Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Anda mungkin aktif secara seksual, tampaknya tak ada masalah dengan performa Anda ditempat tidur bersama dengan pasangan Anda. Pernikahan Anda bisa jadi sudah berlangsung cukup lama, sehingga orangtua, mertua, atau istri Anda mulai mendambakan kedatangan sang buah hati. Namun, bagaimana jika anda mengalami infertilitas atau kemandulan? Adakah herbal anti infertilitas yang bantu pulihkan kondisi Anda? Mungkinkah ini diatasi dengan konsumsi Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas? Bagaimana kinerja herbal untuk infertilitas tersebut?

Dalam artikel ini Anda akan melihat kinerja Tongkat Ali sebagai obat infertilitas. Walau disebut serupa dengan obat untuk infertilitas, kandungan alami herbal ini bersifat menutrisi tubuh agar kembali subur. Selain itu herbal tidak memiliki efek samping yang sama dengan obat anti infertilitas. Penasaran dengan penggunaannya? Simak informasi selengkapnya dalam keterangan berikut!

Tongkat Ali sebagai Herbal Infertilitas Terbaik, Benarkah?


Ketahuilah bahwa infertilitas merupakan masalah yang umum terjadi di seluruh penjuru dunia. Setidaknya diketahui ada satu dari lima pasangan yang mengalami infertilitas. Sayangnya, masalah infertilitas seringkali terjadi pada pria. Diperkirakan 1 dari 20 pria memiliki beberapa jenis masalah kesuburan dengan jumlah sperma yang rendah sewaktu mengalami ejakulasi. Namun, hanya sekitar 1 dari setiap 100 pria yang sama sekali tidak memiliki sperma saat ejakulasi terjadi.

Dalam kebanyakan kasus, tidak ada tanda-tanda infertilitas yang jelas. Hubungan seksual, ereksi dan ejakulasi bisa saja berlangsung lancar tanpa masalah. Kuantitas dan kualitas mani setelah ejakulasi umumnya tampak normal dengan “mata telanjang”. Maka dari itu hanya pemeriksaan medis yang dapat menentukan apakah seorang pria mengalami infertilitas atau tidak. Namun, infertilitas pria biasanya disebabkan oleh masalah yang memengaruhi produksi sperma atau transportasi sperma.

Sekali lagi, kondisi ini hanya bisa diketahui dengan pemeriksaan medis, sehingga dokter dapat membantu Anda menemukan penyebab masalah utamanya. Sekitar dua pertiga pria yang mengalami infertilitas juga memiliki masalah dengan produksi sperma di dalam testis. Hal ini berkaitan dengan kuantitas dan kualitas sperma yang diproduksi testis. Sedangkan, masalah terkait dengan laju sperma ditemukan pada sekitar 1 dari setiap 5 pria tidak subur, termasuk pria yang telah menjalani vasektomi tetapi ingin memiliki anak.

Jika Anda mengalami kondisi ini, jangan khawatir! Kondisi ini masih dapat diperbaiki, hanya saja bergantung pada seberapa serius kondisi kesehatan yang Anda alami. Hal ini hanya dapat dipastikan dengan pemeriksaan medis secara keseluruhan. Hasil pemeriksaan akan membantu Anda memilih pengobatan yang cocok dengan situasi tersebut. Termasuk penggunaan Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas. Seberapa efektif manfaat herbal anti infertilitas ini? Sebelum kita bahas penggunaan herbal untuk infertilitas tersebut, mari kita selidiki kondisi infertilitas itu sendiri!

Sekilas Tentang Infertilitas atau Ketidaksuburan

Sumbatan saluran sperma dapat menyebabkan aliran sperma dari testis ke penis terganggu, sehingga keberadaan sperma dalam mani menjadi sedikit saat ejakulasi berlangsung. Penyebab infertilitas yang kurang umum meliputi: masalah seksual terkait dengan kemampuan mani untuk memasuki vagina saat pembuahan terjadi, rendahnya tingkat hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis terhadap kinerja testis, dan antibodi sperma dimana antibodi menyerang sperma karena dianggap sebagai “benda asing”.

Pada kebanyakan pria, antibodi sperma tidak akan memengaruhi kemungkinan kehamilan, tetapi pria lainnya, kondisi antibodi sperma dapat mengurangi kesuburan. Kondisi lainnya juga turut menyebabkan infertilitas, misalnya; karena gangguan kromosom atau genetik, kondisi testis yang tidak turun (kegagalan testis untuk turun dalam kantung zakar yang terjadi saat lahir), ataupun infeksi pada epididimis. Adapula yang mengalami torsi (kondisi memutarnya testis dalam skrotum), Varicocele (varises testis), penggunaan obat-obatan dan bahan kimia.

Tak sedikit yang mengalami infertilitas karena kerusakan radiasi, gangguan prostat, ketiadaan organ vas deferens, tindakan medis vasektomi, kondisi retrograde dan ejakulasi dini. Bahkan kegagalan ejakulasi juga dapat terjadi, juga disfungsi ereksi, hubungan seksual yang jarang dilakukan, cedera tulang belakang, pernah mengalami operasi prostat, kerusakan saraf, kondisi tumor hipofisis, kurangnya Luteinising hormone / Follicle Stimulating Hormone sejak lahir (masalah hipofisis sejak lahir), penyalahgunaan steroid anabolik (androgenik), atau cedera pada epididimis.

