Artikel Tentang Kanker: Akurat dan Tepercaya?

246
Artikel Tentang Kanker
Sumber gambar: Shutterstock

Diedit:

Artikel tentang kanker — Dimana Anda dapat memperoleh sumber yang tepercaya? Seberapa akurat informasi yang disediakan secara online? Dapatkah informasi itu membantu Anda?

Berikut merupakan ulasan cara memilih artikel kanker yang akurat dan tepat. Sehingga Anda dapat memperoleh manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Artikel Tentang Kanker — Pilih yang Akurat dan Tepercaya!

Di Indonesia ada banyak sekali pasien penderita kanker, maka tak heran jika banyak yang mencari artikel tentang kanker untuk dapat mengatasi keluhan kesehatan mereka. Tentu saja era modern saat ini mempermudah banyak orang untuk memperoleh akses informasi yang begitu limpah. Sehingga lahirlah banyak situs kesehatan secara online.

Sebagai contoh, Anda mungkin penasaran sehubungan dengan penyakit kanker. Apakah kanker menular? Banyak informasi mitos yang menyebutkan secara umum bahwa kanker menular. Namun, faktanya hal ini bergantung pada jenis kanker yang Anda alami.

Secara umum, kanker tidak menular. Kanker bukanlah penyakit menular yang mudah menyebar antar manusia. Satu-satunya situasi di mana kanker dapat menyebar ialah dalam kasus transplantasi organ atau jaringan.

Seseorang yang menerima organ atau jaringan dari donor dengan riwayat kanker lebih berisiko tinggi terkena kanker terkait transplantasi di masa depan. Namun, risiko itu sangat rendah yaitu hanya sekitar dua kasus kanker per 10.000 transplantasi organ. Dokter sebenarnya  telah menghindari penggunaan jaringan dari donor yang mengidap kanker.

Pada beberapa orang, kanker dapat disebabkan oleh virus tertentu (misalnya, jenis human papillomavirus atau HPV) dan bakteri (seperti Helicobacter pylori). Sementara virus atau bakteri dapat menyebar.

Limpahnya informasi di dunia maya tidak serta-merta melenyapkan kasus kanker di Indonesia. Mengingat Anda juga masih perlu melakukan pemeriksaan dan konsultasi medis dengan dokter. Sehingga penyakit yang Anda alami dapat segera diberantas.

Informasi Tentang Kanker yang Perlu Anda Ketahui!

Apa yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan kanker? Tentu ada banyak sekali pertanyaan yang seringkali membuat Anda tak habis-habisnya menggali informasi tersebut. Mulai dari apa itu kanker? Apa penyebabnya? Apa indikasinya? Hingga pengobatannya.

Apa Itu Kanker?

Pada artikel tentang kanker, Anda akan menemukan definisi kanker. Kanker merupakan pertumbuhan sel tidak normal. Kanker dapat berawal dari semua bagian tubuh Anda. Setiap jenis kanker yang tumbuh memiliki nama sesuai dengan jaringan sel dan organ yang diserangnya. Jika pertama kali terjadi di payudara, maka disebut kanker payudara.

Baca juga:  Apa Manfaat Skrining?

Namun, jika kanker payudara menyerang organ lain seperti paru-paru, maka kanker tidak disebut sebagai kanker paru, melainkan kanker payudara metastasis. Istilah metastasis sendiri merujuk pada jenis kanker yang sudah menyebar atau menyerang organ lainnya.

Apa Penyebab Kanker?

Banyak artikel tentang kanker yang menyebutkan bahwa penyebab kanker belum dapat diketahui secara pasti. Namun saat melakukan pemeriksaan medis pada penderita kanker, ditemukan adanya kaitan antara gaya hidup dan keberadaan kanker dalam tubuh mereka.

Beberapa kebiasaan turut meningkatkan potensi serangan kanker, misalnya; konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker hati. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan potensi serangan kanker paru. Seks oral dapat meningkatkan serangan kanker mulut.

Apa Indikasi Kanker?

Awalnya tak terlihat, namun menimbulkan perasaan tidak nyaman. Setelah bertambah parah barulah benjolan terlihat. Terkadang banyak yang mengabaikan keberadaannya dan menganggap sebagai benjol biasa. Hingga akhirnya bertambah parah.

Beberapa artikel tentang kanker menyebutkan bahwa benjolan kanker sebenarnya tidak sama dengan kondisi bengkak. Kondisi ini serupa seperti tumor, sehingga sulit untuk dibedakan. Namun, tumor cenderung bersifat jinak. Sedangkan kanker sifatnya ganas.

Apa Pengobatan Kanker?

