Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mengatasi Perut Buncit Mengatasi Perut Buncit

11 Cara Untuk Mengatasi Perut Buncit

Seiring dengan pertambahan usia, beberapa orang mulai mengeluhkan betapa sulitnya untuk mempertahankan bentuk tubuh. Bentuk tubuh mereka yang ideal di usia 20-an, kini berubah dengan kehadiran perut buncit, ketika usia mereka mulai melalui kepala 3. Apa yang harus dilakukan untuk bisa mengatasi perut buncit ini? Adakah cara efektif bisa bekerja untuk masalah ini?

Sulit dipahami memang, rasanya mengurangi berat badan akan lebih mudah dibandingkan mengecilkan kembali lingkar pinggang. Bahkan di saat Anda berhasil mengurangi berat badan hingga 5 kg, tak lantas membuat perut buncit Anda kembali rata.

Sebenarnya masalah perut buncit memang berkaitan dengan masalah metabolisme. Seiring bertambahnya usia, dan selaras dengan jenis asupan yang biasa Anda konsumsi setiap harinya, perut buncit muncul pada seseorang.

Lemak pada perut berkaitan dengan kinerja liver dalam membentuk cadangan lemak yang berasal dari kelebihan gula (glikogen) dan karbohidrat ( trigliserida) yang Anda konsumsi setiap hari. Semakin banyak cadangan lemak yang dibentuk semakin tebal lemak yang bertumpuk pada lingkaran perut Anda.

Inilah yang kemudian mengaitkan perut buncit dengan masalah diabetes, kolesterol bahkan serangan jantung dan hipertensi. Perut buncit juga akan berkaitan dengan kesehatan liver,mengingat efek cadangan lemak perut berlebihan ini akan memberi beban bagi hati, kinerja hati akan melambat dan membuatnya lebih rentan mengalami penyakit.

Bahkan dikatakan bahwa lemak perut ini juga bisa menyebabkan masalah ketidak seimbangan hormonal dan kimiawi tubuh yang nantinya bisa memicu sejumlah keluhan general termasuk infeksi serius dan kanker.

Dan menurut Organicfacts.net, dikatakan bahwa 15 cara berikut ternyata efektif membantu mengatasi perut buncit di usia menengah.

1. Hindari makanan cepat saji

Kebiasaan masyarakat modern dalam mengonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab utama tingginya kasus perut buncit di kalangan perkotaan. Kandungan lemak jenuh, trigliserida, dilengkapi dengan garam dan beragam bahan adiktif lain jelas menjadi salah satu alasan kenapa perut Anda akan membuncit karena rutin mengonsumsi makanan cepat saji.

Jadi ketika Anda berencana mengatasi perut buncit, maka jelas Anda harus memutus hubungan akrab Anda dengan makanan cepat saji. Bahkan menjadikannya masuk dalam salah satu daftar teratas dalam program Anda.

2. Pilihan lemak yang tepat

Kebanyakan orang memiliki pandangan sederhana bahwa untuk kurus atau mengecilkan perut, Anda harus menghindari lemak. Padahal tidak semua lemak menjadi musuh Anda. Karena sebagian jenis lemak justru membantu Anda mengatasi perut buncit.

Yang dimaksud adalah jenis lemak tak jenuh seperti jenis asam lemak omega 3 dan omega 6. Dalam komposisi berimbang 4 : 1, lemak baik ini justru membantu Anda membakar lemak lebih efektif, termasuk cadangan lemak dalam perut Anda. Tambahkan asupan ikan laut dalam, alpukat dan kacang-kacangan dalam menu harian Anda untuk mendapatkan lemak baik ini.

3. Hindari stress

Ada kaitan menarik antara stress, kelelahan dengan pembentukan lemak perut. Padahal mereka pada usia 30 sampai 40-an memang sedang pada masa-masa aktifnya sehingga demikian rentan mengalami stress dan kelelahan.

Stress mendorong tubuh menghasilkan sejumlah hormon, termasuk hormon kortisol yang terbukti mendorong terbentuknya cadangan lemak perut. Karenanya penting untuk seseorang menanggulangi stress mereka.

Beberapa pakar kemudian mengarahkan mereka dengan perut buncit untuk melakukan yoga. Yoga memiliki dua sisi, aktivitas fisik dengan tekanan yang menguatkan otot dan mendorong pembakaran serta aktivitas psikis yang menenangkan dan mengurangi stress. Karenanya yoga dianggap sebagai bentuk olahraga efektif untuk mengatasi perut buncit.

4. Atur jam tidur Anda

Salah satu yang bisa menjadi penyebab utama perut buncit adalah tidur yang tidak teratur. Mereka yang kurang tidur cenderung mudah lelah dan rentan stress. Ini menyebabkan mereka yang tidak tidur teratur akan mudah mengalami perut buncit.

Kadang orang malah menjalankan pola tidur yang kacau, dimana di satu waktu mereka tidur di bawah 5 jam sehari dan membayarnya dengan tidur lebih panjang di akhir pekan. Pola tidur kacau seperti ini juga mengganggu stabilitas hormonal dan fungsi metabolisme tubuh. Bukan hanya itu, kondisi kacau ni juga mengganggu kinerja hati dalam membantu pembakaran lemak.

