Share:

Tentu tidak mudah menghadapi kehidupan dengan kanker indung telur di dalam tubuh Anda. Seraya penyakit tersebut menyerang Anda, ia perlahan-lahan merampas kebahagiaan Anda. Kanker indung telur seringkali membuat wanita merasa kecil hati, adapula yang merasa bahwa mereka telah kehilangan kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan pasangan mereka, tak sedikit juga yang merasa pedih karena takut memiliki anak dengan kanker indung telur didalam tubuhnya. Semua perasaan ini bukanlah hal yang berlebihan, apakah Anda juga merasakan hal yang serupa?

Apa sebenarnya kanker indung telur ini? Kanker indung telur merupakan kanker yang menyerang organ kewanitaan, yaitu indung telur – tempat dihasilkan sel telur, salah satu cikal bakal janin yang akan Anda kandung apabila telah bergabung dengan sel sperma.

Kanker indung telur termasuk dalam kategori langka, karena hanya 3% wanita dari seluruh dunia yang mngidap penyakit ini. Karena langka, penyakit ini juga memiliki risiko kematian yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis kanker yang menyerang organ kewanitaan Anda. Itulah alasan mengapa ini berbahaya!

Karena lokasi kanker berada pada indung telur, jenis kanker ini merupakan salah satu penyakit yang hanya dimiliki wanita. Selain sebagai sumber produksi sel telur, indung telur juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sumber pembentukan hormon esterogen dan progesteron, keduanya adalah hormon wanita yang berperan penting bagi pertumbuhan dan penyeimbang kehidupan setiap wanita.

Indung telur berada di kedua sisi uterus, tepatnya pada area sekitar panggul. Maka, jika Anda merasakan adanya keanehan pada area sekitar panggul, segera konsultasikan dengan ahli medis.

Kanker indung telur terdiri dari beberapa jenis berdasarkan lokasi sel yang diserang kanker, ini merupakan penjabaran lebih rinci dari kanker indung telur. Setidaknya kanker indung telur dibagi dalam 3 jenis, setiap jenis tentu membentuk kanker yang berbeda-beda, seperti; sel kanker yang berada di permukaan luar indung telur atau disebut juga dengan tumor epitel.

Baca juga  7 Tanda-Tanda Kanker Indung Telur Stadium Awal

Pada kasus ini sel kanker bisa dibilang menutupi hampir seluruh permukaan bagian luar dari indung telur. Adapula jenis kanker indung telur yang berasal dari sel yang menghasilkan sel telur, contohnya; tumor sel germinal.

Selain kedua kanker tersebut, satu lagi jenis kanker indung telur ialah tumor stoma. Kanker ini berada pada jaringan sel yang tersusun dan berfungsi sebagai penopang posisi indung telur serta penghasil hormon kewanitaan, yaitu; estrogen juga progesteron. Sekalipun tampaknya mengerikan, beberapa jenis kanker ini jarang sekali menyebar keluar dari indung telur, sehingga masih tergolong jinak.

Pengobatan untuk kanker jinak biasanya hanya mengambil area yang terkena kanker saja, sehingga tidak membutuhkan proses pengangkatan indung telur. Kecuali kanker yang sifatnya ganas atau sudah menyebar keberbagai area, metode perawatan juga lebih rumit, mencakup; kemoterapi dan radiasi.

Untuk mengetahui pilihan obat kanker yang dapat secara efektif mengatasi dan menghambat perkembangan sel-sel kanker indung telur, silakan lihat artikel berikut: Obat Kanker Indung Telur.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.