4 Cara Memilih Makanan Agar Tetap Sehat: Sudahkah Anda Mencobanya?

766
Google Image

Banyak orang berupaya untuk tetap menjaga kesehatan dan ini bisa terlihat dari kebiasaan yang sering mereka lakukan. Misalnya, beberapa orang senang berolahraga, menghindari setiap kebiasaan buruk, dan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan teratur.

Namun, ada satu hal lain yang juga penting bagi kesehatan mereka yaitu menjaga pola makan tetap sehat. Timbul satu pertanyaan, bagaimana cara memilih makanan sehat? Oleh karena itu, perhatikan 4 langkah berikut ini!

Pertama, seberapa segar makanan yang Anda konsumsi? Makanan segar yang disebutkan adalah makanan alami, bukan makanan kaleng.

Mengapa? Jika Anda perhatikan, pada setiap kemasan makanan kaleng terdapat tanggal produksi dan kedaluwarsa. Bila dihitung sejak tanggal produksi hingga Anda membelinya, sudah berapa lama makanan berada dalam kaleng tersebut? Memang makanan kaleng masih dapat dikonsumsi sebelum kedaluwarsa, hanya saja apakah ini masih segar?

Makanan segar tidak berarti makanan cepat saji yang sering ditawarkan oleh beberapa restoran—walaupun memang mereka menggunakan bahan-bahan yang terlihat segar. Pertimbangkan juga kadar gula, garam, dan lemak tinggi yang seringkali berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, kanker, kolesterol, dan diabetes. Jadi, apakah makanan ini menyehatkan?

Makanan yang sehat diolah dengan cara dikukus atau dipanggang dengan menggunakan banyak rempah-rempah sebagai pengganti garam. Jika Anda suka daging, pastikan agar memasaknya hingga matang! Hindari makanan yang basi dan ini dapat dilihat jika makanan mulai berlendir/lengket dan berbau tidak sedap.

Kedua, pilihlah makanan hasil bumi! Mengapa? Sayur dan buah-buahan banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini diperlukan oleh tubuh guna meningkatkan sistem pertahanan diri terhadap benda-benda asing penyebab penyakit. Namun, berhati-hatilah sewaktu memilih hasil bumi. Pastikan agar Anda memilih sayur dan buah yang bebas dari pestisida dan hama.

Walaupun daging dan ikan bermanfaat bagi tubuh, ada baiknya jika Anda hanya mengonsumsinya 1 atau 2 kali seminggu. Tujuannya, agar asupan makanan yang dikonsumsi dapat seimbang. Ganti permen atau kripik dengan kacang dan buah sebagai kudapan.

Sebenarnya, baik itu roti putih ataupun nasi putih—keduanya memiliki kandungan gizi yang cukup rendah dan banyak terbuang. Ada baiknya untuk menggantinya dengan nasi merah atau nasi hitam, konsumsi roti gandum juga dapat menjadi pilihan lainnya.

Ketiga, hentikan kebiasan makan berlebihan! Memang kebutuhan kalori setiap orang bisa jadi berbeda, namun ada baiknya untuk menjaganya tetap seimbang. Ada pepatah mengatakan ‘makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang’, apa arti ungkapan ini?

Ini berarti makan sesuai dengan jadwal, misalnya sarapan pagi, makan siang, dan makan sore. Setelah itu, hindari godaan untuk menambah porsi makan—sekalipun Anda masih lapar.

Keempat, minumlah banyak air! Mengapa? Tentu jika Anda ingin menjaga bentuk tubuh ideal, minum banyak air akan membantu mewujudkannya. Impian untuk memiliki kulit yang sehat juga didapat karena minum air. Belum lagi manfaat jika Anda mengalami gangguan pencernaan.

Minum banyak air akan membantu Anda mengeluarkan racun dalam tubuh, sekaligus mengganti asupan oksigen dan cairan tubuh. Selain itu, lebih baik Anda berhenti minum soda atau minuman manis yang dapat menambah bobot Anda hingga 6.8 kg/tahun, jika dikonsumsi setiap hari. Sudahkah Anda memilih makanan sehat dan mencobanya?