Anda Banyak Duduk? Waspada Penyakit Menumpuk!

521
Shutterstock

Diedit:

Berhati-hatilah jika Anda termasuk orang yang banyak duduk dalam kesehariannya, baik itu karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda berada di depan layar komputer/laptop, kebiasaan menonton televisi, dan lainnya. Ternyata, cara duduk dan berapa lama Anda duduk dapat menimbulkan sejumlah penyakit yang tidak terduga.

Banyak orang yang tidak menyadari bahaya tersebut karena kurangnya informasi tentang bahaya kebiasaan duduk lama yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun.

Memang tidak mudah mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun bahkan belasan tahun. Kebiasaan duduk yang lama dengan posisi yang salah pula sulit untuk diubah jika tidak dibarengi dengan kemauan yang kuat.

Banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa duduk dalam waktu yang lama dengan posisi yang tidak benar, seperti membengkok ke kiri atau ke kanan, berpotensi menyebabkan berbagai jenis gangguan tulang belakang.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa posisi duduk dan cara duduk seseorang sangat berpengaruh terhadap status kesehatan Anda di masa depan, bahkan berkaitan erat dengan angka harapan hidup.

Kebiasaan duduk selama 8-10 jam seperti yang sekarang ini terjadi di kalangan para pekerja kantoran akan membuat masa depan kesehatan mereka banyak terganggu. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa lamanya seseorang duduk berkaitan erat dengan sejumlah penyakit berbahaya.

Jika masih kurang percaya, Anda bisa menyimak hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Universitas Leicester di Inggris yang kemudian dimuat pada jurnal Diabetologia.

Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan resiko sejumlah penyakit berat, seperti jantung, diabetes, bahkan sampai kematian dini.

Resiko orang yang sering duduk dalam jangka waktu lama untuk menderita berbagai penyakit, bahkan kematian, lebih besar dua kali lipat dibandingkan orang yang jarang duduk dalam waktu lama.

Baca juga:  Pengobatan Herbal untuk Penyakit Jantung

Penyakit jantung dan diabetes berpeluang diderita oleh orang yang sering duduk di atas 8 jam setiap harinya. Bahkan, sekalipun Anda membiasakan diri dengan aktif berolahraga selama minimal 30 menit tiap hari, kemudian masih duduk selama berjam-jam dalam tiap harinya, resiko terjangkit penyakit-penyakit tersebut tetap tinggi.

Bahkan yang lebih mengerikan lagi ialah hasil penelitian yang dirilis oleh jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa orang yang memiliki kebiasaan duduk selama 23 jam dalam seminggu, baik itu berada di belakang atau di balik meja kerja, dapat menjadi alasan kuat seseorang terkena penyakit jantung.

Secara gamblang, hasil penelitian itu menyebutkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan duduk lama (lebih dari 23 jam seminggu) memiliki resiko kematian 63% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 11 jam per minggunya.

Penelitian penting tersebut dilakukan pada sekitar 17.000 orang di Kanada. Dan sebaiknya, Anda mulai menimbang dan mengevaluasi kebiasaan duduk yang selama ini dilakukan.

Beberapa hal berikut patut dilakukan untuk menyiasati supaya Anda bisa meminimalisir waktu duduk sekalipun tugas utama Anda mengharuskan Anda bekerja di depan komputer, dan lainnya.

  • Anda bisa membiasakan menelepon tidak sambil duduk, melainkan sambil berdiri atau berjalan di sekeliling meja kerja atau ruangan kerja.
  • Usahakan untuk menempatkan telepon di meja yang terpisah sehingga ketika berdering mau tak mau Anda harus menjangkaunya. Dan karenanya, berarti Anda meminimalisir waktu duduk.
  • Ketika Anda membutuhkan suatu hal dari teman kerja, usahakan untuk datang ke meja mereka.
  • Memindahkan tempat makanan kecil atau minum ke meja yang terpisah sehingga ketika Anda berkeinginan untuk menyantapnya, bisa melangkahkan kaki terlebih dahulu. Andapun bisa mengurangi waktu duduk.
  • Menerima tamu di meja tamu yang biasanya diletakkan di depan meja kerja, supaya Anda bisa melangkahkan kaki ke meja tamu tersebut. Jangan sungkan juga untuk membukakan pintu untuk tamu.
Baca juga:  11 Makanan yang Sehat untuk Jantung Anda

Itulah beberapa kiat yang bisa dicoba untuk meminimalisir waktu duduk Anda sehingga anda bisa mengurangi jam duduk supaya tidak terlalu lama.

Kiat yang sederhana, namun dapat berperan besar dalam mengurangi jam duduk Anda di kursi kesayangan yang jika tidak disiasati maka akan menimbulkan momok bagi kesehatan Anda sendiri.

Advertisement
Alinesia