Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Tanda-Tanda Kanker Endometrium Tanda-Tanda Kanker Endometrium Shutterstock

Waspadai 7 Tanda-Tanda Kanker Endometrium Stadium Awal Ini!

Kenalilah tanda-tanda kanker endometrium sejak dini! Kanker endometrium berada pada posisi ketiga kanker yang paling sering menyerang wanita, demikian menurut data Depkes. Penyakit ini adalah bagian dari kanker rahim.

Kanker rahim terbagi dalam dua jenis, yakni kanker endometrium dan kanker sarkoma. Sementara kanker jenis kedua terjadi pada area ligamen atau sel adenosid dari kantung rahim, maka kanker endometrium berkembang pada sel terluar dari lapisan dinding rahim sisi dalam.

Perlu dipahami terlebih dulu, bahwa pada dinding dalam rahim terdapat lapisan sel yang unik dan menjadi selubung utama sisi dalam rahim. Sel ini memiliki kemampuan menyimpan sel darah.

Pada siklus menstruasi, sel-sel endometrium ini akan menyimpan darah dalam sel untuk kemudian menjadi tempat melekatnya telur yang sudah dibuahi dan menjadi media bagi janin untuk mendapatkan asupan makanan dari ibu. Pada saat pembuahan gagal terjadi, sel-sel ini akan luruh dan berubah menjadi darah menstruasi.

Hanya saja pada beberapa orang, mekanisme normal ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Se-sel endometrium gagal untuk luruh dengan sempurna atau terjadi pertumbuhan masif dari sel-sel ini sehingga dinding rahim menebal. Kondisi ini yang kemudian bisa memicu terjadinya kanker endometrium.

Kanker ini mengacu pada kondisi pasien dengan sel endometrium yang berkembang berlebihan dan terlalu masif. Dinding rahim menebal dan akhirnya mengalami gangguan fungsi karenanya. Kondisi ini bisa menyebabkan kasus infertilitas (kemandulan) dan mungkin kerusakan rahim secara keseluruhan.

Selain menempati posisi ketiga kanker yang paling sering menyerang wanita, kanker ini juga termasuk yang berisiko menyebabkan kematian, mengingat lebih dari 50% kasus yang ditemukan telah berada pada stadium akhir.

Penting untuk memastikan kanker ini dapat terdiagnosa lebih awal. Itu sebabnya penting pula bagi wanita mengenali lebih baik apa saja ciri-ciri kanker endometrium sejak awal kemunculannya. Menurut webmd.com, berikut adalah sejumlah tanda-tanda kanker endometrium pada stadium awal yang cukup mudah untuk dikenali.

  • Menstruasi Berlebihan

    Kanker ini berkaitan dengan sel yang memang berfungsi menyimpan massa darah pada periode subur. Dan itu sebabnya, ketika massa menstruasi tiba, biasanya pasien akan mendapati volume darah menstruasi mereka sangat banyak dan bisa dikatakan berlebihan. Semakin berlebihan darah menstruasi keluar, semakin layak pasien untuk waspada dan memeriksakan diri.

  • Perdarahan

    Sejumlah besar kasus kanker endometrium berkembang pada wanita usia premenopause dan menopause. pada masa ini, seharusnya darah yang keluar sudah relatif sedikit atau malah sama sekali hilang pada masa menopause. Namun bila kemudian pasien mengalami perdarahan selayaknya menstruasi di usia subur, sebaiknya Anda mencurigainya sebagai gejala kanker endometrium dan memeriksakan diri.

  • Bercak Darah

    Masalah lain yang berkaitan dengan ciri-ciri kanker endometrium adalah keluhan bercak darah di luar masa menstruasi. Bercak darah ini bisa jadi tanda bahwa terjadi peluruhan di luar jadwal akibat penebalan masif dari sel-sel endometrium dalam rahim.

  • Nyeri Hebat saat Menstruasi

    Seiring dengan menebalnya dinding, terjadi gejala kanker endometrium berupa kaku pada dinding rahim yang menyebabkan kontraksi rahim saat proses peluruhan menstruasi terasa lebih menyakitkan. Kadang rasa sakitnya bisa menjadi sangat hebat dan menusuk.

  • Nyeri saat Hubungan Seksual

    Ada kontraksi ringan yang terjadi saat seseorang melakukan aktivitas seksual. Dan pada penderita kanker endometrium, kontraksi ini bisa pula sangat menyakitkan. Lagi-lagi ciri-ciri kanker endometrium ini diakibatkan karena otot pada rahim lebih kaku dari seharusnya.

  • Perut Membesar

    Akibat pembesaran rahim dan penebalan dinding rahim dalam. Secara kasatmata pasien akan terihat memiliki perut lebih buncit dan terpusat pada area bawah. Bila diraba Anda akan menemukan pembesaran pada area perut tengah.

  • Sering Keputihan

    Keputihan selalu bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem genital dan reproduksi wanita. Anda akan mengenali gejala kanker endometrium dengan munculnya keputihan berwarna putih pekat dengan semburat merah muda, cokelat atau jingga muda. Ini tanda terjadi peluruhan kecil dari sel endometrium pada dinding rahim Anda.

Demikian tadi sejumlah tanda-tanda kanker endometrium pada stadium awal. Kadang pasien sulit mengenali gejala yang muncul. Tetapi akan lebih baik Anda waspada sebelum kanker berkembang lebih jauh dan semakin sulit diatasi.

Jika Anda merasakan tanda-tanda kanker endometrium seperti yang digambarkan di artikel ini, terutama jika diraskaan bersamaan dalam waktu cukup lama, sebaiknya segera temuilah dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya dan agar bisa ditangani secepat mungkin.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Sarang Semut Papua Tumpas Kanker dan Tumor dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

sarang semut papua 3
Berkat herbal ini banyak penderita kanker, tumor dan benjolan abnormal bisa kembali menjalani hidup mereka seperti semula tanpa harus menghadapi biopsi, pembedahan, dan kemoterapi […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram