Obat Limpa Bengkak di Apotik yang Mungkin Diresepkan Dokter


By Cindy Wijaya

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pembengkakan limpa, misalnya masalah infeksi, penyakit hati, atau bahkan penyakit kanker. Bila Anda mengalami limpa bengkak, dokter yang menangani mungkin akan menyarankan metode pengobatan tertentu. Beliau juga dapat meresepkan obat limpa bengkak di apotik, baik untuk mengurangi gejala-gejala Anda maupun untuk mengatasi masalah di balik pembesaran limpa.

Obat yang diresepkan oleh dokter dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan setiap pasiennya. Dalam artikel ini Anda akan dibantu untuk memahami apa obat pembesaran limpa yang umumnya tersedia di apotik K24, Kimia Farma, maupun apotik-apotik lainnya.

Obat Limpa Bengkak di Apotik

Obat pembengkakan limpa di apotik yang tepat bagi Anda haruslah disesuaikan dengan masalah yang menjadi penyebabnya. Misalnya jika limpa Anda membengkak akibat adanya infeksi bakteri, maka dokter akan memberi resep untuk obat antibiotik.

Bila Limpa Bengkak Tanpa Gejala

Bila dokter mendeteksi adanya pembesaran limpa pada pasiennya, namun pasien itu tidak mengalami gejala apapaun dan penyebab pembesarannya sulit diketahui, maka dokter dapat menyarankan untuk pasien untuk menunggu sambil memantau kondisinya.

Pasien juga diminta untuk kembali ke dokter untuk pemeriksaan ulang dalam waktu 6 – 12 bulan atau lebih cepat kalau muncul gejala-gejala.

Bila Dibutuhkan Tindakan Operasi

Jika pembesaran limpa menyebabkan komplikasi serius atau penyebabnya tidak dapat diketahui atau diobati dengan obat limpa bengkak di apotik, maka dokter dapat menganjurkan pasien untuk menjalani operasi pengangkatan limpa (splenektomi).

Dalam kasus pembengkakan limpa yang kronis atau kritis, operasi mungkin menjadi pilihan terbaik untuk pemulihan pasien.

Jika dokter Anda memberi pilihan ini, keputusan untuk menjalani operasi pengangkatan limpa harus dipertimbangkan baik-baik. Anda bisa tetap hidup aktif tanpa limpa, tetapi Anda akan lebih rentan terkena infeksi yang serius.

Kadang dokter juga memberi alternatif berupa terapi radiasi untuk mengecilkan limpa sehingga Anda bisa menghindari operasi.

Mengurangi Risiko Infeksi Setelah Operasi

Jika Anda memutuskan untuk menjalani operasi splenektomi, langkah berikutnya yang perlu diambil oleh dokter adalah meresepkan obat untuk mengurangi risiko infeksi sehabis operasi.

Obat limpa bengkak di apotik untuk kurangi risiko infeksi yang mungkin diresepkan dokter adalah antibiotik, untuk diminum setelah operasi dan kapan pun Anda dan dokter Anda menduga adanya kemungkinan infeksi terjadi.

Untuk jenis antibiotik, salah satu obat limpa bengkak di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lainnya adalah ceftriaxone. Obat ceftriaxone dijual dengan berbagai merek dagang, contohnya Betrix, Cefaxon, Ceftriaxone Sodium, Erphacef, Foricef, Renxon, dan Zeftrix.

Ceftriaxone merupakan obat golongan sefalosporin yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dengan cara mengikat satu atau beberapa protein pengikat penisilin.

Dokter juga mungkin akan memberikan serangkaian vaksinasi baik sebelum maupun sesudah splenektomi. Ini termasuk pemberian vaksin pneumococcal (Pneumovax 23), vaksin meningococcal dan vaksin haemophilus influenzae type b (Hib). Vaksinasi ini tujuannya untuk melindungi dari serangan pneumonia, meningitis, serta infeksi pada darah, tulang, dan sendi.

Anda juga mungkin akan membutuhkan vaksin pneumococcal setiap lima tahun sekali setelah menjalani operasi pengangkatan limpa.

Penyesuaian Gaya Hidup bagi Penderita Limpa Bengkak

Dokter kemungkinan akan memberikan saran-saran untuk menyesuaikan gaya hidup Anda. Misalnya Anda diminta untuk menghindari jenis olahraga yang melibatkan kontak fisik—seperti sepak bola, basket, atau voli—dan membatasi aktivitas fisik lain.

Sewaktu sedang bepergian dengan mobil, pastikan Anda selalu memasang sabuk pengaman dengan benar. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan, dan sabuk pengaman itu akan membantu mencegah cedera pada area limpa.

Dan pastikan juga untuk selalu memperbarui vaksinasi Anda, sebab Anda punya risiko lebih besar untuk mengalami infeksi. Itu berarti setidaknya vaksin flu tahunan, serta vaksin booster tetanus, difteri, dan pertusis setiap 10 tahun. Tanyakan pada dokter Anda apakah Anda memerlukan vaksin lainnya.

Alternatif Alami dari Obat Limpa Bengkak di Apotik

Di samping menggunakan obat limpa bengkak di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lain, sebagian orang memanfaatkan obat alami untuk membantu pemulihan dari infeksi maupun pencegahan infeksi di masa depan.

Karena erat kaitannya dengan infeksi bakteri, virus, ataupun parasit, maka obat alami untuk pembesaran limpa sebaiknya yang dapat membantu mengatasi infeksi. Nah, salah satu yang direkomendasikan adalah herbal Noni juice.

Noni juice merupakan sari buah Noni, dan buah Noni sudah dibuktikan sanggup mengoptimalkan imun tubuh agar cepat merespons ketika ada serangan virus, bakteri, dan parasit yang menginfeksi tubuh. Herbal ini melakukannya dengan memicu peningkatan aktivitas sel-sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari imun tubuh.

Bila mempunyai imun yang kuat, maka tubuh Anda dibantu untuk lebih efektif mencegah infeksi dan lebih cepat memulihkan infeksi yang terlanjur terjadi. Manfaat Noni juice ini tentu sangat baik bagi para penderita pembengkakan limpa yang lebih rentan terhadap infeksi.

Anda dapat dengan mudah memperoleh alternatif obat limpa bengkak di apotik K24, Kimia Farma, maupun apotik atau toko kesehatan lain, secara offline maupun online. Beberapa merek dari Noni juice antara lain: Primenoni, Tahitian Noni, dan Pure Noni.

Mengapa Limpa Bengkak Harus Segera Diobati?

Kondisi pembesaran limpa dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Salah satu yang terpenting adalah risiko cedera pada limpa karena membesar hingga ke luar perlindungan tulang rusuk. Cedera limpa kadang dapat membuatnya pecah, menyebabkan perdarahan internal yang mengancam jiwa dan harus dilakukan operasi pengangkatan limpa.

Itulah sebabnya dokter meminta pasien dengan pembengkakan limpa untuk menghindari olahraga atau aktivitas fisik yang berisiko menimbulkan cedera pada limpa. Pasien harus menunggu setidaknya sampai limpanya kembali ke ukuran normal dan telah terlindungi oleh tulang rusuknya.

Limpa yang membesar juga dapat memerangkap semua jenis sel darah. Ini bisa memicu berbagai kondisi kekurangan sel darah, termasuk anemia (kurang sel darah merah), trombositopenia (kurang trombosit), dan leukopenia (kurang sel darah putih).

Kesimpulan tentang Obat Limpa Bengkak di Apotik

Karena pembengkakan limpa disebabkan oleh penyakit lain yang mendasarinya, maka pengobatan akan tergantung pada penyebab utamanya.

Dalam beberapa situasi, dokter dapat menyarankan operasi pengangkatan limpa (splenektomi). Misalnya pada kasus pembengkakan limpa yang sudah kronis atau kritis.

Setelah dilakukan splenektomi, pasien akan lebih rentan untuk terkena infeksi serius. Dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi. Pasien juga diwajibkan untuk menjalani vaksinasi tertentu.

Di samping obat limpa bengkak di apotik, sebagian orang juga memanfaatkan alternatif alami untuk membantu pemulihan limpa bengkak. Salah satu yang dapat digunakan ialah herbal Noni juice yang berguna untuk membantu mencegah dan mengatasi infeksi.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat limpa bengkak di apotik Kimia Farma, K24, atau apotik-apotik lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar masalah kesehatan dan solusi herbalnya hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Mayo Clinic. Enlarged spleen (splenomegaly). URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/enlarged-spleen/diagnosis-treatment/drc-20354331

Medscape. Splenomegaly Medication. URL: https://emedicine.medscape.com/article/206208-medication

MedicineNet. Enlarged Spleen (Splenomegaly). URL: https://www.medicinenet.com/enlarged_spleen/article.htm

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>