Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Melangsingkan Perut Cara Melangsingkan Perut

6 Cara Terbaik untuk Melangsingkan Perut Anda!

Sebenarnya masalah kegemukan tidak selalu berkaitan langsung dengan masalah kesehatan. Anda mungkin melihat mereka kelihatannya tetap hidup sehat. Justru banyak orang yang sebenarnya tidak mengalami keluhan kelebihan berat badan, tetapi mengeluhkan banyak kondisi kesehatan.

Menurut Authority Nutrition, tidak semua kegemukan berkaitan dengan penyakit. Karena ternyata lemak yang terbentuk di bawah permukaan kulit justru tidak seberbahaya lemak yang terbentuk pada perut Anda. Itu sebabnya dibanding terfokus pada ukuran berat badan, sebaiknya Anda fokus pada bagaimana cara untuk bisa melangsingkan perut Anda.

Ukuran perut yang langsing jauh lebih sehat sekalipun Anda kelebihan sedikit berat badan. Karena lemak yang tertimbun dalam area perut Anda, berada pada lokasi yang berbeda pada lemak yang ada di bawah kulit Anda yang dengan mudah dicubit di tangan atau lengan.

Tetapi lemak pada perut, terbentuk tidak hanya di bawah permukaan kulit, tetapi juga di antara organ dalam perut Anda serta menyelubungi organ perut Anda yang kerap kali menjadi penyebab sejumlah penurunan fungsi organ dalam perut.

Inilah alasan kenapa Anda harus mulai mencari cara untuk melangsingkan perut Anda secepat dan seefektif mungkin, sekalipun Anda tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Ini bukan sekedar masalah estetis dan penampilan, tetapi juga soal kesehatan tubuh Anda. Dan masih menurut Authority Nutrition, berikut adalah 6 cara terbaik untuk melangsingkan perut dengan efektif.

Kurangi asupan karbohidrat!

Dalam jurnal berjudul The effects of a low-carbohydrate ketogenic diet and a low-fat diet on mood, hunger, and other self-reported symptomspada National Institutes of Health tahun 2007 diungkap bahwa mengurangi asupan karbohidrat akan menurunkan selera makan, memperlambat munculnya rasa lapar dan akhirnya membantu penurunan berat badan dengan efektif.

Justru diet rendah karbohidrat akan sangat membantu mengurangi lingkar perut 3 kali lebih efektif dari sekedar diet rendah lemak. Karena ketika tubuh kekurangan karbohidrat, tubuh akan membentuk energi dari kelebihan lemak dalam tubuh. Sedang cadangan lemak tubuh pertama yang akan dibakar akan diambil dari cadangan lemak di area perut.

Hindari juga asupan gula!

Sebisa mungkin coba untuk menghentikan sementara asupan gula. Gula apapun bentuknya akan menambah risiko obesitas. Sukrosa akan meningkatkan kadar glukosa darah. Bila glukosa darah tinggimaka tubuh secara otomatis menggunakan glukosa sebagai sumber energi dan akhirnya menjadikan lemak yang Anda asup sebagai cadangan.

Sedang fruktosa akan menyebabkan hati bekerja ekstra yang ternyata justru menstimulasi terbentuknya lemak cadangan di sekitar hati. Hal ini termuat dalam jurnal Consuming fructose-sweetened, not glucose-sweetened, beverages increases visceral adiposity and lipids and decreases insulin sensitivity in overweight/obese humans pada tahun 2009 di The Journal of Clinical Investigation.

Ganti kebutuhan kalori dengan protein!

Sementara Anda mengurangi asupan karbohidrat dan gula, maka tubuh akan membutuhkan makanan yang bekerja untuk mengisi perut Anda. Untuk menutup kebutuhan Anda, tambahkan asupan protein pada menu harian Anda. Protein adalah salah satu makronutrisi terbaik untuk mendukung program melangsingkan perut Anda.

Protein terbukti dapat menurunkan hasrat makan hingga 60%, meningkatkan metabolisme hingga membakar 80 – 100 kalori perhari dan membantu Anda menekan asupan kalori dalam tubuh Anda.

