Penyebab Infertilitas Pada Pria Dewasa!

619
Penyebab Infertilitas Pada Pria
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Penyebab infertilitas pada pria — Apa sajakah itu? Mungkinkah untuk menghindari kondisi yang menyebabkan Anda menjadi tidak subur? Bisakah ketidaksuburan dipulihkan?

Informasi berikut akan membantu Anda untuk menghindari 10 faktor yang dapat menyebabkan kondisi tidak subur dalam tubuh Anda. Menghindarinya dapat meningkatkan kemungkinan untuk memiliki keturunan. Berikut info selengkapnya!

Penyebab Infertilitas Pada Pria!

Kebanyakan kasus sulit untuk memiliki anak pada pernikahan sering dianggap sebagai masalah kesuburan pada wanita. Padahal pria juga bisa mengalami masalah kesuburan. Dalam laman WebMD juga dikatakan setidaknya 20% kasus kesulitan memiliki anak terkait dengan masalah kesuburan pria.

Hanya saja tak semua pria bersedia melakukan tes terkait kesehatan kondisi kesuburan mereka. Padahal dengan menyadari kondisi kesuburan mereka terdeteksi lebih awal, akan lebih mudah untuk melakukan tindakan medis untuk segera mengatasi masalah dan membantu pria segera mendapatkan keturunan.

Dan yang lebih buruk lagi banyak kasus kesuburan pria terjadi hanya karena hal-hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Waspadai 10 Faktor Pemicu Infertilitas Pada Pria!

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab infertilitas pada pria yang perlu Anda waspadai menurut salah satu jurnal dari Stanford University pada tahun 1998.

1. Alkohol

Alkohol mengandung beragam bentuk toksin yang dapat meracuni tubuh dan salah satu efek sampingnya adalah menurunkan fungsi sistem saraf tepi, termasuk saraf pada area genital pria. Kondisi ini menjadi penyebab infertilitas pada pria dan akhirnya mengganggu pengeluaran sperma.

Bila sperma tidak berhasil dikeluarkan dengan optimal maka produksi sperma baru akan terhambat dan akhirnya menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas sperma. Diperparah dengan kandungan toksin dalam tubuh maka masalah produksi sperma ini bisa menjadi lebih serius.

2. Kimia

Banyak pria dari kalangan menengah ke atas menyukai aktivitas berenang dan golf. Yang menarik dari kedua aktivitas ini adalah bahwa tanpa mereka sadari kedua lokasi dari olahraga ini memberi risiko tinggi terhadap paparan bahan kimia.

Beberapa kolam renang menggunakan bahan kaporit untuk membersihkan air. Dan lapangan rumput dari arena golf biasa mendapatkan siraman pestisida berlebihan untuk menjaga kondisi rumputnya. Namun menjadi salah satu penyebab infertilitas pada pria.

Sebaiknya para pria lebih saksama dalam memilih kolam renang untuk memastikan kolam ini tidak terlalu banyak diberikan kaporit. Selain itu pilihlah pakaian yang lebih tertutup saat sedang ber-golf untuk menekan paparan pestisida di lapangan golf.

Baca juga:  Tongkat Ali Sebagai Herbal Infertilitas

3. Masturbasi

Kebiasaan masturbasi merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria. Hal ini terjadi jika Anda sering melakukannya, sehingga kondisi sperma dalam tubuh mengalami penurunan kuantitas dan kualitas.

Namun, penelitian masih perlu dilakukan untuk membuktikan pendapat tersebut. Jika benar, maka sering melakukan hubungan seksual juga dapat menimbulkan risiko yang sama. Hingga kini bahaya masturbasi pada pria dikaitkan dengan kondisi emosional.

4. Nutrisi

Untuk tetap sehat, pria membutuhkan sejumlah nutrisi penting seperti Zink untuk membantu menjaga keseimbangan hormonal, kalsium untuk membantu memperkuat sperma, vitamin C, asam amino, vitamin D, magnesium, zat besi, serta kalium.

Kadang menjalankan diet yang tidak seimbang atau mengalami masalah dengan sistem pencernaan akan menjadi penyebab infertilitas pada pria dan mengganggu kondisi kesehatan.

Penting untuk tetap menjaga keseimbangan menu harian untuk memastikan asupan yang dikonsumsi sudah mencukupi kebutuhan nutrisi. Untuk pria sebaiknya maksimalkan asupan nutrisi-nutrisi tadi untuk membantu menstimulasi kesuburan dan kesehatan genital.