Jika infertilitas terjadi karena menurunnya hormon testosteron dalam tubuh atau sebagai reaksi penurunan hormon kejantanan tersebut. Maka konsumsi Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas dapat sangat bermanfaat bagi Anda. Herbal anti infertilitas tersebut memiliki kemampuan dalam meningkatkan kadar testosteron. Alhasil kuantitas dan kualitas sperma pun meningkat sehingga potensi kehamilan terhadap pasangan dapat dimungkinkan. Mari kita perhatikan bagaimana kinerja dan potensi herbal untuk infertilitas berikut!

Kinerja Tongkat Ali Dalam Meningkatkan Kesuburan

Berdasarkan penelitian Mohd Ismail Bin Mohd Tambi dan M. Kamarul Imran, terhadap manusia baru-baru ini telah membuktikan adanya peningkatan hormon dihydroepiandrosterone dan testosteron dengan menormalkan konsentrasi serum hormon pertumbuhan. Serta peningkatan konsentrasi superoksida dismutase (SOD), suatu anti-oksidan penting yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek peningkatan kesuburan terhadap ekstrak Tongkat ali.

Para peneliti berpendapat bahwa ekstrak standar dari Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas mungkin terbukti bermanfaat dalam mengobati pria dengan kondisi infertilitas idiopatik. Ini merupakan kondisi manakala seorang pria memiliki konsentrasi sperma yang rendah dengan (atau tanpa) motilitas rendah dan persentase sperma yang menurun. Tujuan kedua dari penelitian tersebut ialah menyelidiki kemungkinan adanya peningkatan potensi kehamilan terhadap pasangan selama perawatan dilakukan.

Hasil penelitian memperlihatkan ada 11 kehamilan spontan terhadap pasangan selama perawatan dijalani, 6 di antaranya dicapai pada saat menyelesaikan siklus pengobatan pertama dan 5 lainnya dicapai pada saat menyelesaikan siklus pengobatan kedua. Bagaimana mekanisme kinerja herbal anti infertilitas ini dikaitkan dengan efek peningkatan testosteron dan sifat antioksidan, yang telah didokumentasikan dengan baik dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Mohd Ismail Bin Mohd Tambi.

Dengan demikian, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan melakukan pengobatan dengan konsumsi herbal untuk infertilitas. Sehingga peluang seorang wanita untuk hamil bisa ditingkatkan. Namun bagaimana ini semua dapat terjadi, berapa lama dan berapa banyak dosis yang bisa digunakan untuk mencapai hasil demikian? Mari kita perhatikan informasi berikutnya!

Potensi Tongkat Ali Dalam Meningkatkan Kesuburan

Guna menyelidiki potensi Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas dibutuhkan penelitian yang mendukungnya. Berdasarkan penelitian ini efek pengobatan terstandar pada ekstrak Tongkat Ali, yang diyakini mampu meningkatkan kesuburan pria dapat dibuktikan. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan volume mani yang lebih tinggi, konsentrasi sperma, persentase morfologi sperma normal dan motilitas sperma terhadap pria yang mengalami gangguan infertilitas idiopatik.

Setidaknya ada sekitar 350 partisipan yang ikut serta dalam penelitian tersebut. Kemudian, penelitian dimulai dengan konsumsi ekstrak Tongkat Ali sebanyak 200 mg setiap hari selama 9 bulan. Lalu, analisis mani ditindak lanjuti setiap 3 bulan untuk memeriksa perubahan yang dirasakan. Dari 350 partisipan, 75 diantaranya telah menyelesaikan satu siklus terapi penuh selama 3 bulan. Analisis mani terhadap partisipan tersebut menunjukkan peningkatan signifikan pada semua parameter mani.

Ekstrak Tongkat Ali secara signifikan meningkatkan kualitas sperma dengan kemungkinan kehamilan. Itulah manfaat Tongkat Ali sebagai herbal infertilitas, berdasarkan pengalaman penggunanya herbal untuk infertilitas ini tergolong aman untuk dikonsumsi. Penelitian-penelitian yang terus dikembangkan memperlihatkan hasil positif baik dari segi manfaat penggunaan maupun tingkat keamanan saat Anda mengonsumsi herbal anti infertilitas tersebut.

Demikianlah informasi lengkap sehubungan dengan Tongkat Ali sebagai obat infertilitas. Apapun pilihan Anda selalu pastikan keamanannya, baik konsumsi herbal taupun obat anti infertilitas. Hal ini akan membantu Anda untuk terhindar dari komplikasi gangguan kesehatan lainnya. Selalu konsultasikan masalah kesehatan yang Anda alami kepada dokter, sebelum memilih jenis obat untuk infertilitas yang dijual bebas.

Daftar Pustaka:

Tambi MI, Imran MK. 2010-03-29. Eurycoma longifolia Jack in managing idiopathic male infertility. Asian J Androl. 2010 May;12(3):376-80. doi: 10.1038/aja.2010.7. Epub 2010 Mar 29. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20348942. Diakses 2019-01-04.