Mata Merah–Gejala, Penyebab dan Tips Pengobatan Alami

180

Diedit:

Mata merah biasanya terjadi dikarenakan pembuluh darah pada mata mengalami iritasi atau membengkak. Mata merah ini mengindikasikan terjadinya masalah di mata Anda, masalah tersebut bisa berupa masalah ringan hingga yang cukup serius.

Untuk masalah mata yang serius akan memerlukan bantuan medis, atau Anda bisa memeriksakan ke dokter spesialis mata. Tetapi Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan mata yang merah, khususnya jika mata merah tersebut tak disertai perubahan kemampuan penglihatan dan tak ada rasa sakit. Mari baca selengkapnya.

Apa Penyebab Mata Merah?

Penyebab mata seseorang bisa merah yang paling umum terjadi adalah disebabkan oleh pembuluh darah permukaan mata yang meradang. Hal tersebut dapat diakibatkan karena iritasi, yang disebabkan oleh:

  • Debu
  • Udara yang kering atau panas
  • Terpapar sinar matahari
  • Batuk
  • Virus dan bakteri
  • Reaksi pada alergi

Selain itu, ada faktor penyebab lain yang cenderung tidak serius namun memberikan tanda bagi Anda. Mata merah bisa disebabkan karena Anda kurang istirahat, namun jika ini yang terjadi, mata merah tak perlu diberikan pengobatan tetapi dapat sembuh dengan sendirinya.

Begitu pula ketika Anda menangis, mata yang merah bukan karena penyakit serius, untuk kategori faktor penyebab yang seperti ini, mata merah tersebut dapat Anda biarkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mata lelah dan menjadi merah itu karena terjadinya perdarahan (Hemorage) subkonjungtival, jadi bercak darah dapat muncul di mata.

Tips Pengobatan Alami untuk

Mengatasi Gangguan Mata Merah

Jika cara pengobatan yang biasanya adalah dengan menggunakan obat tetes mata, khususnya untuk penyebab yang ringan. Namun untuk penyebab lainnya, terkadang diberikan obat tetes mata antibiotik. Tetapi Anda juga bisa menggunakan pengobatan alami seperti contoh di bawah ini:

Kompres air dingin

Untuk meredakan mata merah, Anda dapat menggunakan kompres air dingin. Sementara jika mata merah disebabkan oleh konjungtivitas alergi juga virus, maka kompresnya jangan menggunakan air dingin, melainkan gunakan kompres air hangat – Jangan terlalu panas.

Bawang putih
  • Pertama cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan bebas dari kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas. Keringkan memakai handuk yang bersih dan kering
  • Siapkan bawang putih satu siung, bersihkan, dan potong sisi ujung bawangnya sedikit
  • Selanjutnya gosokan dengan perlahan pada ujung bawang putih yang sudah dipotong tadi – Dipotong sejajar akar bulu mata. Anda jangan menggosokkan pada daerah kelopak atas, namun kelopak mata bawah, sebab jika digosokkan pada kelopak mata atas, bisa-bisa ada bagian bawang yang masuk ke mata dan justru mata merah Anda akan bertambah parah bukannya sembuh
  • Tunggu beberapa waktu sampai rasa geli, perih, terkadang gatal muncul dan kepala serasa bergoyang. Tahan perasaan tersebut – Jangan langsung Anda cuci
  • Ulangi beberapa kali
  • Pengobatan tradisional alami ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur

Jika mengalami mata merah, itu merupakan tanda bahwa ada yang tak beres dengan mata Anda, Anda harus segera mencari penyebabnya dan disembuhkan sesegera mungkin sebelum terjadi komplikasi.

Baca juga:  Apa Penyebab Mata Merah?

Pengobatan alami bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan mata merah, bahkan bahannya juga mudah diperoleh dan harganya pun juga murah. Sekian artikel tentang mata merah–gejala, penyebab dan tips pengobatan alami. Semoga bermanfaat.