5 Tanaman Obat untuk Kesuburan Pria


By Cindy Wijaya

Memiliki kesuburan yang prima adalah harapan dari setiap pria yang mengharapkan keturunan segera. Sayangnya ada berbagai kondisi yang membuat kesuburan seorang pria terganggu. Mengonsumsi obat kesuburan menjadi salah satu solusi, tapi tentunya harus sesuai rekomendasi dokter. Dokter akan membandingkan manfaat dan risiko dari setiap obat sebelum meresepkannya untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kesuburan dengan cara yang minim efek samping, dapat mempertimbangkan tanaman obat untuk kesuburan pria. Beruntung kita tinggal di Indonesia yang kaya akan tanaman dan rempah yang punya khasiat ini.

Dalam artikel ini akan dibahas 5 tanaman herbal untuk kesuburan pria yang telah dibuktikan secara ilmiah khasiatnya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam upaya memiliki keturunan segera.

Ginseng

Ginseng punya reputasi sebagai afrodisiak, yang artinya memiliki kemampuan untuk merangsang daya seksual. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, selama ribuan tahun ginseng telah digunakan untuk mengatasi disfungsi seksual dan untuk meningkatkan performa seksual.

Penelitian modern mendapati bahwa ginseng meningkatkan kinerja seksual dan memperbaiki kesuburan pria dengan cara memodulasi sistem saraf dan hormonal, meningkatkan spermatogenesis, dan bekerja langsung pada sperma melalui reseptor steroid.

Ginseng didapati mampu memperbaiki kualitas dan jumlah sperma pada pria sehat maupun pria yang memiliki masalah kesuburan. Diduga ini karena kandungan ginsenoside yang dimilikinya. (Sumber: Spermatogenesis Vol. 3 No. 3)

Kualitas sperma yang dihasilkan organ reproduksi sangat memengaruhi kesuburan seorang pria. Karena itu ginseng menjadi salah satu andalan rempah-rempah untuk kesuburan pria.

Tongkat Ali

Tongkat Ali juga adalah pilihan tanaman obat untuk kesuburan pria yang ampuh. Seperti ginseng, herbal ini juga sudah sejak lama digunakan secara tradisional untuk memperbaiki masalah kesuburan dan meningkatkan kemampuan seksual.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi Tongkat Ali bisa sangat memperbaiki konsenstrasi dan motilitas sperma. Konsentrasi sperma merujuk pada seberapa pekat jumlah sperma yang ada dalam cairan semen (air mani). Sedangkan motilitas sperma maksudnya seberapa baik pergerakan sperma dalam mencapai atau menembus sel telur.

Contohnya penelitian yang dibahas dalam Asian Journal of Androlody Volume 12 No 3 mendapati peningkatan konsentrasi dan jumlah sperma yang signifikan pada partisipan yang mengonsumsi ekstrak Tongkat Ali setiap hari selama 3 bulan.

Ini hanya salah satu bukti dari berbagai penelitian yang memperlihatkan bahwa Tongkat Ali layak dipertimbangkan sebagai pilihan tanaman herbal untuk kesuburan pria.

Lengkuas

Lengkuas adalah bumbu dapur yang kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan melindungi DNA dan molekul penting dari kerusakan oksidatif dan dapat meningkatkan kualitas sperma. Karena itulah lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk kesuburan pria.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lengkuas dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas, dan viabilitas sperma (Sumber: Iranian Journal of Reproductive Medicine Vol. 12 No. 11). Viabilitas sperma maksudnya adalah kemampuan sperma untuk bertahan hidup yang merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas sperma.

Wijen

Meski tidak sering seperti ginseng dan tongkat ali, namun wijen juga kadang digunakan sebagai tanaman herbal untuk kesuburan pria. Wijen kaya akan kandungan lignan, termasuk sesamin, episesamin, sesamolin, dan tokoferol, yang memiliki manfaat antioksidan.

Manfaat antioksidan itu dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Penelitian telah membuktikan hal ini. Salah satunya yang dibahas dalam Journal of Research in Medical Sciences Vol. 18. No. 3 yang menunjukkan bahwa konsumsi wijen meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Manfaatnya itu terlihat pada pria yang memiliki masalah kesuburan, sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa wijen dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif dan aman untuk kesuburan pria.

Jinten Hitam

Jinten hitam (habbatussauda) adalah rempah terkena dari negeri Arab yang diketahui punya banyak manfaat kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah sebagai rempah-rempah untuk kesuburan pria.

Sebuah penelitian menunjukkan perbaikan signifikan pada para partisipan pria dengan masalah kesuburan yang mengonsumsi kapsul jinten hitam selama 3 bulan. Mereka mengalami perbaikan pada jumlah sperma, motilitas sperma, viabilitas sperma, morfologi sperma, dan volume ejakulasi. (Sumber: Tikrit Journal of Pharmaceutical Sciences Vol. 9 No. 1)

Hasil ini didukung oleh banyak penelitian lain yang meneliti manfaat jinten hitam pada kualitas semen (air mani). Karena itu jinten hitam telah terbukti dapat digunakan dalam pengobatan ketidaksuburan pria.

Apapun tanaman obat yang Anda pilih, pastikan Anda menggunakannya dalam jumlah yang sesuai, tidak berlebihan. Karena meskipun bahannya alami, tapi jika dikonsumsi berlebihan pasti akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Bila Anda memilih untuk membeli produk olahan dari tanaman obat itu, misalnya dalam bentuk kapsul ekstrak, pastikan produknya berkualitas dan diproduksi oleh produsen yang punya reputasi baik. Dan ikuti petunjuk dosis dan cara konsumsi dari produk tersebut.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang 5 tanaman obat untuk kesuburan pria. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar pemantaan tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}