Apa Itu Kanker Rongga Mulut?

536

Diedit:

Tahukah Anda bahwa jumlah penderita yang mengidap penyakit kanker mengalami peningkatan yang mencolok? Ya, hal yang sama juga terjadi pada kasus kanker rongga mulut, ada peningkatan sebesar 5,6% dari penyakit kanker secara keseluruhan. Namun, hanya sekitar 60% orang saja yang berhasil melanjutkan hidup setelah melakukan pengobatan kanker rongga mulut ini.

Kanker rongga mulut juga turut menyumbang meningkatnya jumlah angka kematian yang semakin bertambah, hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang berkaitan dengan penyakit kanker rongga mulut.

Peningkatan jumlah penyakit kanker rongga mulut yang mengancam nyawa juga terjadi di India. Sangat disayangkan hampir seluruh pasien yang terdiagnosis kanker sudah memasuki stadium lanjut. Hal ini terjadi karena banyak orang menunda pengobatannya padahal gejala sudah mereka rasakan, hingga keadaan kritis barulah mereka mencari bantuan dokter. Semoga saja ini tidak terjadi pada Anda!

Lalu, apa yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan kanker rongga mulut? Tentu, Anda perlu tahu dimana tepatnya letak kanker rongga mulut dan apa yang diserang.

Rongga mulut merupakan bagian yang sangat kompleks, karena terdapat beragam jenis jaringan yang berukuran kecil. Bagian dari rongga mulut dimulai dari bibir, lalu masuk kedalam hingga bagian depan amandel. Jika diuraikan terdiri dari bibir, rahang atas, rahang bawah (mandibular), gigi dan dasar mulut.

Di ujung lidah bagian bawah terdapat kelenjar penghasil ludah yang berfungsi sebagai pelumas di dalam rongga mulut. Sekitar 2/3 dari lidah juga termasuk dalam rongga mulut. Bagian yang juga termasuk dalam rongga mulut ialah trigonom retromolar pada bagian belakang.

Rongga mulut memiliki banyak sekali fungsi, seperti; kemampuan untuk menyampaikan sesuatu secara lisan, penghasil air liur dan menampungnya agar tidak menetes, serta menyimpan makanan agar tidak berceceran sewaktu sedang mengunyahnya. Air liur yang mengalir keluar dari mulut Anda memang tampak menjijikan – namun, saat air liur masuk kedalam tenggorokan Anda, justru bermanfaat.

Mengapa? Karena rongga mulut dan tenggorokan butuh pelumas agar tidak tersedak ketika Anda menelan makanan dan membantu proses pencernaan, sama halnya saat Anda berbicara.

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Rongga Mulut Stadium Awal

Kanker rongga mulut, menyerang bagian-bagian yang disebutkan tadi. Hal ini tentu sangat merugikan Anda, hilangnya kemampuan berbicara dan menelan makanan akan menyiksa Anda, bahkan membunuh Anda. Kanker rongga mulut merupakan penyakit yang terjadi karena timbulnya benjolan tidak normal disekitar rongga mulut. Benjolan ini dapat bersifat ganas, karena penyebarannya yang tidak dapat dikendalikan dan cenderung merusak. Kategori penyakit ganas ini disebut kanker

rongga mulut. Adapula yang menyebutnya tumor, ini hanya terjadi jika sifatnya tergolong jinak atau tidak menyebarnamun mengalami pembesaran pada jaringan sel yang terinfeksi. Segera cari bantuan jika ini terjadi!

Bila Anda mencari informasi tentang solusi herbal yang dapat diandalkan untuk membantu mengatasi dan menghambat perkembangan sel-sel kanker rongga mulut, silakan kunjungi halaman artikel berikut: Obat Kanker Rongga Mulut.

Advertisement
Alinesia