Apakah Ada Cara Agar Endometriosis Bisa Sembuh?

34
Apakah Endometriosis Bisa Sembuh atau Tidak
Credit Photo: Africa Studio / Shutterstock

Ada banyak klaim yang mengatakan bahwa endometriosis bisa hilang dengan operasi, dengan kehamilan, dengan histerektomi, dengan obat, atau dengan mengubah gaya hidup, apakah itu benar? Sebelum percaya dengan klaim-klaim itu, tentu Anda perlu mengetahui fakta yang sebenarnya tentang endometriosis. Apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak?

Dalam artikel ini akan diulas sejumlah fakta yang akan menjawab pertanyaan apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak. Dan apabila memang tidak bisa hilang, apakah ada pengobatan endometriosis yang benar-benar efektif membantu?

Agar semua informasi di artikel ini akurat, kami mengambil sumber dari situs-situs web kesehatan yang dapat dipercaya. Silakan lihat sumber-sumber tersebut pada bagian “sumber referensi” di paling bawah artikel.

Apa Itu Endometriosis?

Hal pertama yang perlu diselidiki untuk menjawab pertanyaan apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak adalah bagaimana bentuk dari penyakit ini.

Endometriosis adalah kelainan yang membuat jaringan mirip lapisan rahim (endometrium) tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan mirip endometrium yang tumbuh di luar rongga rahim itu disebut sebagai “implan endometrial”.

Endometriosis terjadi ketika implan endometrial itu tumbuh di indung telur (ovarium), usus, dan jaringan-jaringan yang melapisi panggul. Kelainan ini jarang timbul di luar daerah panggul, tapi itu bukan tidak mungkin.

Perubahan hormon saat siklus menstruasi memengaruhi implan endometrial itu, membuatnya meradang dan terasa nyeri. Pengaruh hormon juga membuat jaringan itu akan bertumbuh, menebal, dan dihancurkan.

Seiring waktu, jaringan yang telah dihancurkan tidak bisa kemana-mana dan terjebak di panggul. Jaringan yang terjebak di panggul kemudian dapat menyebabkan iritasi, terbentuknya jaringan parut (bekas luka), adhesi (jaringan melekatkan organ-organ di panggul), rasa sakit yang parah selama menstruasi, serta masalah kesuburan.

Setelah mengetahui apa itu endometriosis, Anda juga perlu mengerti apa yang menyebabkan kelainan ini. Dengan begitu Anda bisa memahami apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak.

Apa yang Menyebabkan Endometriosis?

Penyebab pasti dari endometriosis masih belum diketahui. Meski para ahli telah mengemukakan sejumlah dugaan, namun belum ada satupun yang telah dibuktikan secara ilmiah.

Salah satu dugaan terlama yaitu endometriosis disebabkan oleh proses yang disebut menstruasi retrograde. Proses ini terjadi ketika darah menstruasi mengalir balik melalui saluran tuba Fallopi ke rongga panggul, sebaliknya daripada keluar dari tubuh melalui vagina.

Dugaan lainnya yaitu hormon-hormon mengubah sel-sel di luar rahim menjadi mirip dengan sel-sel yang ada di lapisan dalam rahim, yang disebut sel-sel endometrial.

Yang lain meyakini bahwa kelainan ini terjadi jika sebagian area kecil di perut berubah menjadi jaringan endometrium. Ini mungkin karena sel-sel di perut tumbuh dari sel-sel embrionik, yang dapat berubah bentuk dan bertindak seperti sel-sel endometrial. Tidak diketahui mengapa ini terjadi.

Sel-sel yang mirip endometrial ini mungkin ada di dinding panggul dan permukaan organ-organ di panggul, misalnya kandung kemih, ovarium, dan rektum. Mereka terus bertumbuh, menebal, dan diluruhkan selama siklus menstruasi rutin sebagai respons terhadap hormon-hormon Anda.

Darah menstruasi juga mungkin bocor ke dalam rongga panggul melalui bekas luka bedah, seperti setelah persalinan sesar.

Dugaan lain adalah bahwa sel-sel endometrial dibawa keluar dari rahim melalui sistem getah bening (limfatik). Juga ada dugaan lain bahwa itu karena kesalahan sistem kekebalan tubuh yang tidak menghancurkan sel-sel endometrial yang cacat.

