Berbagai Manfaat dan Khasiat Tanaman Jombang

789

Diedit:

Negeri ini sangat kaya dengan berbagai macam tumbuhan berkhasiat dan karenanya dapat dijadikan sebagai obat. Tanahnya yang subur dan hutannya yang kaya menjadikan Indonesia sebagai daerah tropis yang sarat dengan tetumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk herbal pengobatan berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat sekalipun.

Tanaman Jombang misalnya, yang biasanya banyak tumbuh di daerah lereng pegunungan, lapangan rumput, dan sisi jalanan daerah yang memiliki hawa sejuk.

Tanaman yang memiliki ketinggian antara 10-25 cm ini disinyalir memiliki kandungan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman ini memiliki daun tunggal, ujungnya runcing, pangkalnya menyempit menyerupai tangkai daun, dan juga berbunga tunggal.

Tanaman Jombang ini memiliki rasa yang manis, bersifat dingin dan terasa sedikit ada rasa pahit. Jombang berkhasiat sebagai toksik pada liver dan darah.

Selain itu, banyak yang menyebut bahwa Jombang juga memiliki khasiat antibiotik, menghilangkan bengkak, menghancurkan berbagai sumbatan, anti-radang, peluruh kencing, membersihkan panas dan racun serta dapat meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh.

Sementara akar Jombang banyak digunakan untuk anti-toksik dan dapat membantu kinerja hati dan kandung empedu untuk mengeluarkan zat sisa-sisa metabolisme, dan juga merangsang ginjal untuk mengeluarkan racun. Jombang mengandung banyak zat aktif mulai dari kholine, inulin, pectin, koumestrol, dan juga asparagin.

Sedangkan pada bagian akarnya mengandung taraxicin, tarxasterol, stigmasterol, choline, pectin, inulin, kalsium, glukosa dan juga fruktosa. Pada bagian daunnya mengandung violaxanthine, tanin, kalium, natrium, kalsium, copper, choline, fosfor, silicon dan juga vitamin A, B1, B2, C dan vitamin D. Dan pada bagian bunganya mengandung arnidiol dan flavoxanthin.

Manfaat Tanaman Jombang

Dan berikut merupakan manfaat dari herba Jombang:

  • Infeksi dan batu saluran kencing.
  • Diare dan disentri.
  • Berbagai macam peradangan seperti radang tenggorokan, radang mata merah, radang akut, radang panggul, radang hati, radang empedu, dan juga abses payudara.
  • Sakit maag dan juga tidak nafsu makan.
  • Kurang darah atau anemia.
  • Kencing manis.
  • Pembesaran prostat.
  • Berbagai jenis kanker seperti kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker payudara.
  • Bercak-bercak hitam di muka.
  • Tumor pada sistem pencernaan.

Sedangkan akar tanaman Jombang biasanya digunakan untuk membantu mengatasi infeksi kandung empedu, memperbanyak air susu ibu (ASI), memperlancar buang air besar, penyakit kulit, dan reumatik.

Cara Pemakaian Tanaman Jombang

Untuk memanfaatkan Jombang sebagai obat, caranya cukup mudah. Untuk obat yang diminum, Anda bisa mengambil tanaman Jombang kemudian rebus dan tumbuk sekitar 30 gram herba segar, lalu peras. Untuk mengobati penyakit kanker, tumor, dan beragam penyakit berat lainnya, sebaiknya dosisnya diperbanyak sampai 60 gram.

Untuk penggunaan akarnya, biasanya di beberapa negara, akar Jombang tersebut dikeringkan kemudian digiling sampai halus. Kalau sudah kering, ambillah 1-2 sendok teh kemudian seduhlah dengan air panas. Kalau diperlukan, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis untuk mengubah rasanya menjadi lebih enak dan tidak kesat.

Kalau dimaksudkan untuk pemakaian luar, gilinglah herba segar atau akar sampai halus. Setelah itu, kemudian bubuhkan di tempat yang sakit seperti bisul yang bengkak, payudara yang bengkak atau pada luka bakar atau Anda juga bisa menggunakan daun Jombang yang direbus, kemudian airnya digunakan untuk mandi atau menguapkan wajah.

Cara tersebut sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan memelihara kulit wajah dari timbulnya flek hitam dan jerawat. Dengan beragam khasiat yang dimiliki oleh tanaman Jombang ini, sepatutnya kita sudah bisa memaksimalkan manfaat yang dipunyai oleh tanaman yang satu ini.

Sudah saatnya meminimalkan penggunaan obat-obatan kimia yang justru kalau penggunaannya dalam jangka panjang malah bisa menimbulkan efek samping yang kemungkinan malah memperburuk kesehatan Anda.

Advertisement
Alinesia