Titik Pijat Refleksi untuk Problem Haid


By Fery Irawan

Banyak wanita pernah mengalami masalah selama masa haid, yang paling sering adalah rasa nyeri atau kram di perut bagian bawah yang bisa sampai tak tertahankan. Beruntung ada beragam solusi untuk mengatasi gejala-gejala tak nyaman selama menstruasi tersebut, salah satunya adalah dengan pemijatan pada titik pijak refleksi yang tepat.

Pijat refleksi adalah pijat tekan yang bisa dilakukan pada tangan, kaki, atau. Hal ini didasarkan pada stimulasi titik-titik refleks yang ada di tangan, kaki, atau telinga sesuai dengan setiap bagian tubuh termasuk otot, saraf, kelenjar, dan tulang.

Dengan kata lain, titik-titik refleks menunjukkan fungsi berbagai organ tubuh. Bila titik-titik refleks diberi stimulasi/rangsangan, dapat membawa keseimbangan sistem tubuh agar dapat bekerja sama secara harmonis, dan dengan demikian menciptakan kesejahteraan dan kesehatan yang optimal.

Apa saja titik pijat refleksi untuk masalah haid? Bagaimana pijat refleksi bermanfaat selama siklus haid? Berikut penjelasannya.

Apa Saja Titik Pijat Refleksi untuk Masalah Haid?

Ketidakteraturan masa haid sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi yang tepat. Dalam pijat refleksi, titik-titik saraf untuk organ-organ reproduktif ada pada telapak tangan maupun telapak kaki.

Pada punggung tangan, persis di atas tulang pergelangan terletak titik pijat refleksi untuk seluruh sistem reproduksi. Lebarnya titik ini hampir sama besar dengan jari telunjuk Anda. Sementara pada kaki, titiknya teletak persis pada lingkar atas antara kaki dan tungkai.

Areanya bisa sepanjang dari tulang pergelangan kaki bagian luar hingga tulang pergelangan kaki bagian dalam. Di titik inilah pemijatan bisa dilakukan untuk mencapai efek yang diinginkan, khususnya pada tuba falopi, selangkang, dan nodus limfa iliak.

Titik pijat refleksi ini juga sangat membantu untuk orang yang mengalami kram dan dismenore selama masa haid yang diakibatkan oleh kontraksi ovarium dan uterus. Kontraksi seperti ini menyebabkan ketegangan pada daerah perut dan rasa pegal yang luar biasa pada pinggang.

Wanita normal pun umumnya mengalami ketidaknyamanan selama masa haid, khususnya pada hari pertama hingga hari ketiga di mana haid sedang banyak-banyaknya.

Maka, tidak hanya pada wanita yang memang bermasalah dengan haid, tapi pada wanita normal pun pemijatan pada titik pijat refleksi dapat membuat perasaan tidak nyaman itu jauh berkurang.

Titik Pijat Refleksi untuk Nyeri Haid

Nyeri haid biasanya dirasakan pada hari pertama hingga kedua dari periode menstruasi. Untuk membantu mengurangi nyeri haid tersebut, cobalah lakukan pijat tiga titik refleksi berikut ini:

Titik Refleksi 1: Atas Mata Kaki

Untuk menemukan titik refleksi ini, sentuh mata kaki Anda lalu tempelkan empat jari di atasnya. Bagian yang perlu dipijat adalah bagian di atas empat jari tersebut. Pijat tekan area tersebut sekitar 30 hitungan, dengan dibagi-bagi menjadi 10 hitungan setiap kali pijat tekan lalu diikuti jeda sebentar. Ulangi lakukan hal yang sama di atas mata kaki yang satu lagi.

Titik Refleksi 2: Antara Jempol dan Telunjuk

Titik refleksi ini ada di punggung tangan, tepatnya pada tonjolan paling tinggi di antara jempol dan telunjuk. Pijat area ini dengan tekanan ringan hingga sedang selama sekitar 30 hitungan.

Titik Refleksi 3: Bawah Tempurung Lutut

Untuk menemukan titik refleksi untuk nyeri haid ini, coba sentuh tempurung lutut lalu tempelkan empat jari dari situ ke awah bawah. Bagian yang perlu dipijat adalah bagian setelah empat jari itu, yang ada di tepi luar tulang kering.

Bagaimana Pijat Refleksi Bermanfaat Selama Siklus Haid?

Ada banyak obat-obatan pengurang rasa sakit yang beredar. Namun seringkali, setelah penggunaan selama beberapa waktu, wanita yang mengonsumsinya lama-lama akan kebal dengan efek obat tersebut sehingga harus mengonsumsi obat dengan dosis lebih tinggi untuk mengatasi nyeri haidnya.

Keadaan semacam ini tidak terjadi pada terapi alternatif, misalnya dengan terapi pada titik pijat refleksi. Selain itu, dengan pijat refleksi pada titik-titik saraf sistem reproduksi, peredaran darah akan lebih lancar dan kontraksi yang ekstrem akan mereda dan haid menjadi lebih lancar.

Selain melancarkan siklus haid dan meredakan nyeri haid, terapi pada titik pijat refleksi untuk kelenjar-kelenjar reproduksi juga akan membantu menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.

Keseimbangan ini akan membantu para wanita agar proses haidnya normal, memperbaiki mood, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, haid yang katanya membuat wanita lebih lemah pada masa-masa tertentu, tidak akan mengganggu aktivitas Anda setiap bulannya. Jadi daripada mengatasi gejalanya saja, Anda bisa memperbaiki penyebab problem haid Anda dengan melakukan pijat titik refleksi.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. Reflexology 101. https://www.healthline.com/health/what-is-reflexology

Liputan6.com. Memijat 3 Titik Tubuh Ini Ampuh Mengurangi Nyeri Haid. https://www.liputan6.com/health/read/3957433/memijat-3-titik-tubuh-ini-ampuh-mengurangi-nyeri-haid

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>