Butiran Melayang di Depan Mata, Apakah Berarti Retina Anda Lepas?

861
Google Image

Diedit:

Sewaktu Anda sedang fokus membaca, pernahkah Anda melihat butiran kecil melayang di depan mata Anda? Saat Anda mencoba untuk memperhatikan butiran itu, ia malah bergerak mengikuti arah mata Anda.

Walau Anda sudah mengedipkan mata, butiran tersebut tidak hilang juga. Butiran apakah ini? Butiran ini disebut lalat-lalat terbang (muscae volitantes) yang berada di balik lensa mata tepatnya di dalam cairan vitreus.

  • Bagaimana sampai butiran ini terbentuk?

Pada saat janin berada dalam kandungan, mata berisi jaringan yang berserat. Namun setelah bayi lahir, serat tersebut berubah menjadi cairan vitreus. Cairan vitreus memiliki fungsi untuk menopang sebagian retina.

Serat yang masih tersisa dalam mata membentuk butiran tersebut. Semakin tua usia Anda, semakin Nampak muscae volitantes yang melintasi pandangan mata Anda.

Tapi jangan salah menilai, sewaktu Anda terkena benturan di kepala atau mengalami tekanan pada bola mata, itu bisa jadi sel darah merah yang keluar dari pembuluh darah kecil dan membentuk gumpalan, lalu masuk kedalam cairan vitreus. Ini bukanlah muscae volitantes, melainkan pembuluh darah retina.

  • Mengapa penting bagi Anda untuk mengenal Muscae volitantes?

Apakah butiran tersebut berbahaya? Sebenarnya ini tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus medis hal tersebut juga dapat mengidentifikasi adanya bahaya.

Misalnya, sewaktu Anda mendapati bahwa ada begitu banyak butiran yang timbul pada mata dan tidak biasa, disertai dengan penglihatan yang berkunang-kunang, ini merupakan tanda bahwa retina Anda bisa jadi terlepas.

  • Apa yang menyebabkan terlepasnya retina?

Karena mata Anda sangat elastis, sebuah pukulan dapat melemahkan, merobek, dan melepaskan retina.

Lepasnya retina dapat menyebabkan kebutaan, sebelum hal ini terjadi ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan mata Anda jika penglihatan Anda mulai kabur atau tampak berkunang-kunang. Perlu di ingat jika retina sudah lepas seluruhnya, Anda sudah tidak dapat memperbaikinya.

Hal demikian dapat dicegah dengan menghindari benturan, tidak menonton televisi ataupun menatap layar komputer Anda selama berjam-jam, dan istirahat yang cukup. Mata Anda dapat merasa tertekan saat Anda fokus pada layar komputer dan sinar yang dipancarkan oleh layar komputer dapat melemahkan retina.

Anda juga tidak dianjurkan untuk menggosok mata sewaktu pandangan berkunang-kunang, karena ini dapat memperparah sobekan yang sudah ada. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin A tentu akan membantu menguatkan fungsi retina.

  • Jadi seberapa penting retina bagi kehidupan Anda?

Tentu, ini sangat penting! Tanpanya Anda tak dapat melakukan aktivitas dengan baik. Anda juga tak dapat memanjakan mata dengan melihat pemandangan alam yang memukau.

Anda bahkan tak dapat memillih pakaian yang cocok dengan penampilan Anda. Menjaga mata Anda sama dengan menjaga masa depan Anda! Mulailah dari sekarang!