4 Tanaman Obat Kaligata, Cara Mengatasi Biduran Tanpa Obat


By Cindy Wijaya

Kaligata atau biduran adalah sakit bentol-bentol merah gatal di kulit yang penyebanya bisa macam-macam, bisa karena reaksi alergi, pemicu fisik, dan bahkan masalah kesehatan lain seperti artritis reumatoid atau infeksi virus. Meski tidak berbahaya, tapi gejala-gejalanya bisa menjengkelkan dan bisa terus ada dalam waktu lama.

Untuk mengatasinya tidak selalu harus dengan obat-obatan dari dokter. Anda bisa meringankan gejala-gejala gatal, ruam merah, dan bentol-bentol dengan tanaman obat kaligata. Dalam artikel ini akan dibahas sejumlah obat alami untuk cara mengatasi biduran tanpa obat kimiawi.

4 Tanaman Obat Kaligata

Untuk gejala-gejala biduran yang masih ringan, dan tidak disebabkan oleh masalah kesehatan serius, Anda bisa memanfaatkan sejumlah obat biduran alami berikut ini.

Pijatkan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan antioksidan, yang dapat membantu mengatasi gejala-gejala biduran. Memijat kulit dengan minyak kelapa bisa meredakan gatal-gatal dan bentol kemerahan di kulit. Minyak kelapa juga membantu mengatasi iritasi kulit yang bisa muncul akibat kaligata. (Sumber: Journal of Traditional and Complementary Medicine, Vol. 9 No. 1)

Oleskan Lidah Buaya

Tanaman obat kaligata selanjutnya adalah lidah buaya yang memiliki kandungan anti-peradangan yang bisa efektif menenangkan gejala-gejala biduran. Namun sebaiknya oleskan dulu lidah buaya ke sedikit area kulit untuk mengecek apakah kulit Anda memiliki reaksi alergi terhadap lidah buaya. Jika aman, Anda bisa mengoleskannya ke area kulit yang terkena biduran beberapa kali sehari. (Sumber: Home Remedies for Hives – Healthline)

Basuhkan Air Daun Selasih

Sebagai tanaman obat kaligata, daun selasih (basil) mempunyai efek penghalang histamin alami, yang bermanfaat dalam mengurangi gatal-gatal dan iritasi yang dipicu oleh kaligata. Daun selasih juga memiliki senyawa antioksidan dan anti-inflamasi seperti, linalool dan eugenol, yang membantu memulihkan kulit.

Anda bisa merendam beberapa lembar daun basil di air panas 10-15 menit, lalu airnya dibasuhkan ke kulit dengan handuk atau kapas. (Sumber: Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, Vol. 5 No. 4)

Oleskan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree dapat mengurangi kemerahan, ruam, dan iritasi kulit akibat kaligata karena memiliki manfaat anti-peradangan dan antiseptik. Untuk menggunakannya sebagai obat biduran alami, campurkan 6 tetes minyak tea tree dengan 6 tetes minyak pelarut (seperti minyak kelapa atau zaitun) lalu oleskan ke kulit dengan kapas. Coba dulu oleskan ke sedikit area kulit untuk melihat bagaimana reaksi kulit Anda. Jika aman, Anda bisa melakukan ini setiap hari.

5 Cara Mengatasi Biduran Tanpa Obat Lainnya

Di samping menggunakan beberapa obat biduran alami seperti di atas, ada juga sejumlah tips praktis yang bisa diupayakan sebagai cara mengatasi biduran tanpa obat kimiawi.

Oleskan dengan Madu

Madu sudah sejak lama digunakan sebagai obat biduran alami. Ini karena madu memiliki khasiat anti-inflamasi yang menenangkan kulit dan mengurangi bengkak atau bentol-bentol akibat kaligata. Cobalah oleskan madu secukupnya ke area kulit yang terkena kaligata. (Sumber: Frontiers in Pharmacology Vol. 11)

Gunakan Kompres Dingin

Menempelkan sesuatu yang dingin ke kulit bisa membantu mengurangi iritasi dan bengkak di kulit. Untuk melakukan cara mengatasi biduran tanpa obat ini, masukkan beberapa es batu ke plastik dan bungkus dengan handuk. Lalu tempelkan handuk itu ke kulit yang terkena kaligata selama 10 menit. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

Mandi Oatmeal Colloidal

Oatmeal colloidal melembapkan kulit dan berfungsi sebagai emolion. Juga berkhasiat antioksidan dan anti-inflamasi untuk menenangkan kulit, terutama jika dilarutkan dalam air mandi. Untuk cara mengatasi biduran tanpa obat ini, larutkan oatmeal colloidal secukupnya dengan air hangat untuk mandi. Lalu mandilah berendam sekitar 15 menit di dalamnya. (Sumber: Itch-Relieving Oatmeal Baths for Hives – Healthline)

Mandi Baking Soda

Baking soda mengandung sodium bikarbonat yang telah digunakan sejak lama untuk membuat kulit lebih lembut. Mandi berendam air yang dicampur dengan baking soda dapat membantu meredakan gatal-gatal akibat kaligata. (Sumber: Home Remedies: Help with itchy hives – Mayo Clinic)

Hindari Pemicu Kaligata

Mungkin ini cara mengatasi biduran tanpa obat yang paling efektif untuk Anda. Bisa menghindari pemicu kaligata berarti Anda tidak akan mengalaminya lagi atau gejala-gejalanya tidak akan kambuh lagi. Cari tahu apa pemicunya—bisa jadi itu dari sabun, produk perawatan kulit, makanan tertentu, obat-obatan tertentu, pakaian, atau dari bulu hewan peliharaan.

Bagaimana jika gejala-gejalanya tetap ada atau malah tambah parah meski sudah mencoba berbagai cara di atas? Sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter dapat membantu mencari tahu apa penyebab dasarnya dan meresepkan obat yang cocok untuk kondisi Anda. Mengetahui penyebab mendasarnya dapat membantu mengatasi biduran hingga ke akarnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang tanaman obat kaligata. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan artikel-artikel menarik lain seputar pemanfaatan tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}