Tips Agar Patah Tulang Sembuh Lebih Cepat

858

Diedit:

Retak atau patah tulang biasanya disebabkan oleh kecelakaan, misalnya karena jatuh, kecelakaan mobil, atau kecelakaan saat olahraga. Patah tulang juga bisa diakibatkan oleh osteoporosis. Kalau Anda sedang mengalami patah tulang, Anda harus segera menanganinya dan jangan digerakkan sampai mendapat pertolongan medis.

Setelah ditangani oleh dokter dan diperban, Anda bisa melakukan langkah-langkah agar patah tulang sembuh lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk membantu mempercepat pemulihan tulang.

Berhentilah Merokok

Pasien patah tulang yang merokok terbukti lebih lama sembuh, bahkan ada yang sampai mengalami nonunion (tulang tidak dapat menyambung lagi). Ini karena merokok dapat mengubah aliran darah menuju tulang, padahal aliran darah tersebut membawa nutrisi yang diperlukan dan sel-sel untuk memungkinkan patah tulang sembuh.

Oleh sebab itu selama patah tulang belum benar-benar sembuh, Anda biasanya akan dilarang merokok oleh dokter. Jika tetap merokok, berarti Anda harus siap-siap untuk mengeluarkan lebih banyak biaya karena memakan waktu lebih lama sampai patah tulang sembuh. Dan bahkan bukan tidak mungkin penyembuhannya juga jadi tidak sempurna.

Pola Makan Seimbang

Tulang yang patah membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada tulang yang sehat. Karena itulah pasien patah tulang wajib makan dengan gizi seimbang, dan memastikan asupan gizinya berasal dari semua jenis makanan.

Makanan Terbaik Untuk Menyembuhkan Patah Tulang

Makanan tinggi kalsium—mineral utama pada tulang adalah kalsium, karena itu konsumsilah makanan tinggi kalsium seperti sayuran laut, sayuran hijau, ikan salmon, sarden, dan susu.

Makanan bervitamin K—sayur kale, brokoli, bayam, dan sayuran lain yang banyak menganudng vitamin K1, serta produk susu mentah seperti keju yang tinggi vitamin K2 bermanfaat untuk pembekuan darah dan pembentukan tulang.

Protein—tubuh tidak mampu membangun kembali jaringannya yang rusak tanpa protein. Jadi cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 4-5 ons makanan berprotein seperti daging-dagingan.

Vitamin C—ini penting untuk pembuatan kolagen yang merupakan komponen penting dari kulit dan jaringan tubuh. Tingkatkanlah asupan buah dan sayuran kaya vitamin C semacam buah jeruk, paprika, stroberi, dan tomat.

Zink—untuk membangung kembali tulang yang rusak, dibutuhkan reaksi kimia tertentu yang memerlukan zink. Karena itu tambahkanlah asupan makanan berzink seperti daging sapi, biji labu, dan bayam ke dalam menu makanan sehari-hari Anda.

Makanan Terburuk yang Melemahkan Tulang

Alkohol—memicu proses pengikisan tulang serta meningkatkan peradangan. Ini berarti jika Anda ingin patah tulang sembuh lebih cepat, jangan sekali-kali mencoba konsumsi alkohol selama proses penyembuhan.

Garam—batasilah garam karena kandungan natrium di dalamnya menghilangkan kalsium dari tulang. Batasi asupan garam tidak lebih dari 1500 mg (kurang dari ½ sendok teh) dalam sehari.

Gula dan tepung halus—gula serta tepung yang sudah diolah menjadi butiran halus dapat memicu pengikisan kepadatan massa tulang dan mereka hanya memberikan sangat sedikit nutrisi untuk penyembuhan patah tulang.

Minuman bersoda dan minuman manis lainnya—kandungan fosfor dari minuman bersoda benar-benar sanggup menghilangkan kalsium dari dalam tulang.

Kafein—minuman berkafein mengandung senyawa yang dapat mengikat kalsium, lalu menghambat proses penyerapannya sehingga memperlambat proses penyembuhan tulang.

