0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-

Pengobatan Penyakit Jantung

Kehidupan jantung berkaitan erat dengan keberadaan pembuluh darah. Agar jantung dapat bekerja dengan benar, dibutuhkan pembuluh darah yang elastis dan lentur agar oksigen dan nutrien-nutrien yang dibutuhkan otot jantung untuk bekerja dengan baik dapat terpenuhi.

Beberapa jenis tanaman obat dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung karena mempunyai efek melancarkan sirkulasi darah dan sebagai anti-koagulan yaitu mencegah penggumpalan darah, yang dapat berlanjut pada gangguan dan penyakit jantung. Berikut adalah dua jenis tanaman obat yang kami rekomendasikan untuk  mencegah dan mengatasi penyakit jantung.

Sarang Semut

Sarang Semut kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mengatasi penyakit jantung secara tidak langsung yaitu dengan melenturkan pembuluh darah dan menyehatkan sistem peredaran darah dalam tubuh.

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam Sarang Semut, tokoferol, terbukti membantu memperbaiki sistem kerja jantung dengan mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah serta menurunkan tekanan darah yang beresiko menimbulkan serangan jantung.

Flavonoid, senyawa antioksidan lain dalam Sarang Semut, juga berkhasiat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan sirkulasi darah yang tidak lancar yang juga beresiko menimbulkan gangguan dan penyakit jantung.

Multi-mineral yang terdapat dalam Sarang Semut juga berperan penting dalam pengobatan penyakit jantung secara langsung, misalnya magnesium, merupakan salah satu nutrien paling penting untuk kesehatan jantung.

Tugas utama magnesium adalah membantu otot jantung untuk relaksasi. Fungsi ini berlawanan dengan fungsi kalsium yang membuat jantung berkonstraksi. Kombinasi sinergis kedua senyawa ini yang dapat ditemukan dalam Sarang Semut, sangat berguna untuk mempertahankan irama jantung tetap normal dengan relaksasi dan konstraksi otot jantung.

Magnesium diperlukan untuk metabolisme kalsium yang sesuai dalam tubuh. Magnesium dapat mencegah kalsium yang tidak diserap tubuh agar tidak menggumpal, menumpuk, dan menyumbat arteri sehingga meningkatkan resiko serangan jantung. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang berperan dalam terjadinya serangan jantung.

Selain itu, magnesium berperan penting dalam pengobatan penyakit jantung karena efeknya yang dapat melebarkan arteri koroner, memperbaiki aliran darah ke jantung, meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL), mengatur relaksasi dan konstraksi otot jantung, dan menstabilkan ritme jantung.

Tidak hanya merawat kesehatan pembuluh darah, kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut juga sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan dan penyakit jantung.

Noni Juice

Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah Noni. Zat-zat scopoletin ini mempunyai khasiat pengobatan.

Neil Solomon, MD.PhD, peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa buah Noni mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan serta membersihkan endapan penyebab arteroklerosis dalam pembuluh darah.

Dengan demikian, pembuluh darah menjadi lentur sehingga kerja jantung memompa darah tidak begitu berat sehingga tekanan darah menjadi normal.

Sebuah riset internasional mengenai penyakit jantung yang melibatkan responden dari 80 negara mengungkapkan bahwa 76% respondennya dapat terbantu kondisi kesehatannya dengan menambahkan jus Noni dalam menu makanan mereka.

Riset tersebut dapat menjelaskan kemampuan Noni dalam melebarkan pembuluh darah dan membersihkannya dari endapan adalah hal yang tidak dapat disangkal.

Karena itu, banyak dokter jantung di Amerika yang merekomendasikan jus buah Noni kepada para pasien mereka agar pemulihan dan proses kesembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Herbal Mana yang Terbaik untuk Jantung Saya?

Setelah membaca tentang manfaat dari Sarang Semut dan Noni juice dalam membantu pengobatan penyakit jantung, banyak yang bertanya-tanya mana yang lebih bagus dari kedua herbal tersebut dalam pengobatan jantung.

Sebetulnya, keduanya sama-sama bagus, karena keduanya dapat memberikan manfaat bagi para penderita gangguan jantung. Dan perlu diingat, dari keterangan di atas, kedua herbal tersebut bekerja dengan cara yang berbeda, Sarang Semut lebih kepada membuat darah tidak menggumpal, menurunkan tekanan darah, dan membantu otot jantung untuk relaksasi.

Sedangkan Noni juice lebih bermanfaat untuk melebarkan saluran pembuluh sehingga darah dan oksigen dapat sampai di tujuan tanpa masalah. Kalau mau dibayangkan secara gari besar cara kerja kedua herbal tersebut mirip dengan cara menghindari kemacetan di jalan raya, masing-masing mempunyai tugas yang berbeda.

Dimana Sarang Semut memastikan tidak akan ada mobil (darah) yang mogok (bergumpal) ditengah jalan dan berjalan dengan kecepatan terlalu tinggi (menurunkan tekanan darah).

Sementara itu, Noni juice memastikan lebar dari jalan raya (pembuluh darah) cukup besar sehingga dapat dilalui oleh mobil-mobil tanpa hambatan, ini termasuk membongkar jalan-jalan raya yang tertutup longsor (endapan di pembuluh darah).

Karena itu, untuk mengetahui herbal mana yang lebih baik ini bergantung dimana letak masalahnya pada tubuh Anda. Atau jika Anda mempunyai sumber daya yang cukup akan lebih baik jika mengombinasikan kedua herbal tersebut, karena masing-masing herbal tersebut bermanfaat untuk jantung.

Perlu diingat, selain penjelasan yang sudah disampaikan dalam tulisan ini masih sangat terbatas, tentu masih ada penjelasan-penjelasan lain yang bisa ditambahkan mengapa kedua herbal ini begitu ampuh untuk pengobatan penyakit jantung.

Selain itu, penelitian-penelitan yang ada untuk kedua herbal tersebut sampai saat ini masih belum bisa mengungkapkan sepenuhnya kandungan-kandungan apa saja yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit jantung.

Apapun bentuk pengobatan yang Anda pilih, pengobatan hendaknya dilakukan secara bersahaja dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan melakukannya, Anda menunjukkan bahwa Anda mencintai jantung dan kehidupan Anda.

Log In or Register