7 Tanda-Tanda Kanker Kulit Stadium Awal

618
Shutterstock

Diedit:

Tanda-tanda kanker kulit wajib dikenali sejak dini! Kanker kulit berbeda dari kebanyakan kanker lain, karena kanker ini berkembang di lapisan epidermis kulit. Sel kanker bisa muncul pada permukaan kulit atau berkembang di lapisan dalam epidermis kulit.

Sebagaimana kebanyakan kanker lainnya, penting untuk memastikan kanker kulit dapat tedeteksi dengan lebih cepat. pada stadium awal setidaknya pada stadium 1 pasien masih mungkin terselamatkan dengan persentase keberhasilan hingga 90%.

Inilah yang perlu menjadi perhatian kita. Karena kanker kulit bisa saja terjadi pada setiap usia. Jadi Anda harus waspada pada setiap perubahan pada permukaan kulit Anda, kapan pun tanpa melihat usia.

Pada dasarnya gejala kanker kulit akan bergantung pada jenis kanker yang menyerang. Sel kanker bisa berkembang pada setiap lapisan sel pada epidermis kulit. Dan ini akan dengan jelas menampakan diri pada permukaan kulit.

Bisa dikatakan tanda utama dari gejala kanker kulit bisa dikenali dari munculnya perubahan pada permukaan kulit yang khas. Setiap jenis kanker akan memunculkan tanda-tanda kanker kulit yang berbeda. Dan menurut sumber cancer.org berikut adalah beberapa jenis kanker kulit dan tanda khas yang menyertainya.

  • Karsinoma Sel Skuamosa

    Kanker ini tumbuh pada sel squamous atau lapisan terluar epidermis kulit. Biasanya ditandai dengan kulit yang mudah sekali teriritasi dan membentuk semacam inflamasi pada permukaan kulit.

  • Karsinoma Sel Basal

    Kanker kulit ini tumbuh dari sel basal epidermis kulit. Termasuk jenis kanker kulit paling sering muncul dan bersifat cukup agresif karena tumbuh dari sel basal yang menjadi pusat regenerasi kulit. Biasanya ada ciri-ciri kanker kulit ini berupa munculnya benjolan pada permukaan kulit, kadang disertai inflamasi dan kadang tidak.

  • Melanoma

    Sel kanker ini muncul pada sel melanin yang bertanggung jawab pada fungsi pigmen permukaan kulit. Itulah sebabnya kanker akan ditandai dengan munculnya noda gelap pada permukaan kulit. Catatan penting lain adalah jenis kanker ini juga relatif agresif.

  • Kaposi Sarkoma

    Kanker kulit yang tumbuh pada jaringan pembuluh kapiler ini terbilang berbahaya karena menyebabkan mudahnya terjadi iritasi dan perdarahan pada permukaan kulit. Biasanya ditandai dengan munculnya massa tipis pada permukaan kulit dengan rona merah keunguan.

  • Karsinoma Sel Merkel

    Kanker kulit yang tumbuh pada sel merkel epidermis kulit ini mempengaruhi kinerja indera sensorik pada permukaan kulit. Meski kadang tak banyak memperlihatkan visual yang jelas, Anda bisa mengenalinya dengan gangguan pada indera peraba.

  • Karsinoma Sebasea

    Sel kanker ini tumbuh pada sel kelenjar minyak kulit. Pertumbuhan abnormal yang timbul di sel-sel pembentuk kelejar minyak di lapisan epidermis kulit. Keberadaannya ditandai dengan pembengkakan kelenjar minyak pada wajah, secara visual akan mirip jerawat yang sangat parah.

  • Gejala Kanker Kulit Lain

    Tanda-tanda kanker kulit stadium awal lain yang perlu menjadi perhatian Anda selain tanda munculnya bentuk visual pada kulit adalah:

    Kulit terasa gatal: Efek inflamasi yang terjadi akibat invasi sel kanker kerap menimbulkan masalah gatal. Anda perlu curiga pada gejala kanker kulit berupa benjolan baru yang disertai rasa gatal yang tidak kunjung hilang.

    Kulit yang terluka: Sebagaimana dijelaskan, dalam banyak kasus kanker kulit bermula dari tanda kecil seperti jerawat atau luka yang tidak kunjung sembuh. Dan pada ciri-ciri kanker kulit, luka atau jerawat ini tampak tidak kering bahkan terus saja basah, berdarah dan mudah terbuka kembali.

    Permukaan kulit lembek: Seharusnya, kulit manusia terasa bingkas dan bila ditekan terasa kenyal. Namun ciri-ciri kanker kulit muncul dengan kulit yang terasa lebih lunak, terlalu lembut, dan lembek.

Itulah sejumlah tanda-tanda kanker kulit khas yang perlu Anda pahami untuk mengenali kasus kanker kulit lebih dini. Semakin cepat Anda mengenali keluhan semakin cepat pula manfaat pengobatan bisa dimaksimalkan.

Kanker kulit jenis melanonma dan yang bukan melanoma bisa menyebar. Kadang-kadang kanker mampu tumbuh ke dalam lapisan kulit. Jika kanker sudah tumbuh hingga ke dinding pembuluh darah atau getah bening, sel-sel kanker bisa pecah lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

Itulah kenapa penyakit ini biasanya lebih mudah diatasi jika berhasil dideteksi sejak tahap awal perkembangannya. Semakin dini Anda mendeteksi tanda-tanda kanker kulit, maka semakin mudah mengatasinya. Jadi sangat penting untuk mengenali apa saja ciri-ciri kanker kulit tahap awal.