Apa Manfaat Air Bagi Kesehatan Anda?


By Fery Irawan

Tahukah Anda bahwa tubuh manusia banyak mengandung air dengan persentase sebesar 55% hingga 78% bergantung pada berat tubuh orang tersebut. Maka dari itu air merupakan elemen paling penting dan berharga nomor 2 setelah oksigen. Menurut beragam penelitian, memperlihatkan bahwa Anda bisa saja bertahan hidup selama beberapa minggu tanpa makanan. Namun, Anda hanya dapat bertahan hidup selama 5 hari tanpa air.

Air Dalam Tubuh Anda!

Seperti persentase yang telah disebutkan bahwa sekitar ¾ berat tubuh Anda terdiri dari air. Bila dipecah beberapa bagian dari tubuh juga mengandung banyak air, seperti otak yang 85% mengandung air dan juga otot sebesar 70%. Lalu, apa fungsi air dalam tubuh Anda?

Tanpa Anda sadari, air membantu Anda dalam menjalankan aktifitas organ tubuh, misalnya dalam hal mencerna dan menyerap makanan, ataupun membawa nutrisi menuju antar sel lainnya. Selain itu, air dapat membantu Anda dalam menyingkirkan racun, melumasi persendian dan usus besar, bahkan berperan serta dalam mengatur suhu tubuh. Ajaibnya Air dapat digunakan sebagai salah satu metode diet, mau tahu bagaimana cara kerjanya?

Air Sebagai Alternatif Diet?

Sebelumnya ada beberapa alasan mengapa air dapat digunakan sebagai alternatif diet, seperti: air tidak memiliki kalori, lemak, kolesterol, dan rendah kandungan natrium. Selain itu air dapat mengurangi selera makan dan membantu tubuh dalam menguraikan lemak yang tertimbun.

Apa hubungannya air dengan kegemukan? Untuk dapat memahami keterkaitannya Anda perlu mengetahui cara kerja tubuh Anda terlebih dahulu. Misalnya saat ginjal kekurangan asupan air, ginjal tuidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga liver harus mendapatkan pekerjaan tambahan yang seharusnya dilakukan ginjal. Akibatnya liver tidak dapat menguraikan lemak dengan optimal dan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh.

Seberapa besar upaya diet yang Anda lakukan dan seberapa keras Anda berolahraga tentu tidak akan bermanfaat, jika tidak dibantu dengan konsumsi air yang memadai, guna menguraikan lemak dalam tubuh—konsep ini sesuai dengan komentar dr. Donald Robertson dari Pusat Nutrisi Bariatrik Barat Daya di Scottsdale, Arizona, AS.

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Bayangkan, setiap harinya ada kira-kira 2 liter air yang terbuang lewat kulit, paru-paru, usus, maupun ginjal. Selain itu ada ½ liter air yang keluar lewat hembusan napas tanpa Anda sadari. Maka dari itu, seringkali Anda dianjurkan untuk mengonsumsi jumlah minimum air sebanyak 3 liter setiap hari agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan).

Apakah minuman pengganti air dapat benar-benar menggantikan kebutuhan Anda akan air murni? Ingatlah beberapa minuman seperti jus memang mengandung nutrsi yang diperlukan tubuh, namun tetap saja mengandung kalori.

Begitupula dengan asupan minuman yang mengandung gula, kafein, maupun alkohol. Ingatlah bahwa tidak ada yang dapat menggantikan air murni yang dibutuhkan tubuh! Sudahkah Anda mengetahui alasan mengapa air bermanfaat bagi kesehatan Anda?

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}