Apa Itu Kanker Hati?

500

Diedit:

Tahukah Anda bahwa tak semua kanker yang terdapat pada hati dapat disebut sebagai kanker hati? Sebelum membahas lebih jauh mengenai kanker hati, Anda perlu paham seberapa penting organ hati atau liver yang ada dalam tubuh Anda.

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang cukup kompleks. Hati memiliki lebih dari 500 fungsi untuk dapat membuat tubuh Anda berfungsi sebagaimana mestinya, sebagai contoh ialah mencerna protein ataupun lemak, lalu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh, serta membantu mengendalikan proses pembekuan darah.

Ketahuilah bahwa hanya kanker yang berawal di sel-sel hati-lah yang dapat disebut kanker hati. Kanker hati berawal dari pertumbuhan sel-sel kanker yang tidak normal tepat di dalam hati. Jenis kanker hati yang umum adalah karsinoma hepatoseluler, berawal di sel hati hepatosit.

Sekalipun sel-sel hati jenis lainnya juga bisa berkembang menjadi sel kanker, hal demikian jarang sekali terjadi. Pada tahun 2014 di Amerika Serikat, terdapat persentase kasus baru kanker hati sebesar 33.190 dan angka kematian mencapai 23.000. Fakta tersebut memperlihatkan betapa seriusnya kanker.

Selain itu, karena hati sangat penting bagi proses penyaringan darah, hal ini memungkinkan percepatan metastasis atau peyebaran kanker ke jaringan tubuh lainnya. Sel yang terdapat dalam hati memiliki beragam jenis jaringan yang berbeda. Sehingga setiap jenis kanker yang menyerang pada sel tertentu juga memiliki nama yang berbeda. Beberapa jenis kanker hati yang memiliki sifat jinak disebut juga benign non-cancerous, sedangkan yang ganas cenderung menyebar (metastasis). Karena perbedaan jenis, maka penyebab dan perawatan kanker hati juga turut berbeda.

Beberapa jenis tumor jinak terdiri dari hemangioma, adenoma hati, focal nodular hyperplasia, lipoma, fibroma, kista, dan leiomyoma. Tumor atau kanker hati yang disebutkan tersebut tidak membutuhkan pembedahan, kecuali hal ini menyebabkan sakit atau terjadinya perdarahan.

Baca juga:  Penyakit Kanker Hati Menular, Mungkinkah?

Sedangkan jenis yang lebih serius dan memerlukan perawatan intensif adalah karsinoma hepatoseluler dan intrahepatic cholangiocarcinoma. Karsinoma hepatoseluler berawal dari munculnya sel abnormal pada jenis utama sel hati yang disebut dengan hepatosit. Beberapa jenis kanker hati lainnya adalah angiosarcoma, hemangiosarcoma, dan hepatobalstoma. Kanker hati juga lebih besar kemungkinan pada pria

Bayangkan, rata-rata pasien yang ikut mengalami kanker hati, ialah sebesar 95% bagi mereka yang berusia diatas 45 tahun. 3% lainnya menimpa mereka yang berada direntang usia antara 45 tahun dan 2% lainnya menimpa mereka yang berusia dibawah 35 tahun.

Karena kasus kanker kian meningkat, Anda tetap perlu waspada! Di seluruh dunia ada laporan medis yang menyebutkan 700.000 orang mengalami kanker hati setiap tahunnya. Sedangkan 600.000 orang lainnya. Kanker hati biasanya terjadi di negara sub sahara- Afrika dan Asia Tenggara. Kenalilah sebelum terlambat!

Bila Anda mencari informasi seputar obat kanker herbal yang dapat secara efektif mengatasi serta menghambat perkembangan sel-sel kanker hati, silakan kunjungi halaman artikel berikut: Obat Kanker Hati.