Perhatikan Asupan Kalsium Anda

Pasien patah tulang cenderung hanya fokus pada kalsium, tetapi ingatlah bahwa asupan gizi Anda harus seimbang. Memang benar bahwa kalsium dibutuhkan agar patah tulang sembuh lebih cepat, tetapi kelebihan asupan kalsium tidak ada gunanya. Jadi pastikan Anda mengonsumsi suplemen kalsium dalam dosis yang pas, atau jika tidak, cobalah hanya mengonsumsi kalsium dari sumber alami.

Suplemen Alami Terbaik Untuk Penyembuhan Patah Tulang

Kalsium (500-600 mg dua kali sehari)—kalsium adalah mineral yang paling banyak terdapat dalam tulang. Jangan dikonsumsi bersamaan dengan makanan tinggi zat besi.

Magnesium (250-350 mg sehari)—magnesium dibutuhkan untuk pembentukan tulang.

Vitamin D3 (2000-5000 IU sehari)—vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium oleh tulang.

Asam lemak omega-3 (1000 mg sehari)—asam lemak esensial ini dibutuhkan untuk penyembuhan patah tulang dan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera.

Patuhi Rencana Perawatan dari Dokter

Dokter akan menyarankan jenis pengobatan tertentu, dan Anda harus mematuhinya sampai selesai. Sengaja mengubah rencana yang sudah disiapkan, misalnya dengan sembarangan melepas perban atau gips, malah akan memperlambat proses penyembuhan.

Jika diharuskan melalui bedah operasi, maka beberapa langkah dapat diambil sebelum dan setelah operasi untuk membantu mengoptimalkan penyembuhan. Dokter bedah mungkin akan memberikan saran mengenai makanan dan suplemen tambahan yang penting untuk pertumbuhan tulang. Ia juga mungkin memberikan saran mengenai aktivitas apa saja yang tidak boleh dilakukan.

Bagi semua pasien, dokter mewajibkan agar sama sekali tidak menggerakkan bagian tulang yang patah. Karena setiap gerakan pada area tulang tersebut bisa menghambat proses penyembuhan. Bergantung pada jenis patah tulang atau prosedur bedah yang dilakukan, dokter bedah mungkin akan menggunakan sejenis fiksasi (seperti sekrup, pelat, atau kawat) pada tulang yang retak dan/atau gips untuk menjaga tulang tetap pada tempatnya.

Selama jangka waktu yang ditentukan oleh dokter, Anda sebaiknya jangan mencoba menggerakkannya dan patuhi perintah apapun dari dokter. Setelah tulang sudah lumayan pulih, biasanya Anda diwajibkan mengikuti terapi fisik sebagai bagian dari proses rehabilitasi. Program latihan pada terapi tersebut dirancang agar dapat membantu pasien memperoleh kembali kekuatan serta keseimbangan yang dibutuhkannya untuk kembali beraktivitas normal.

Butuh Berapa Lama Sampai Patah Tulang Sembuh?

Tulang rata-rata butuh waktu 6 sampai 12 minggu sampai benar-benar pulih seperti sedia kala. Secara umum tulang anak-anak lebih cepat sembuh dibandingkan tulang orang dewasa. Proses penyembuhan juga bergantung pada lokasi, tingkat keparahan, jenis pengobatan yang ditempuh, dan beberapa faktor lainnya.

Patah tulang adalah pengalaman yang menyakitkan dan bikin frustasi, terutama apabila waktu penyembuhannya sangat lama. Jadi jangan bikin yang sudah lama ini jadi tambah lama dengan sembarangan merawatnya.

Sebelum melakukan apapun yang bisa memengaruhi bagian tubuh yang patah tulang, biasakan untuk bertanya dulu dengan dokter. Dan seraya menunggu tubuh untuk memulihkan dirinya sendiri, dukunglah penyembuhannya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Advertisement
Alinesia