Kemudian ada yang menduga bahwa endometriosis sudah mulai ada sejak masa janin, yang kemudian dipicu perkembangannya oleh kadar hormon estrogen saat menginjak usia pubertas.

Masih banyak yang belum dipahami mengenai penyebab kelainan ini. Bisa dimengerti mengapa para ahli juga masih belum menemukan cara yang efektif untuk menghilangkan kelainan ini. Jadi apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak? Bagian berikut akan menjawabnya.

Apakah Endometriosis Bisa Sembuh?

Sayangnya saat ini belum ada pengobatan yang dapat membuat endometriosis benar-benar hilang, apakah itu melalui operasi, konsumsi obat, ataupun perubahan gaya hidup. Jadi apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak? Jawabannya tidak bisa.

Akan tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan gejala-gejalanya. Tersedia pengobatan dan operasi bedah untuk membantu meringankan gejala dan meminimalkan risiko komplikasi.

Dokter mungkin terlebih dulu mencoba pengobatan biasa, lalu menyarankan operasi jika kondisi Anda tidak membaik.

Reaksi setiap orang bisa berbeda-beda terhadap pengobatan. Dokter akan membantu Anda untuk menemukan pengobatan yang paling cocok.

Apakah pengobatan yang cocok bisa membuat endometriosis sembuh atau hilang? Sekali lagi, tidak ada pengobatan yang bisa sepenuhnya menghilangkan kelainan endometriosis. Meski untuk sementara waktu kelainan ini tampaknya hilang, tetapi sewaktu-waktu endometriosis bisa kembali kambuh.

Endometriosis Bisa Sembuh atau Tidak?
Credit Photo: AntonioGuillem / iStock

Obat Pereda Nyeri: Anda bisa meringankan rasa sakit dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik, seperti obat ibuprofen. Tapi ini tidak efektif pada setiap orang.

Terapi Hormon: Terapi hormon kadang dapat meringankan rasa sakit dan menghentikan perkembangan endometriosis. Terapi ini membantu tubuh mengatur perubahan hormon bulanan yang merangsang pertumbuhan jaringan penyebab endometriosis.

Contoh terapi hormon yaitu dengan pil KB, agonis dan antagonis hormon pelepas Gonadotropin (Gn-RH), Medroxyprogesterone, atau Danazol. Pemasangan alat kontrasepsi IUD (disebut KB spiral) juga mungkin disarankan.

Operasi: Operasi bedah untuk menghilangkan area endometriosis mungkin disarankan jika endometriosis tidak bisa diobati dengan terapi hormon dan jika pasien masih ingin hamil.

Tetapi jika kondisi tetap tidak membaik meski sudah diupayakan cara-cara lain, dokter mungkin akan menyarankan pasiennya menjalani operasi histerektomi untuk menghilangkan rahim. Namun pasien tidak akan bisa hamil setelah histerektomi.

Kesimpulan tentang Apakah Endometriosis Bisa Sembuh

Apa itu endometriosis? Endometriosis adalah kelainan yang membuat jaringan mirip endometrium tumbuh di luar rongga rahim, seperti di ovarium, usus, dan jaringan-jaringan yang melapisi panggul. Jaringan itu disebut implan endometrial.

Apa yang menyebabkan endometriosis? Sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Ada beberapa dugaan penyebabnya, salah satu dugaan yang paling umum yaitu menstruasi retrogade. Ini terjadi ketika darah menstruasi mengalir balik melalui saluran tuba Fallopi ke rongga panggul.

Apakah endometriosis bisa sembuh atau hilang? Saat ini tidak ada pengobatan yang dapat benar-benar menghilangkan kelainan endometriosis. Memang pengobatan yang cocok dapat membantu menghilangkan gejala-gejalanya untuk sementara waktu, namun kelainan ini dapat sewaktu-waktu kambuh.

Walaupun endometriosis tidak bisa sembuh, Anda tetap bisa mengupayakan pengobatan untuk meringankan gejala-gejalanya dan mencegah komplikasi. Perubahan gaya hidup, misalnya dengan berolahraga dan mengatur makan, juga dapat membantu mengendalikan endometriosis.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang apakah endometriosis bisa sembuh atau tidak. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan lain seputar problem kesehatan wanita hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. Endometriosis. Reviewed: 2019-03-28. URL: https://www.healthline.com/health/endometriosis

Medical News Today. What to know about endometriosis. Reviewed: 2018-01-04. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/149109