Asam Mefenamat: Manfaat, Dosis Aman, dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

812

Diedit:

Asam mefenamat adalah jenis obat untuk anti peradangan non steroid. Fungsinya ialah untuk mengurangi rasa sakit ringan, sakit menengah dan meredakan peradangan atau inflamasi. Sebagai contoh mengatasi rasa nyeri paska operasi, nyeri menstruasi dan artritis. Tak hanya bisa mengatasi kondisi nyeri saat menstruasi saja, tapi juga bisa mengurangi perdarahan parah ketika menstruasi.

Manfaat dari obat ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengatasi permasalahan menstruasi. Obat ini biasanya memang dimanfaatkan dalam menghilangkan derita rasa sakit, seperti bursitis, peradangan di urat daging atau tendon, ketegangan otot atau kram dan sebagainya. Nyeri saat sedang menstruasi juga bisa mengatasinya dengan asam mefenamat. Obat ini akan menghambat aktivitas hormon prostaglandin yang bisa mengakibatkan nyeri dan peradangan di dalam tubuh.

Fungsi obat tersebut yakni menghambat enzim yang menghasilkan prostaglandin. Senyawa prostaglandin bisa terlepas dari tubuh dan mengakibatkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menghambat produksi prostaglandin, maka asam tersebut bisa meredakan inflamasi dan rasa sakit. Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak (minimal 12 tahun) dan orang dewasa.

Aturan Pakai Asam Mefenamat

Bentuknya bisa berupa obat cair untuk dikonsumsi, kapsul, ataupun tablet. Saat ini tersedia asam mefenamat beragam merek dan pemakaiannya harus sesuai resep dokter. Obat ini tidak boleh sembarangan digunakan, karena harus di bawah pengawasan ahli medis. Berbagai kondisi berikut ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menimbulkan efek samping berbahaya.

  • Ibu hamil dan ibu menyusui masih bisa mengonsumsi obat ini, tapi harus sesuai resep dokter.
  • Kalau sedang merencanakan kehamilan, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena bisa mengurangi tingkat kesuburan seseorang.
  • Kalau Anda berusia lebih dari 65 tahun harus mewaspadai penggunaannya.
  • Obat ini harus diminum sesudah makan.
  • Obat ini bisa mengakibatkan rasa kantuk, sehingga tidak disarankan agar tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat setelah meminumnya karena sangat berbahaya.
  • Penderita penyakit tertentu sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini, seperti penderita pofiria, lupus, epilepsi, hipertensi, gangguan penggumpalan darah, penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan hati, anemia, asma, inflamasi usus, tukak lambung dan yang sudah pernah mengalami operasi organ jantung.
  • Kalau mengalami reaksi berupa alergi atau terjadi overdosis harap segera menghubungi dokter.
Baca juga:  Obat Pencahar, Kawan atau Lawan?

Dosis aman asam mefenamat biasanya dengan takaran 500 mg sebanyak 3 kali dalam sehari. Dosis konsumsi obat ini sebenarnya sangat tergantung dari tingkat keparahan dari rasa sakit yang diderita dan juga respon tubuh setelah mengonsumsi obat tersebut. Sebelum mengonsumsi obat ini harus mengikuti saran dosis aman asam mefenamat dari dokter dan memahami semua keterangan di dalam kemasannya.

Obat ini harus digunakan sesuai resep dokter. Jangan melebihi atau mengurangi dosis atau menggunakan lebih lama dari jangka waktu yang sudah diresepkan.

Obat ini sangat disarankan untuk diminum sesudah makan agar mencegah efek samping merugikan. Penderita juga sangat dianjurkan agar mengurangi atau kalau bisa berhenti merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama selama meminum obat ini. Sehingga bisa mencegah risiko dari efek sampingnya berupa perdarahan di lambung.

Kalau untuk menangani rasa nyeri akibat menstruasi, sebaiknya dikonsumsi sejak hari pertama haid atau ketika rasa nyeri akibat haid muncul. Untuk hasil maksimal sangat disarankan untuk meminum obat ini selama 2 hingga 3 hari pertama haid. Obat tersebut memang secara umum hanya bisa dikonsumsi dalam waktu singkat. Kalau membutuhkan konsumsi dalam jangka panjang, sebelumnya harus berkonsultasi dengan dokter.

Untuk memaksimalkan khasiatnya sebaiknya selalu minum obat ini pada jam yang sama setiap harinya. Kalau Anda lupa minum obat ini pada jam yang sama, janganlah menggandakan dosisnya pada konsumsi berikutnya. Anda bisa langsung mengonsumsi obat ini begitu teringat.

Efek Samping Asam Mefenamat

Seperti halnya jenis obat-obatan lainnya, asam mefenamat juga bisa mengakibatkan efek samping tertentu. Sejumlah efek samping asam mefenamat yang biasanya muncul adalah kelelahan, mengantuk, sakit kepala, muntah, mual, tidak nafsu makan, gangguan pencernaan dan nyeri pada ulu hati.

Kalau setelah mengkonsumsi obat ini muncul kondisi serius, seperti muntah darah, tinja terlihat hitam atau bahkan berdarah, diare dan sariawan, segera hentikan konsumsinya dan periksakan diri ke dokter. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Baca juga:  Efek Laksatif pada Tubuh Seseorang

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot memikirkan efek samping asam mefenamat yang ditimbulkan, ada pilihan obat herbal yang memiliki khasiat serupa untuk meredam rasa nyeri, yakni Noni juice. Silakan simak bagian berikutnya dari artikel ini.

Alternatif Herbal untuk Asam Mefenamat

Obat asam mefenamat sifatnya hanya meringankan rasa sakit maupun menghambat sinyal rasa sakit yang dikirim ke otak. Dapat dikatan bahwa sifat ini hanya sanggup meringankan gejala, bukannya menyembuhkan sumber masalahnya.

Berbeda dengan herbal Noni juice yang mampu mengatasi rasa nyeri dengan langsung menyasar pada sumber masalahnya. Pada kasus nyeri akibat menstruasi misalnya, Noni juice memiliki beragam vitamin, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat mengatasi masalah menstruasi.

Noni juga kaya akan vitamin A, B (termasuk vitamin B-12 yang jarang ada), C, E, zat besi, natrium, zink, kalium, dan 17 asam amino lain. Selain itu Noni juice juga mengandung bahan-bahan aktif lain yang saling bekerja sama mengatasi nyeri sampai tuntas, antara lain yakni terpenoid, adaptogen, polisakarida, fungisida, dan xeronin.

Scopoletin dalam Noni juice diketahui efektif meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu menghilangkan rasa sakit atau nyeri di sekitar tubuh yang diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar.

Boleh dibilang Noni juice merupakan suplemen alami yang memiliki kombinasi lengkap untuk membantu menormalkan kembali fungsi-fungsi tubuh Anda. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencobanya selama beberapa waktu untuk merasakan sendiri khasiatnya dalam mengatasi rasa nyeri.

Apabila Anda ingin mendapat informasi lebih lengkap mengenai Noni juice, silakan kunjungi artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Berbagai Penyakit Berat!

Demikianlah ulasan mengenai manfaat, dosis aman, dan efek samping obat asam mefenamat. Meskipun obat ini dapat secara efektif mengurangi rasa nyeri yang dialami, namun ingatlah bahwa obat ini hanya bersifat menekan gejala. Karena itu Anda perlu mencari tahu apa penyebab dari rasa nyeri tersebut dan mengatasi sumber penyebabnya.

Advertisement
Alinesia