Apa Penyebab Mata Merah?

528

Diedit:

Mata merah (dikenal juga dengan istilah medis konjungtivitis) adalah masalah mata yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini mungkin hanya mempengaruhi satu mata atau bisa keduanya. Disamping mata yang memerah, kemungkinan Anda juga merasa gatal di mata. Apa yang jadi penyebab mata merah?

Pada bola mata terdapat membran transparan yang melapisinya—membran ini disebut konjungtiva. Jika terjadi peradangan atau infeksi pada membran ini, maka pembuluh darah kecil di membran akan menjadi lebih besar sehingga menyebabkan bagian putih mata terlihat berwarna merah muda atau merah darah.

Penyebab mata merah biasanya adalah infeksi bakteri, virus, reaksi alergi, dan pembuluh air mata yang tidak terbuka sempurna (pada bayi). Meskipun kondisi ini kadang sangat mengganggu kenyamanan, namun mata merah biasanya tidak mengganggu penglihatan Anda.

Perbedaan Mata Merah yang disebabkan oleh Virus dengan Bakteri

Penyebab mata merah biasanya dapat ditentukan berdasarkan sekret atau air mata yang terbentuk.

2 Penyebab Utama Mata Merah

Virus—Sekret biasanya cair dan jernih.

Bakteri—Sekret biasanya kental dan berwarna hijau-kuning.

Selain mata yang memerah dan gatal, gejala lain yang mungkin Anda alami adalah mata berair, perasaan seperti berpasir di mata, dan sensitif terhadap cahaya. Jika Anda mengalami nyeri di mata, penglihatan kabur, atau gejala yang semakin memburuk, segeralah periksa ke dokter.

Karena mata merah bisa menular, sebaiknya Anda segera mengobatinya baik dengan obat maupun dengan melakukan langkah pengobatan sendiri di rumah. Penggunaan obat tetes atau salep khusus mata harus sesuai dengan petunjuk dan resep dokter.

Langkah Pengobatan Mata Merah di Rumah

  • Gunakan Kompres Hangat. Rendam kain yang bersih dan halus dalam air hangat lalu peras sampai kering. Letakkan secara perlahan di kelopak mata yang tertutup. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai Anda merasa lebih baik. Jika penyebab mata merah adalah alergi, gunakan kompres dingin dan lakukan cara yang sama dengan kompres hangat.
  • Cegah Penularannya. Untuk mencegah mata merah menular ke mata sebelahnya yang masih normal atau ke mata orang lain, jauhkan tangan Anda dari mata dan selalu cuci tangan sehabis menyentuh area sekitar mata. Gantilah handuk Anda setiap hari dan buang kosmetik mata, khususnya maskara.
  • Hindari Pemakaian Lensa Kontak. Jika Anda menggunakan lensa kontak yang sekali pakai, jangan gunakan lagi pasangan lensa kontak tersebut. Jika Anda memakai lensa kontak yang bukan sekali pakai, sterilkan dengan cermat. Selama mata Anda masih merah dan masih banyak mengeluarkan air mata, pakailah kacamata sebaliknya daripada lensa kontak.
Baca juga:  Solusi Mudah untuk Mata Merah Akibat Alergi

Sebagai intinya, penularan bisa dicegah jika Anda menjaga kebersihan. Jika Anda tinggal serumah atau berada dalam ruangan yang sama dengan seorang penderita mata merah, ada baiknya untuk menjaga jarak dengannya. Dengan begitu, bakteri dan virus penyebab mata merah tidak tersebar luas.

Advertisement
Alinesia