Apa Itu Kanker Mulut?

413

Diedit:

Ketahuilah bahwa kanker mulut sama dengan kanker rongga mulut dan tahukah Anda berapa banyak peningkatan kasus penyakit ini? Ternyata ada peningkatan sebesar 5,6% kanker mulut dari total seluruh jenis kanker. Peningkatan ini semakin bertambah saja. Lalu, berapa banyak orang yang berhasil hidup dengan kondisi ini?

Setelah menjalani pengobatan ada sekitar 60% pengidap kanker mulut yang masih bertahan. Lalu mengapa peningkatan jumlah kanker mulut semakin bertambah? Tentu, ini karena tak banyak informasi yang di dapat mereka terkait kasus kanker mulut.

Meningkatnya jumlah penyakit kanker mulut paling banyak terjadi di India dan sangat disayangkan karena hampir seluruh pasien yang didiagnosis kanker mulut seringkali sudah mencapai stadium lanjut. Hal lain dikarenakan pola pikir masyarakat yang suka menunda karena merasa bahwa ini bukanlah penyakit yang serius.

Namun, tak hanya itu alasan seseorang menunda pengobatan untuk kanker mulut, tak sedikit yang menunda pengobatan karena minim-nya dana kesehatan yang mereka miliki. Ingatlah menunda pengobatan hingga Anda menderita bukanlah pilihan yang bijak.

Lalu, apa sebenarnya kanker mulut ini? Perlu Anda ketahui – kanker mulut adalah timbulnya sel tidak normal yang membentuk benjolan dan membesar dengan tidak terkendali pada area sekitar mulut. Di dalam mulut terdapat banyak sekali jaringan sel yang berukuran kecil, kanker mulut mencakup; bibir, rahang atas dan bawah, gigi serta dasar mulut. Bila disimpulkan kanker mulut biasanya mulai dari bibir lalu masuk kedalam hingga bagian terdepan dari amandel. Ini termasuk bagian bawah lidah yang mengandung kelenjar penghasil air liur, serta trigonom retromolar.

Mengapa Anda perlu waspada terhadap kanker mulut? Tentu, Anda tak ingin kehilangan beragam fungsi yang dapat dilakukan oleh mulut Anda bukan? Apa saja fungsi mulut? Memang kemampuan berbicara, menelan, mengunyah makanan adalah hal penting bagi kehidupan Anda.

Baca juga:  Sarang Semut Papua Tumpas Kanker!

Namun, hal sepele seperti menampung air liur agar tidak menetes keluar dan menjaga makanan agar tidak berhamburan saat makan juga tak kalah penting. Didalam mulut merupakan tempat produksi beragam jenis enzim yang bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda, tanpanya Anda akan kesulitan.

Kanker mulut biasanya berawal dari bagian lidah atau dasar mulut, pada kasus yang parah sel kanker akan menyebar dan memasuki kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan sistem yang mengangkut cairan getah bening, hasil produksi dari plasma darah dengan demikian ini merupakan jalur transportasi nomor 2 setelah pembuluh darah.

Apabila kanker sudah memasuki kelenjar getah bening, waspadalah – kemungkinan kanker telah menyebar kebagian tubuh Anda yang lainnya. Maka dari itu, sama seperti jenis kanker apapun – penanganan harus dilakukan secepatnya. Apapun metode pengobatan yang Anda pilih, sebaiknya ketahui apa manfaat dan kerugian dari perawatan tersebut!

Untuk membaca informasi mengenai pilihan obat kanker yang efektif untuk mengatasi dan menghambat perkembangan sel-sel kanker, silakan lihat di artikel: Obat Kanker Mulut.

Advertisement
Alinesia