Jadi ketika Anda berencana untuk mengatasi perut buncit Anda, hal penting lain yang perlu Anda pastikan adalah mengembalikan pola tidur Anda dalam jam yang normal, teratur dengan rentang waktu setidaknya 5 jam sehari.

5. Makan lebih banyak serat

Satu lagi yang tidak boleh hilang dalam daftar Anda ketika Anda berencana mengatasi perut buncit adalah memakan lebih banyak serat. Baik itu serat larut maupun serat tak larut. Keduanya akan berperan dalam membantu memperbaiki masalah pencernaan, membantu mengembalikan kadar normal bakteri sehat dalam perut, menormalkan enzim dan yang paling penting membantu menormalkan BAB.

BAB adalah masalah penting yang sangat berpengaruh pada bentuk perut Anda. Sebagian kasus perut buncit berkaitan dengan masalah BAB yang tidak lancar. Karena pencernaan tidak lancar, feses yang seharusnya mengalir keluar akan terendap dalam perut dan akhirnya menyebabkan struktur perut melar dan membesar.

6. Kurangi asupan karbohidrat

Karbohidrat berlebihan sebenarnya tak jauh beda bahayanya dengan gula. Karena keduanya dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa. Sedang sisanya akan di asimilasi menjadi lemak cadangan dalam tubuh yang kemudian berkembang menjadi lemak perut.

Jadi, jangan luka untukcoba memulai mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, beras merah atau oat. Dan hindari makanan dengan kadar pati tinggi rendah serat seperti tepung.

7. Tambah asupan protein

Ketika Anda yang terbiasa mengisi perut kosong Anda dengan karbohidrat mendadak harus mengurangi asupan karbohidratnya, jelas Anda akan kerap merasa perut kosong. Dan kadang ini menjadi simalakama ketika justru Anda jadi makan lebih banyak akibat merasa lapar.

Dan karenanya disarankan untuk Anda mengonsumsi protein sebagai pengganti karbohidrat. Protein mengandung asam amino yang membantu meningkatkan pembentukan otot, juga memiliki peran dalam proses pembakaran lemak. Dan tentu saja protein memiliki sifat cukup efektif membantu memberi rasa penuh lebih lama.

8. Mengonsumsi makanan asam

Cuka apel, secangkir kecil jeruk nipis, sari asam gelugur, minuman asam jawa, semangkus kecil buah berry atau buah kiwi bisa menjadi pilihan ketika Anda berencana mengecilkan lingkar pinggang Anda.

Makanan asam memiliki kemampuan mendorong pembakaran, melunakan lemak pada lingkar pinggang untuk memudahkannya diolah menjadi energi. Makanan asam juga berperan melancarkan pencernaan.

9. Optimalkan kembali aktivitas fisik

Kadang pada beberapa orang, bahkan olahraga saja tak cukup efektif menngenyahkan perut buncit. Olahraga hanya membantu membentuk otot tanpa bisa menghilangkan perut buncit itu. Dan pada kasus ini, Anda mungkin memang dituntut untuk menambah aktivitas fisik Anda dalam kegiatan harian Anda.

Sebagian orang memang berolahraga sekitar 30 menit sehari, namun kemudian memilih naik motor sekedar untuk pergi ke minimarket yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari rumah, atau memilih naik lift untuk turun 1 lantai di kantor. Tanpa disadari kebiasaan ini menyebabkan pembakaran lemak Anda tidak maksimal dan akhirnya menyebabkan perut Anda buncit.

10. Makan lebih pelan dan sedikit-sedikit

Banyak orang terbiasa dengan pola makan 3 kali sehari dengan jumlah yang cukup banyak. Ditambah dengan makan terburu-buru, maka sempurnalah Anda dalam membentuk perut buncit yang menghias tampilan Anda.

Makan terlalu banyak dan terburu-buru ternyata menyebabkan pencernaan Anda tidak bekerja efektif, aliran pencernaan berjalan lebih lambat dan akhirnya juga mendorong sulit BAB dan masalah perut buncit.

Prinsip lama untuk makan dengan kunyahan lebih intensif, dengan jumlah yang sedikit tapi lebih sering ternyata jauh lebih sehat untuk lingkar pinggang Anda. Coba untuk mengganti pola makan 3 kali sehari dengan 5 kali sehari, namun dalam porsi-porsi kecil selama beberapa pekan dan lihat hasilnya pada perut Anda.

11. Atur kembali diet Anda

Beberapa orang tidak menyadari diet mereka justru memicu perut buncit. Ini bukan soal mereka mengurangi asupan atau malah merubah jenis asupan mereka. Tetapi pada masa waktu diet yang dijalankan terlalu panjang, hingga pada satu titik malah mengganggu keseimbangan pada tubuh mereka dan mempengaruhi kinerja metabolisme.

Jadi untuk mengatasi perut buncit, coba kombinasikan pola diet Anda dan hindari menjalankan satu program diet dengan berlebihan dalam jangka panjang. Sejumlah diet malah akan menurunkan metabolisme dalam jangka panjang dan akhirnya membuat tubuh Anda lebih rentan mengalami perut buncit.

Selain melakukan 11 cara mengatasi perut buncit seperti di artikel ini, Anda mungkin juga harus menghindari penyebab-penyebab yang membuat lingkar perut melebar. Bacalah artikel berikut untuk mengetahui apa sajakah itu dan bagaimana cara menghindarinya: Hindari 12 Hal yang Menyebabkan Perut Buncit.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register