5. Obesitas

Sementara kekurangan nutrisi terbukti dapat menyebabkan masalah dengan kesuburan pria, maka kasus obesitas juga ternyata bisa menjadi penyebab infertilitas pada pria.

Obesitas akan menyebabkan masalah penumpukan cadangan lemak pada lokasi-lokasi yang tidak diharapkan termasuk dikawasan genital pria. Lemak cadangan ini bisa menyebabkan terjadinya tekanan pada saluran-saluran sperma sehingga aliran sperma menjadi tidak lancar.

Lemak ini juga bisa menghimpit pembuluh darah termasuk pembuluh darah menuju area genital sehingga menyebabkan penis sulit mengeras dan menyulitkan sperma untuk keluar dengan lancar.

6. Pakaian

Banyak pria menyukai mengenakan pakaian dalam ketat karena dianggap membuat bagian panggul terlihat lebih kencang. Namun tanpa mereka sadari, kebiasaan ini juga bisa menjadi penyebab infertilitas pada pria, dengan kesehatan organ intim mereka termasuk kemampuan dalam memproduksi semen dan sperma.

Pakaian dalam yang ketat akan meningkatkan suhu pada area genital pria yang akan menyebabkan penurunan kualitas produksi sperma. Celana yang ketat juga menyebabkan tekanan pada area genital dan kadang menyebabkan aliran darah terhambat. Kondisi tersebut bisa memicu penurunan fungsi sistem pembuluh darah yang berakibat buruk pada sistem genital pria.

7. Racun

Dalam banyak informasi dan riset memang dipastikan bahwa beragam jenis makanan seafood terutama kerang dan lobster terbukti memiliki kandungan afrodisiak yang membantu meningkatkan libido. Itu pula sebabnya banyak pria juga menggemari hidangan laut untuk meningkatkan vitalitas mereka.

Baca juga:  Tongkat Ali Sebagai Herbal Infertilitas

Sayangnya tanpa banyak diketahui beberapa seafood ini sudah terkontaminasi jenis racun yang berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan pria. Mercury, timbal, dan masih banyak jenis racun lain akan menyebabkan masalah serius sebagai penyebab infertilitas pada pria, bahkan juga bisa menyebabkan cacat sperma.

8. Rokok

Kebiasaan merokok seringkali mengakibatkan serangan beragam penyakit, termasuk sebagai penyebab infertilitas pada pria. Hal ini disebabkan oleh banyaknya senyawa beracun dalam rokok, sekalipun sudah melalui proses filterisasi.

Kandungan rokok mampu merusak komponen sel sperma dalam tubuh, sehingga merusak struktur kesuburan dan gen pembawa keturunan. Bagi Anda yang berniat memiliki keturunan ada baiknya untuk menghindari kebiasaan merokok guna menghindari kondisi cacat bawaan pada janin.

9. Steroid

Beberapa pria cenderung terlalu tergila-gila dengan olahraga dan dengan sukarela menghabiskan banyak waktu di ruang gym mereka demi membentuk otot. Tanpa mereka sadari kebiasaan ini justru dapat menjadi penyebab infertilitas pada pria.

Olahraga berlebihan dan otot yang terlalu keras akan membuat tubuh memproduksi sejenis hormon adrenal steroid yang akan menekan produksi tesosteron dalam tubuh pria. Kekurangan tesosteron jelas akan memengaruhi kondisi kesuburan mereka.

Mereka yang mengonsumsi steroid buatan akan mengalami keluhan defisiensi tesosteron yang lebih serius lagi. Biasanya steroid buatan dimanfaatkan sebagai pemacu pembentukan otot dan menstimulasi tubuh memproduksi energi lebih besar.

10. Suhu

Duduk terlalu lama juga memberi efek yang hampir serupa dengan mereka yang biasa mengenakan pakaian dalam ketat. Ada efek peningkatan suhu pada area lipatan genital yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas produksi sperma. Sehingga dicurigai sebagai penyebab infertilitas pada pria.

Selain itu, tekanan duduk yang lama menyebabkan beberapa otot dan saraf pada area genital mengalami efek lemas sehingga menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku dan sulit mengembang pada proses ejakulasi.

Jadi ternyata ada beberapa kondisi penyebab infertilitas pada pria dalam aktivitas sehari-hari. Jalankan hidup yang sehat dan seimbang antara pekerjaan, olahraga, waktu santai, sembari mengembangkan pola makan yang sehat. Itu adalah kunci utama menghindari masalah kemandulan pria.


Jennifer Robinson, MD. Infertility and Men. February 23, 2019. URL: https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/male-fertility-test#3-6.


Advertisement
Alinesia