Secara umum pengobatan kanker dapat dilakukan dengan metode pembedahan, terapi radiasi, ataupun kemoterapi. Tiga metode pengobatan ini merupakan tindakan medis yang sering dijalani oleh penderita kanker. Ini bergantung pada stadium kanker yang diderita.

Pada kasus kanker stadium akhir, tindakan pengobatan biasanya bertujuan untuk meningkatkan rasa nyaman penderitanya agar tidak merasakan sakit yang menyiksa. Metode ini disebut pengobatan paliatif yang juga bisa disertai dengan konsumsi herbal.

Ya, banyaknya informasi tentang kanker sering membuat banyak pembaca merasa bingung, manakah artikel tentang kanker yang benar-benar akurat dan tepercaya? Khususnya jika informasi berkaitan dengan metode pengobatan kanker yang baru ditemukan. Bagaimana cara mengetahui informasi kanker yang akurat atau tidak!

Cara Mengetahui Artikel Tentang Kanker Akurat atau Tidak!

Hal ini perlu diwaspadai dan perlu mendapat perhatian lebih, agar Anda dapat menerima manfaat dari artikel yang disajikan. Oleh karena itu, saat mencari informasi yang tepat dan akurat perlu memerhatikan beberapa kondisi dan situasi, misalnya;

Berapa Lama Situs Kanker Telah Berdiri?

Sebuah situs tepercaya seringkali ditandai dengan lama berdirinya, sehingga reputasinya sudah teruji sebagai situs yang menyajikan informasi akurat. Walau bukan dasar yang kuat sebagai patokan tepercaya, setidaknya klasifikasi ini membantu Anda untuk menyaring informasi dari beragam situs baru yang menjamur tanpa asal-usul yang jelas.

Baca juga:  Kombinasi Terapi Alternatif untuk Kanker, Sarang Semut dan Pijat Refleksi

Darimana Sumber Artikel Kanker yang Diposting?

Perhatikan pula kejelasan sumber atau bahan penulisan artikel, misalnya apakah itu didapat dari literatur kesehatan atau dari situs yang tepercaya. Biasanya ini dicantumkan di pojok bawah artikel, sehingga pembaca mengetahui asal muasal bahan artikel tentang kanker yang disajikan. Ini merupakan landasan agar informasi yang dihasilkan bukan hoax.

Bagaimana Keselarasan Isi Artikel Kanker?

Anda juga perlu memastikan bagaimana keselarasan isi artikel tentang kanker dengan informasi yang sudah terbukti, Anda bisa membandingkannya dengan konsultasi medis dengan dokter untuk memastikan keselarasan informasi yang Anda peroleh. Dengan demikian Anda tak perlu merasa khawatir untuk menyimak keseluruhan informasi tersebut.

Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan sewaktu Anda mencari infomasi tentang kanker. Semakin banyak artikel tentang kanker yang Anda peroleh, maka semakin banyak riset yang perlu Anda lakukan untuk memastikan kebenarannya. Saatnya menjadi pembaca yang cerdas dan tak tertipu dengan berita hoax.

Situs Deherba Menyediakan Informasi Kanker Terlengkap

Tak hanya berisi kumpulan artikel tentang kanker yang akurat dan tepercaya. Situs ini juga menyediakan informasi yang lengkap sehubungan dengan penyakit lainnya. Misalnya; hipertensi, diabetes, kolesterol, asam urat, bahkan gangguan seksual pria dan wanita.

Tentu saja beragam informasi ini tersaji dengan bahan yang sederhana dan mudah dimengerti. Sehingga para pembaca dapat merasakan manfaat yang ada dalam situs kesehatan ini. Keberadaan situs ini bahkan telah hadir sebelum menjamurnya situs kesehatan lainnya dan bertahan hingga saat ini dalam menyajikan informasi kanker terkini.

Jika Anda belum terbiasa dengan situs ini, silahkan mengeksplorasi seluruh fitur menarik yang ada dalam situs. Ada begitu banyak artikel terbaru yang disediakan setiap harinya. Bahkan beragam kumpulan resep tradisional dan penggunaannya. Namun, perlu diingat bahwa informasi yang ada dalam artikel bukanlah pengganti petunjuk dokter.

Jika Anda merasakan adanya gangguan atau kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan medis. Sehingga Anda dapat memperoleh bantuan secara cepat dan tepat. Terlebih pada kasus kanker, Anda perlu melakukan beragam pemeriksaan pendukung untuk menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.


Louise Chang, MD. Understanding Cancer – the Basics. January 27, 2018. URL: https://www.webmd.com/cancer/understanding-cancer-basics.


Advertisement
Alinesia