Allopurinol: Manfaat, Dosis Aman, dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

1390

Diedit:

Allopurinol adalah obat yang dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, sehingga bisa dibilang ini termasuk obat asam urat. Kadar asam urat yang berlebihan dapat memicu penyakit encok (lebih dikenal dengan nama penyakit asam urat) atau menumpuk menjadi batu ginjal.

Selain itu, obat allopurinol dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal, dan untuk mengurangi kadar asam urat pada pasien yang sedang dalam pengobatan kanker. Obat ini biasanya dalam bentuk tablet serta bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak dengan dosis berbeda.

Aturan Pakai Allopurinol

Konsumsi obat allopurinol wajib menggunakan resep dokter karena disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien yang akan mengonsumsinya. Sementara itu, bagi wanita yang merencanakan kehamilan, sedang hamil atau menyusui, dosis Allopurinol wajib dikonsultasikan dulu sesuai anjuran dokter. Kaitannya pada kesehatan janin atau bayi yang sedang disusui yang efeknya bisa membahayakan kedua pihak.

Peringatan lainnya untuk aturan pakai dan dosis aman allopurinol juga wajib ditanyakan pada dokter khususnya bagi anak-anak. Para penderita yang punya gangguan hati dan ginjal wajib mewaspadai konsumsi obat ini karena dikhawatirkan bisa menimbulkan dampak lebih parah. Kalau timbul alergi atau gejala overdosis, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan.

Untuk dosis aman allopurinol biasanya diberikan takaran 100 sampai 600 mg setiap harinya. Takaran tersebut diberikan kepada orang dewasa yang sebelumnya dilakukan pengecekan kondisi tubuh, level penyakit, serta kemungkinan jika terjadi reaksi tubuh selama konsumsi obat. Bagi anak-anak, dosisnya disesuaikan pada bobot badan dan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Obat ini hanya boleh digunakan sesuai petunjuk dokter. Jangan mengurangi atau melebihi dosis atau menggunakan lebih lama dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

Aturan konsumsi obat ini sudah dicantumkan dalam kemasan. Keterangannya adalah konsumsi setelah makan dan harus minum air seusai menelan tablet allopurinol. Selama mengonsumsi obat ini harus ada selisih waktu yang cukup untuk pemakaian dosis yang dianjurkan. Jadwal atau waktu konsumsi obat ini pun haruslah sama setiap harinya. Jika pasien lupa meminum dosis yang dianjurkan, segeralah untuk meminumnya. Tetapi tidak boleh menambahkan dosis dengan tujuan mengganti waktu konsumsi obat yang terlupakan/terlewatkan.

Lamanya masa pengobatan cukup panjang. Yaitu sekitar 2 sampai 3 bulan tergantung dari anjuran resep dokter. Di samping konsumsi obat ini secara rutin, pasien wajib menerapkan gaya hidup sehat mulai dari makanan dan minuman dengan kadar gula yang ditekan serendah mungkin, serta tak mengonsumsi alkohol.

Bobot badan pun wajib dikontrol supaya proses penyembuhan lebih lancar. Selama konsumsi obat ini jika terjadi keluhan harap segera diinformasikan kepada dokter yang memberikan resep. Pasalnya, ada sejumlah efek samping allopurinol yang bisa jadi sangat menganggu kenyamanan pasien.

Efek Samping Allopurionol

Pemakaian Allopurinol sebagai obat untuk asam urat menimbulkan sejumlah efek samping, wajar sebagaimana obat medis pada umumnya. Namun efek samping ini kadang jarang muncul dan pada beberapa kasus malah tidak timbul.

Efek samping allopurinol yang tergolong serius dan perlu segera ditangani oleh dokter antara lain:

  • Demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala disertai melepuh, mengelupas, dan kemerahan pada kulit
  • Tanda-tanda awal adanya ruam kulit, tidak soal seberapa ringan itu
  • Nyeri atau perdarahan ketika buang air kecil
  • Mual, sakit perut bagian atas, gatal, kehilangan selera makan, penurunan berat badan, urin berwarna gelap, BAB berwarna seperti tanah liat, serta mata atau kulit menguning
  • Buang air kecil jadi lebih jarang atau bahkan tidak sama sekali
  • Nyeri persendian, gejala flu
  • Kesemutan, mati rasa, nyeri, kelemahan otot yang parah
  • Mudah memar, perdarahan yang tidak biasa (dari hidung, mulut, vagina, atau dubur)

Sedangkan efek samping ellopurinol yang tergolong ringan dan tidak terlalu membutuhkan bantuan medis antara lain:

  • Muntah, diare
  • Mengantuk, sakit kepala
  • Perubahan pada indera perasa
  • Nyeri otot

Cari pertolongan medis apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi terhadap allopurionol: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, atau tenggorokan.

Alternatif Herbal untuk Allopurinol

Kekhawatiran dari efek samping obat medis untuk asam urat sangatlah wajar dan bisa dipahami. Reaksi dari tubuh pasien bisa menimbulkan berbagai gejala yang sangat menganggu dan menimbulkan rasa tak kenyamanan serta berdampak pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, para pakar kesehatan mengembangkan sejumlah teknologi pengobatan dari bahan-bahan alami yang tak menimbulkan efek samping merugikan bagi pasien. Produk yang dianjurkan untuk menyembuhkan asam urat secara alami ini adalah Noni Juice.

Noni Juice merupakan alternatif herbal yang sangat dianjurkan untuk para penderita asam urat. Pertimbangannya ialah faktor keamanan alias tidak ada efek samping membahayakan bagi orang yang mengonsumsi ramuan herbal ini. Dan banyak pakar kesehatan yang mengakui sendiri keunggulan dari ramuan herbal ini sebagai solusi alternatif untuk asam urat.

Obat herbal ini menggunakan ramuan dasar dari buah Noni (Morinda citrifolia). Khasiatnya sebagai penyembuh asam urat ialah menghambat enzim xanthine oxidase yang berlebihan dan kerap memicu asam urat. Kelebihan kadar asam urat itu akan dihambat secara alami dari kandungan Noni Juice.

Jika enzim itu berlebihan dalam tubuh, akan terbentuk kristal urat yang wujudnya menyerupai jarum di area persendian atau sekitarnya. Efeknya terjadi pembengkakan, peradangan, dan rasa nyeri yang menusuk-nusuk ketika anggota tubuh digerakkan. Konsumsi Noni Juice sangatlah bermanfaat untuk meredam produksi enzim xanthine oxidase yang berlebihan jika dilakukan secara teratur.

Sementara itu, Noni Juice juga mengandung kadar vitamin C yang tinggi, sehingga sangat membantu proses penyaringan dalam ginjal. Kadar asam urat berlebih dalam tubuh bisa perlahan dikurangi secara alami dan terlebih dahulu disaring dalam ginjal. Efek positifnya juga membantu memaksimalkan kinerja ginjal dalam tubuh karena kadar asam urat langsung disaring alias tidak mengendap dalam tubuh yang memicu potensi penyakit.

Berbagai masalah kesehatan tubuh pun bisa diatasi dengan konsumsi Noni Juice secara teratur. Menetralisir produksi enzim dalam tubuh sekaligus menjaga keseimbangan bobot badan. Persoalan bobot badan berlebih biasanya memicu sejumlah penyakit khususnya asam urat dan berbagai gejalanya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Noni juice, silakan kunjungi artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Berbagai Penyakit Berat!

Demikianlah ulasan mengenai manfaat, dosis aman, dan efek samping obat allopurinol. Ingatlah bahwa konsumsi obat ini tidak bisa sembarangan, Anda harus mengikuti petunjuk dokter dan petunjuk yang tersedia dalam label pada kemasan obat. Ikuti semua itu agar terhindar dari efek samping berbahaya.