orang-orang yang mengikuti pola diet Mediterania dapat menurunkan risiko kanker mereka. Diet ini berfokus pada mengonsumsi makanan-makanan sumber nabati, misalnya buah dan sayuran, serealia utuh, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Jaga Berat Badan dan Aktif secara Fisik

Menjaga berat badan sehat sangat bermanfaat, termasuk untuk cara mencegah kanker adrenal. Aktivitas fisik juga bermanfaat. Selain untuk menjaga berat badan, aktivitas fisik sendiri mampu mengurangi risiko kanker.

Orang dewasa yang sering beraktivitas fisik memperoleh banyak manfaat kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat paling besar, upayakan untuk melakukan olahraga aerobik minimal 150 menit dalam seminggu, atau 75 menit seminggu untuk olahraga aerobik yang kuat.

Anda juga dianjurkan untuk memadukan olahraga aerobik yang sedang dengan yang kuat. Sebagai tujuan awal, cobalah upayakan aktivitas fisik setidaknya selama 30 menit setiap hari. Jika Anda bisa lebih banyak, maka manfaatnya lebih baik.

Rutin Pemeriksaan Medis

Rutin melakukan pemeriksaan sendiri dan skrining untuk berbagai jenis kanker bisa membantu Anda untuk deteksi dini tanda-tanda pertumbuhan kanker adrenal. Ini adalah salah satu cara mencegah kanker adrenal yang cukup efektif.

Yang paling baik adalah dideteksi sejak awal kemunculan tanda-tandanya, atau lebih baik lagi, pada saat kondisinya masih pra kanker. Pada saat itu, tingkat keberhasilan pengobatan masih sangat besar. Jadi, tanyakanlah kepada dokter mengenai jenis pemeriksaan skrining kanker yang baik untuk Anda.

Bisakah Kanker Adrenal Dideteksi Dini?

Memang sulit untuk mendeteksi kanker adrenal sejak awal, dan mereka biasanya baru terdiagnosis pada waktu ukurannya sudah cukup besar. Tetapi kanker adrenal pada anak-anak lebih mudah untuk dideteksi dini.

Itu karena ciri-ciri kanker adrenal pada anak-anak lebih terlihat dibandingkan pada orang dewasa. Contohnya, anak-anak mungkin menunjukkan tanda-tanda pubertas dini akibat pengaruh hormon-hormon seks yang dibuat oleh sel-sel kanker adrenal.

Tumor-tumor di kelenjar adrenal kadang dapat ditemukan sejak awal kemunculannya secara tidak sengaja. Misalnya sewaktu seseorang melakukan pemeriksaan CT scan di perut untuk keperluan kesehatan lain.

Bagi orang-orang yang sudah merasakan gejala-gejala kanker adrenal, mereka bisa konsultasi dengan dokter untuk merencanakan jadwal pemeriksaan skrining rutin. Skrining dibutuhkan untuk mendeteksi apakah ada tanda-tanda kanker di kelenjar adrenal mereka.

Cara Mencegah Kanker Adrenal dengan Bantuan Herbal

Herbal yang dapat diandalkan untuk membantu meminimalkan risiko kanker adrenal adalah Sarang Semut Papua. Herbal ini mengandung sejumlah antioksidan bermanfaat untuk melawan dampak buruk dari berbagai faktor pemicu kanker di lingkungan kita.

Sarang Semut juga mengandung multi-mineral yang dapat menjaga stamina tubuh secara keseluruhan. Sistem imun tubuh yang kuat akan membantu tubuh terhindari dari berbagai serangan penyakit.

Bahkan dengan beragam kandungan bermanfaat yang dimilikinya, herbal ini pun mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai obat kanker adrenal.

Jadi, meskipun tidak diketahui secara pasti bagaimana cara mencegah kanker adrenal, tetapi Anda tetap bisa mengupayakan gaya hidup sehat untuk membantu mengurangi risikonya. Lakukanlah mulai hari ini. Manfaatnya akan dirasakan untuk waktu yang lama, bahkan sampai di usia tua nanti.

Baca juga:  Kanker Adrenal