Apa Itu Kanker Lambung?


By Fery Irawan

Kanker Lambung merupakan jenis kanker nomor 2 yang paling banyak menimpa pria dan wanita di seluruh dunia. Kanker lambung lebih sering terjadi di Asia Timur, seperti singapura. Di negara itu, kanker lambung menempati urutan ke-6 dalam kategori penyakit yang memautkan bagi pria.

Bagi wanita jenis kanker ini hanya menempati urutan ke-8 dari penyakit maut yang ada. Menurut keterangan yang dilaporkan sebuah situs Parkway Cancer Centre didapati hampir 300 warga Singapura yang telah mengalami kematian karena penyakit ini. Ya, Anda perlu berhati-hati!

Di Indonesia tak sedikit orang yang mengalami kanker lambung, pola makan yang buruk termasuk; jenis makanan serta waktu makan sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Sebuah situs lainnya, seperti; Men’s Health Indonesia memuat komentar seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, bernama dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD., K-GEH, MMB.

Ia mengatakan bahwa ‘rata-rata pasien kanker lambung yang datang sudah mencapai stadium lanjut’. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi, mari kita selidiki beberapa hal yang mengarah pada kanker lambung.

Kanker lambung ialah salah satu jenis kanker yang menyerang lambung. Kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali. Sel kanker akan terus menggandakan diri tanpa mengalami proses kematian, mereka hidup dengan mengambil cadangan makanan dan nutrisi dari organ yang diserangnyadalam kasus kanker lambung, organ lambung Anda yang diserang.

Semakin lama, sel kanker akan mencoba untuk menyebar melalui sistem peredaran darah ataupun sistem limfatik. Hal ini hanya terjadi pada kanker lambung stadium 3 atau 4, mengerikan ya!

Tapi hal ini sebenarnya tidak perlu Anda alami jika makanan yang dikonsumsi sehat, porsinya pas, juga di waktu yang tepat. Kanker lambung seringkali berawal dari luka yang ada pada lambung, luka tersebut semakin parah apabila tidak diobati.

Kemudian konsumsi makanan yang buruk dan kaya akan zat kimia mulai masuk dan memicu terciptanya sel kanker. Bermula dari peradangan lambung dan berakhir pada kanker lambung, demikianlah kehidupan seseorang yang tidak menjaga sistem pencernaannya. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda adalah salah satu orang yang termasuk?

Semoga saja Anda tidak termasuk 6% dari penduduk Indonesia yang mengidap kanker lambung. Untuk menghindari terjadinya kanker lambung, konsumsi makanan yang sehat saja tidak cukup, beberapa faktor dan kebiasaan lainnya perlu di hindari. Misalnya kebiasaan merokok yang hampir menyebabkan segala macam jenis penyakit yang membawa maut.

Ya, cukup mengherankan memangsewaktu Anda melihat perokok yang aktif di usia lebih dari 90 tahun. Banyak orang mengira bahwa rokok bukanlah penyebab penyakit berat atau kematian. Semoga Anda tidak berpikir demikian, mengingat cara tubuh manusia dalam menghadapi racun tidak selalu sama, begitu pula dengan Anda!

Bila Anda mencari informasi seputar obat kanker herbal yang dapat secara efektif mengatasi dan menghambat perkembangan sel-sel kanker lambung, silakan kunjungi halaman artikel berikut: Obat Kanker Lambung.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}