Wajah Berminyak: Penyebab & Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Wajah yang berminyak sebenarnya wajar. Kulit secara alami mengeluarkan minyak untuk melapisi dan melembapkan kulit. Tapi memang jika jumlahnya berlebihan dapat memicu masalah kulit, termasuk wajah berjerawat. Apa sebenarnya penyebab wajah berminyak berlebihan dan bagaimana cara mengatasinya?

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai penyebab-penyebab umum wajah mengeluarkan minyak berlebihan serta cara-cara praktik untuk mengatasi masalah ini.

Apa Penyebab Wajah Berminyak?

Di bawah setiap pori-pori kulit terdapat kelenjar minyak yang menghasilkan minyak alami yang disebut sebum. Ini berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi dan tetap sehat. Namun pada beberapa orang kelenjar ini bisa menghasilkan terlalu banyak minyak yang menjadi penyebab wajah berminyak.

Yang membuat kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak minyak bisa jadi faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Meski kita tidak bisa sama sekali menghilangkan kulit berminyak, tetapi kita bisa menguranginyta. Kuncinya adalah mengenali apa penyebab wajah berminyak tersebut.

Genetik

Kulit berminyak biasanya menurun dalam keluarga. Kalau salah satu orang tua kita punya kulit berminyak, kemungkinan besar kita juga punya kelenjar minyak yang terlalu aktif.

Usia

Kulit akan menghasilkan lebih sedikit sebum seiring bertambahnya usia. Kulit yang menua kehilangan protein, seperti kolagen, dan kerja kelenjar minyak jadi melambat.

Ini sebabnya banyak orang tua yang mengalami masalah kulit kering. Kurangnya kolagen dan sebum juga membuat garis-garis halus dan kerutan lebih terlihat di kulit.

Sebenarnya di sini lah keuntungan kulit berminyak, karena kulit mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan secepat kulit yang kering.

Namun perlu diketahui bahwa komposisi kulit bisa berubah seiring bertambahnya usia. Orang yang berusia 30-an mungkin komposisi kulitnya tidak lagi sama seperti yang ia miliki saat usia remaja dan 20-an.

Tempat Tinggal & Musim

Wilayah kita tinggal dan musim bisa memengaruhi kondisi kulit. Kita cenderung punya kulit berminyak di iklim yang panas dan lembap. Kita juga cenderung punya kulit lebih berminyak selama musim panas daripada musim dingin.

Karena itu kita sebaiknya menyesuaikan rutinitas perawatan kulit harian saat iklim sedang panas dan lembap untuk membantu mengurangi minyak.

Pori-Pori Membesar

Kadang-kadang pori-pori kulit juga membesar seiring pertambahan usia, pertambahan berat badan, atau akibat jerawat sebelumnya. Pori-pori yang membesar juga dapat menjadi penyebab wajah berminyak.

Kita tidak bisa mengecilkan pori-pori di kulit, tapi kita bisa lebih berhati-hati pada area wajah yang punya pori-pori membesar.

Salah Perawatan Kulit

Kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh salah menggunakan produk perawatan kulit. Beberapa orang keliru menggunakan produk perawatan yang tidak cocok untuk kulit berminyak.

Kalau kita punya kulit yang lebih kering selama iklim dingin, mungkin kita perlu mengganti produk perawatan dengan pelembap ringan dan pembersih berbahan dasar gel.

Perawatan Kulit yang Berlebihan

Di sisi lain, terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Tujuan mencuci dan mengeskfoliasi adalah menghilangkan kulit, tapi kalau berlebihan akan menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit.

Hal ini membuat kelenjar minyak jadi terpicu untuk menghasilkan lebih banyak sebum untuk menggantikan hilangnya.

Kita hanya perlu mencuci muka dua kali sehari untuk mencegah minyak berlebih.

Tidak Pakai Pelembap

Pelembap bukanlah penyebab wajah berminyak. Justru jika kita memakai produk perawatan kulit berjerawat yang berbahan salicylic acid dan benzol peroxide, kita membutuhkan pelembap yang baik agar kulit tidak mengering. Dan tanpa pelembap, semua jenis kulit juga akan mengering.

Jadi, daripada menghindari pelembap, kuncinya adalah menemukan jenis pelembap yang tepat. Pelembap berbahan dasar air yang ringan bisa bekerja dengan baik untuk kulit berminyak. Selalu jadikan ini sebagai langkah terakhir setelah membersihkan wajah dan memakai toner.

Cari juga produk pelembap yang “oil-free” dan “non-comedogenic” untuk menjaga pori-pori kulit tetap bersih.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Meski masalah kulit yang satu ini dapat sulit diatasi, namun kita bisa dengan sukses mengurangi minyak di wajah dengan cara-cara yang tepat. Berikut adalah cara mengatasi wajah berminyak yang praktis untuk dilakukan di rumah.

Cuci Muka

Ini cara mengatasi wajah berminyak yang paling pasti dan paling gampang. Idealnya kita perlu mencuci muka dua kali sehari, tapi jangan terlalu sering. Dan pakailah sabun cuci muka yang berbahan ringan, seperti sabun gliserin.

Kertas Minyak

Memang kertas minyak (kertas blotting) tidak bisa mencegah kelenjar minyak di kulit untuk mengeluarkan sebum, tetapi kertas kecil tipis ini bisa membantu menghilangkan minyak berlebih. Kertas minyak harganya murah dan gampang diperoleh. Gunakan sesuai kebutuhan sepanjang hari.

Madu

Madu adalah salah satu obat alami untuk kulit yang paling banyak digunakan. Berkat kemampuan anti-bakteri dan antiseptiknya, madu bermanfaat bagi kulit berminyak dan berjerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kelembapan alami kulit namun tidak membuatnya berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat menggunakan madu cukup dengan mengoleskannya tipis-tipis di wajah, biarkan mengering selama 10 menit, dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengelupas kulit mati. Oatmeal biasanya digiling dulu sebelum dipakai menjadi masker wajah. Bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang diblender seperti pisang, madu, atau pepaya.

Cara mengatasi wajah berminyak menggunakan masker oatmeal yaitu:

  • Campurkan ½ cangkir oatmeal yang sudah digiling dengan air panas.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai tercampur rata.
  • Pijatkan campuran ini ke wajah selama sekitar tiga menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Lidah Buaya

Lidah buaya (aloe vera) terkenal manfaatnya untuk mengobati luka dan masalah kulit. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang bagus bahwa lidah buaya membantu mengobati masalah kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak orang juga menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

Kita bisa mengoleskan lapisan tipis lidah buaya ke wajah sebelum tidur dan membiarkannya sampai pagi. Tapi lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang sensitif, jadi sebaiknya uji dulu sedikit di lengan bawah. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul dalam 24 – 48 jam, itu berarti aman digunakan.

Terkadang masalah kulit berminyak sulit untuk diatasi, terutama jika penyebabnya adalah faktor genetik. Cara mengatasi wajah berminyak yang terbaik adalah dengan melakukan perawatan yang tepat dan konsisten. Cobalah cari tahu apa penyebab wajah berminyak yang Anda alami dan temukan cara mengatasi yang paling tepat bagi Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 7 Causes of Oily Skin. URL: https://www.healthline.com/health/oily-skin-causes

Healthline. 10 Home Remedies for Oily Skin. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>