Dalam Journal of Nutrition & Metabolism pada 2012 bertajuk Quality protein intake is inversely related with abdominal fat juga disampaikan hal senada, bahwa protein berkualitas sangat efektif membantu menurunkan lingkar perut dan pinggang Anda.

Tambah asupan serat!

Tak lengkap sebuah program diet melangsingkan perut Anda tanpa Anda masukan sejumlah serat dalam menu harian Anda. Tidak peduli apakah itu jenis serat larut air atau jenis serat tidak larut air.

Serat larut air akan bekerja menyerap air dalam tubuh, membentuk semacam gel yang akan memenuhi lambung Anda dan membuatnya terasa penuh lebih lama sehingga efektif mencegah Anda lebih cepat lapar. Sedang serat tidak larut air akan bekerja menstimulasi lancarnya pencernaan dan memiliki sifat menyerap toksin dalam usus.

Artinya keduanya bekerja sama baiknya dalam membantu mengatasi kegemukan. Dalam sebuah riset yang dijurnalkan dalam National Institutes of Health tahun 2001 bertajuk Dietary Fiber and Weight Regulation mengungkap bagaimana diet denganmenambah asupan fiber 14 gram perhari selama 3 – 4 bulan akan efektif menurunkan berat badan hingga 2 kg dan membantu menurunkan lingkar perut hingga setidaknya 10%.

Kembali aktif dengan olahraga!

Tentu saja Anda harus memasukan aktivitas berolahraga selama Anda menjalankan diet melangsingkan perut. Tetapi ternyata bukan sekedar olahraga biasa, melainkan jenis olahraga yang efektif membakar kalori serta jenis olahraga yang banyak memberi fokus pada latihan otot perut.

Anda bisa memilih aerobik dan zumba sebagai aktivitas pembakar kalori, kemudian jenis yoga yang juga memberi banyak fokus pada kekuatan otot perut. Atau pilih jenis olahraga sederhana pembakar kalori dan pelatihan otot perut lain seperti berenang atau sepeda.

Jangan hanya fokus pada latihan otot perut belaka karena sebuah studi The effect of abdominal exercise on abdominal fat pada National Institutes of Health tahun 2011 membuktikan olahraga yang hanya terfokus pada latihan otot perut tidak terlalu efektif melangsingkan perut sebagaimana diharapkan.

Jangan abaikan menu makan Anda!

Kebanyakan orang diet tanpa sepenuhnya menyadari apa yang mereka makan, kadar kalori dan nilai nutrisi dari tiap makanan yang mereka asup. Padahal disinilah bagian penting lain dari diet Anda. Keberhasilan Anda tetap berada pada nilai kalori dan nutrisi yang Anda asup.

Coba telusuri setiap kalori dan nutrisi dari makanan yang Anda asup. Hal semacam ini tak sesulit yang Anda kira karena kini Anda tak lagi harus mengatur jadwal dengan ahli gizi, cukup dengan mencari informasinya dari website terpercaya atau dengan membuka sejumlah aplikasi online android untuk diet.

Diet dengan memperhatikan nilai nutrisi dan kalori akan memberi Anda hasil berkali lipat lebih efektif dibandingkan diet konvensional. Setiap hari Anda tau benar berapa kalori yang Anda asup, kapan Anda kelebihan kalori dan menuntut Anda melakukan latihan lebih banyak demi membakar lebih banyak kalori.

Untuk tetap bisa menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang, Anda disarankan untuk menjalankan program ini setidaknya 3 – 5 minggu setiap 3 bulan. Lakukan dengan reguler tanpa perlu menimbang berat badan Anda saat ini dan tanpa harus menunggu perut Anda sudah benar-benar membuncit.

Sedangkan bagi Anda yang memang sudah terlanjut mengalami masalah perut buncit, program melangsingkan perut ini sebaiknya Anda jalankan dengan periode 3 minggu kemudian jeda 1 minggu untuk kemudian Anda lanjutkan kembali program melangsingkan perut selama 3 minggu kembali. Lakukan berulang selama 4 – 5 set berturutan untuk bisa mendapatkan hasil memuaskan pada tampilan perut Anda.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register