Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Tanda-Tanda Kanker Rongga Mulut Tanda-Tanda Kanker Rongga Mulut Shutterstock

Waspadai 7 Tanda-Tanda Kanker Rongga Mulut Stadium Awal Ini!

Tanda-tanda kanker rongga mulut harus dideteksi sejak awal! Penyakit ini adalah jenis kanker yang berkembang pada rongga mulut. Dapat muncul pada gusi, lidah, bibir bahkan pada tonsil dan dinding pipi serta langit-langit mulut.

Kanker ini biasa muncul dalam bentuk luka dan abses yang menyakitkan atau berupa massa yang membuat terjadinya benjolan atau pembengkakan pada mulut.

Penyakit ini kerap muncul sebagai pengaruh infeksi mulut yang berkelanjutan, atau efek dari paparan toksin berlebihan pada rongga mulut. Seperti pada mereka yang biasa merokok, dimana toksin dari rokok akan dengan mudah mengenai dinding rongga mulut dan merusak sel-sel sehatnya dalam jangka panjang.

Menurut sumber mayoclinic.org, kanker rongga mulut bisa saja menjadi membahayakan karena akan menyulitkan pasien untuk makan dengan normal. Selain efek metastasisnya cukup cepat mengingat lokasinya yang dekat dengan kelenjar getah bening di bawah telinga.

Tetapi kemungkinan sembuh pasien kanker rongga mulut pada stadium awal relatif tinggi, mencapai 90%. Hanya saja, sulit mengenali gejala kanker rongga mulut. Inilah sebabnya tingkat kematian dari penyakit kanker rongga mulut sangat tinggi, karena kasus kanker rongga mulut lebih sering terdiagnosa dalam stadium yang relatif terlambat.

Munculnya kanker rongga mulut akan disertai dengan sejumlah gejala yang mirip dengan kasus infeksi penyakit mulut pada umumnya. Dan pada stadium awal bisa dikatakan sulit dibedakan.

Sebagaimana dijelaskan penting untuk memastikan kanker rongga mulut tidak tediagnosa terlambat, sangat penting bagi kita untuk lebih baik memahami dan mengenali tanda-tanda kanker rongga mulut. Apa saja yang menjadi ciri-ciri kanker rongga mulut tersebut? Berikut di antaranya.

  • Gejala Mirip Sariawan

    Sejumlah besar kasus kanker rongga mulut muncul dalam bentuk abses dan luka yang serupa dengan sariawan. Tetapi tentu saja bukan sariawan biasa, tetapi sariawan yang sulit diatasi, bahkan terasa semakin lebar dan dalam. Sariawan akan membentuk lubang atau rongga pada dinding mulut dengan kerusakan sel yang masif.

  • Mulut yang Kaku

    Banyak kasus kanker rongga mulut juga mempengaruhi otot-otot pada area rahang. Rahang terasa lebih kaku, keras dan terasa linu. Kadang rasa linu bisa mencapai area leher. Dan menyebabkan pasien sulit untuk bicara dan mengunyah makanan.

  • Muncul Tanda atau Noda di Dinding Rongga Mulut

    Anda patut curiga bila Anda menemukan adanya tanda atau noda seperti sisik putih, bilur merah atau keunguan hingga tanda kecoklatan pada dinding mulut. Baik bila itu disertai dengan efek timbul atau tanpa efek benjolan apapun. Beberapa noda atau tanda akan memberi efek nyeri atau linu bila ditekan.

  • Pembengkakan dan Benjolan pada Mulut

    Sebagian lain dari gejala kanker rongga mulut adalah dengan munculnya benjolan atau pembengkakan pada mulut. Perhatikan bila Anda menemukan mulut Anda tampak memiliki tanda benjol atau timbul.

    Akan lebih perlu Anda waspadai bilamana pembengkakan atau benjolan itu terasa nyeri atau linu ketika Anda tekan. Beberapa kasus benjolan ini juga sangat mudah untuk berdarah.

  • Gusi Melunak

    Sementara ciri-ciri kanker rongga mulut di atas menunjuk pada benjolan dan pembengkakan, ada pula tanda lain yang kerap muncul berupa gusi yang lunak dan terasa lembut. Gusi kehilangan kekuatan untuk menyangga gigi hingga gigi dengan mudah lepas.

  • Sulit Menelan Makanan

    Ciri-ciri kanker rongga mulut lain juga dapat muncul berupa luka atau abses pada tonsil dan pangkal tenggorokan. Ini membuat tonsil terasa kaku, keras dan kehilangan elastisitasnya. Dan pada akhirnya pasien akan sulit untuk menelan makanan.

  • Pipi Tidak Simetris

    Tanda-tanda kanker rongga mulut lain yang juga khas dan kerap muncul adalah pembengkakan pada pipi yang menyebabkan pipi kanan dan kiri terlihat tidak simetris. Pembengkakan ini akan menimbulkan rasa linu dan kadang nyeri ketika ditekan.

Waspada pada setiap peradangan, pembengkakan dan perubahan pada permukaan dinding rongga mulut dalam, apalagi bila kondisi tersebut tidak kunjung membaik setelah Anda rawat beberapa pekan. Ini bisa menjadi gejala kanker rongga mulut untuk segera Anda tindak lanjuti.

Segera periksa ke dokter atau dokter gigi jika Anda mengalami tanda-tanda kanker rongga mulut seperti yang dijelaskan artikel ini, apalagi jika sudah dialami selama lebih dari 2 minggu, agar diselidiki penyebabnya dan supaya bisa secepatnya ditangani.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Sarang Semut Papua Tumpas Kanker dan Tumor dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

sarang semut papua 3
Berkat herbal ini banyak penderita kanker, tumor dan benjolan abnormal bisa kembali menjalani hidup mereka seperti semula tanpa harus menghadapi biopsi, pembedahan, dan kemoterapi […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram