Aneka Manfaat dari Berjalan Kaki


By Fery Irawan

Sebenarnya kalau konsisten dilakukan, melakukan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang mengancam tubuh sangat mudah dilakukan.

Modalnya ialah kemauan dan konsistensi yang tinggi. Anda cukup dengan menjaga pola makan, rajin berolahraga, beristirahat yang cukup, dan berpikir positif.

Khususnya tentang rajin berolahraga, hanya dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit sampai 1 jam setiap harinya akan sangat berdampak terhadap kesehatan Anda.

Berjalan kaki kelihatannya memang sederhana dan mudah dilakukan. Namun, banyak orang yang tak mengira bahwa aktifitas wajar dan sederhana itu jika dilakukan secara rutin akan memberikan dampak positif terhadap kualitas kesehatan. Anda tak percaya? Berikut merupakan beberapa manfaat yang diperoleh dengan rutin melakukan jalan kaki.

Mampu Meningkatkan Semangat

Dalam sebuah studi yang dimuat di jurnal Annals of Behavioral Medicine, ditemukan bahwa siswa yang berjalan secara teratur ternyata memiliki tingkat stres yang cenderung lebih rendah dibandingkan orang yang jarang berjalan kaki atau berolahraga.

Selain itu, berjalan kaki ternyata dapat membantu memasukkan oksigen ke dalam tubuh secara berlebih dan memfasilitasi pelepasan endorfin serta mendapatkan hormon baik.

Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Aktifitas berjalan kaki secara rutin bisa membantu meningkatkan sirkulasi di dalam darah serta dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

Mempertahankan Tingkat Gula Darah

Dengan berjalan kaki selama 45 menit dalam sehari maka dapat membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya. Berjalan kaki selama 10 sampai 15 menit bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Begitu juga dengan berjalan kaki selama 30 menit yang bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah. Aktifitas berjalan kaki juga ternyata tak hanya bermanfaat bagi para penderita diabetes saja, namun bagi mereka yang rentan sekali terkena diabetes seperti orang yang mengalami obesitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh Rusia menemukan bahwa berjalan kaki minimal 30 menit bisa mengurangi resiko diabetes bagi orang-orang yang rentan terkena penyakit gula darah.

Mencegah Disfungsi Seksual

Berdasarkan penelitian yang dimuat Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa berjalan cepat sejauh minimal 3,2 kilometer setiap hari bisa mengurangi impotensi pada pria. Hal tersebut tentunya sangat membahagiakan bagi kalangan pria.

Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Berjalan kaki juga sangat membantu untuk mengurangi resiko berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker usus besar dan kanker payudara. Dalam sebuah makalah yang disajikan dalam sebuah pertemuan tahunan American Association for Cancer Research di Orlando, AS, ditemukan bahwa berjalan bisa meningkatkan kelangsungan hidup para penderita kanker payudara.

Memperpanjang Umur

Ada klaim yang menyatakan bahwa berjalan kaki bisa memperpanjang usia Anda. Percaya atau tidak, namun ada sebuah penelitian jantung di Honolulu, AS, yang melibatkan 8000 pria. Ditemukan bahwa dengan hanya berjalan minimal dua mil saja per hari maka bisa bermanfaat mengurangi kematian sampai 50%.

Demikian juga, resiko kematian akibat kanker bahkan ditemukan lebih rendah. Tak hanya itu, ada beberapa studi lainnya yang juga menyatakan hasil yang sama bahwa berjalan kaki bisa mengurangi resiko kematian karena berbagai penyakit.

Kalau sudah demikian, mau tak mau mulai saat ini Anda harus mulai menjadwalkan untuk berjalan setiap hari. Berjalan kaki tak memerlukan biaya mahal bahkan gratis namun manfaat jangka panjangnya sangat besar sekali.

Makanya, yang menjadi kuncinya ialah kemauan dan konsistensi Anda apakah berkeinginan untuk menjalankan pola hidup sehat, termasuk berjalan kaki didalamnya atau tidak, untuk mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}